5 Bintang Sepak Bola yang Punya Klub Sendiri: Bek Liverpool Segera Menyusul?

Bintang Liverpool Trent Alexander-Arnold kabarnya tengah berupaya mengakuisisi klub Prancis. Apabila terwujud, dia bakal menyusul deretan bintang dan eks bintang sepak bola lain yang kini menjelma jadi pemilik klub. Siapa saja mereka?

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 21 Sep 2024, 00:01 WIB
Pemain Liverpool, Trent Alexander-Arnold, kabarnya ingin mengakuisisi klub Prancis, Nantes. (AP Photo/Jon Super)

Liputan6.com, Jakarta - Pemain sepak bola akhir-akhir ini tak hanya berkiprah di lapangan. Beberapa bintang dan eks bintang Eropa bahkan telah merambah ke balik layar dengan jadi pemilik klub.

Penggawa Liverpool Trent Alexander-Arnold jadi salah satu nama yang kemungkinan bakal menambah panjang daftar pemain pemilik klub bola.

Laporan L'Equipe yang dilansir dari Football Transfers mengeklaim pesepak bola berusia 25 tahun tengah mencoba membeli tim Prancis Nantes lewat ayahnya.

Sang ayah berperan sebagai perantara kesepakatan melalui dana investasi yang berpusat di London. Kebetulan, para penggemar Nantes saat ini memang tidak senang dengan pemilik klub, Waldemar Kita.

Diskusi pun sedang berlangsung, sehingga membuat bek Liverpool berpotensi menyusul sejumlah bintang dan eks bintang yang sudah lebih dulu menjelma jadi pemilik klub.

Menukil Football Transfers, ada setidaknya 6 nama beken yang kini punya klub sendiri. Siapa saja mereka?


1. David Beckham: Inter Miami

Pemilik bersama klub Inter Miami, David beckham (kanan), memeluk Jordi Alba, setelah Inter Miami berhasil keluar sebagai juara di final Leagues Cup 2023 yang berlangsung di Geodis Park, Minggu (20/8/2023). Ini merupakan trofi pertama bagi Inter Miami sejak dibentuk pada lima tahun lalu. (AFP/Getty Images/Tim Nwachukwu)

David Beckham memulai kiprahnya di balik layar bersama Inter Miami pada 2014. Football Transfers mencatat legenda Manchester United itu memanfaatkan opsi dalam kontrak MLS-nya di La Galaxy untuk mengakui sebagian saham klub yang berbasis di Florida.

Beckham pun bekerja cukup keras hingga Inter Miami berhasil menembus kompetisi Major Soccer League (MLS) pada 2020 silam. The Herons secara bertahap juga mulai meningkatkan kekuatannya sejak saat itu, dengan klub Amerika sukses menggaet megabintang Lionel Messi usai dia berpisah dari Paris Saint-Germain.


2. Zlatan Ibrahimovic: Hammarby

Zlatan Ibrahimovic memutuskan gantung sepatu di AC Milan pada akhir musim ini. Ibrakadabra yang berkarier di AC Milan dalam dua periode yakni 2010-2012 dan 2020-2023 ini telah mengoleksi 93 gol dan 35 assist dari 163 pertandingan di semua kompetisi. (AP Photo/Antonio Calanni)

Zlatan Ibrahimovic merupakan mantan penyerang bintang AC Milan. Dia telah cukup lama menyandang status sebagai salah satu pemilik klub Swedia, Hammarbu.

Sayangnya, menurut Football Transfers, status Ibrahimovic itu sempat menyakiti hati fans Malmo. Hal itu mengingat Ibrahimovic tadinya memulai karier profesional di klub tersebut, tetapi malah memilih menjadi pemilik tim rival Molmo, Hammarby.

Masih merujuk pada laporan yang sama, patung eks striker asal Swedia bahkan pernah dirusak berkali-kali. Alhasil benda tersebut disingkirkan sama sekali.


3. Ronaldo Nazario: Real Valladolid

Ronaldo Nazario meraih dua kali Ballon d'Or yaitu pada tahun 1997 dan 2002. (AFP Photo/ Nelson Almeida)

Ronaldo Nazario merupakan mantan pemain legendaris asal Brasil. Dia cukup populer di hadapan publik Real Madrid, tetapi namanya tak begitu hangat bagi fans Valladolid.

Padahal menurut Football Transfers, Ronaldo sudah memiliki klub tersebut sejak 2018. Hanya saja, dia memang mengalami masa yang penuh gejolak.

Masih merujuk pada laporan yang sama, ada rumor beredar tahun ini yang menyebut Ronaldo ingin menjual klub. Akan tetapi, Valladolid mengonfirmasi bahwa Ronaldo akan tetap menjabat sebagai presiden dan pemilik. Dia juga bakal membayar sejumlah uang untuk meningkatkan salary cap klub.


4. Kylian Mbappe: Caen

Real Madrid yang berstatus jawara Liga Champions 2023/2024 berhasil menjuarai Piala Super Eropa 2024 setelah mengalahkan klub juara Liga Europa 2023/2024, Atalanta, dengan skor 2-0 pada laga ynag dihelat di Narodowy Stadium, Warsawa, Polandia, Kamis (15/8/2024) dini hari WIB. Striker anyar Los Blancos, Kylian Mbappe sukses mencetak gol debutnya yang memantapkan keunggulan timnya 2-0 pada menit ke-68 setelah Federico Valverde membuka keunggulan pada menit ke-59. (AP Photo/Czarek Sokolowski)

Bintang Real Madrid Kylian Mbappe membuat dua langkah spektakuler musim panas ini. Selain bergabung dengan Los Blancos, pemain pemenang Piala Dunia itu juga menyelesaikan akuisisi klub Ligue 2 Caen.

Interconnected Venture, yang ada di bawah kepemilikan Kylian Mbappe, telah membeli saham mayoritas klub Prancis melalui Coalition Capital.

Total, bintang Timnas Prancis itu mengeluarkan sekitar 15 juta euro dari uangnya sendiri untuk menyelesaikan langkah ini, sembari menuntaskan kepindahan dari PSG menuju Real Madrid.


5. N'Golo Kante

Seperti Karim Benzema, N'Golo Kante juga berstatus bebas transfer saat memutuskan hijrah ke Al Ittihad setelah sejak 2016 membela Chelsea. Ia dikontrak Al Ittihad selama tiga tahun dengan bayaran yang sedikit lebih rendah dari Karim Benzema. (twitter.com/ittihad)

Tahun lalu, N'Golo Kante membeli klub divisi tiga Belgia, Royal Excelsior Virton. Akuisisi itu terjadi bersamaan dengan bergabungnya dia ke klub Arab Saudi, Al-Ittihad, dari Chelsea.

Di Timur Tengah, gelandang tersebut dikontrak dengan nilai 86 juta euro per tahun, yang berarti dia bakal menerima gaji sekitar 1,6 juta euro per minggu.

Excelsior Virton, dalam pernyataannya pasca akuisisi Kante, menyambut positif pengambilalihan tersebut. Pasalnya, eks penggawa Chelsea diklaim merupakan pemain berkelas, yang punya nilai-nilai mumpuni, baik dalam kapasitas sepak bola maupun kemanusiaannya.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya