Menghindari Kesalahpahaman, Ini 7 Sikap yang Membuatmu Terlihat Sombong di Mata Orang Lain

Beberapa tanda orang lain menganggapmu sombong.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 23 Sep 2024, 18:19 WIB
Ilustrasi tertawa, lucu. (Foto oleh Arina Krasnikova: https://www.pexels.com/id-id/foto/teman-teman-perempuan-senang-tersenyum-6299359/)

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah kamu mendengar seseorang menyebutmu sombong? Kadang-kadang, tanpa disadari, perilaku atau kebiasaan tertentu dapat memberikan kesan yang kurang menyenangkan bagi orang lain, meskipun sebenarnya tidak ada niat demikian. Dalam interaksi sosial, kesan pertama sangatlah penting, dan beberapa sikap tertentu bisa membuat orang lain salah paham tentang kepribadianmu.

Memahami tanda-tanda ini bisa membantu memperbaiki cara berinteraksi dengan orang lain, sehingga tidak lagi dianggap sombong. Meskipun niat mungkin baik, ada beberapa perilaku yang bisa disalahartikan oleh orang lain sebagai kesombongan. Misalnya, terlalu sering membicarakan diri sendiri, mengabaikan orang lain saat berbicara, atau menunjukkan ekspresi wajah yang tidak ramah.

Kali ini, beberapa tanda yang mungkin membuat orang lain menganggapmu sombong akan dibahas, meskipun sebenarnya tidak merasa demikian. Yuk, simak informasi yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (23/9/2024).

 


1. Menggunakan Gadget di Area Publik

Ilustrasi karakter wanita/Foto oleh Conner Ching di Unsplash

Siapa yang belum pernah terpaku pada ponsel di beberapa momen? Namun, jika kamu terus-menerus tampak sibuk dengan gadget saat berada di sekitar teman atau kolega, ini bisa memberi kesan bahwa kamu tidak tertarik dengan lingkungan sekitarmu. Mereka mungkin merasa kamu lebih fokus pada dunia maya daripada interaksi langsung, sehingga bisa timbul anggapan bahwa kamu sombong atau tidak peduli.


2. Sering Murung

Gambar wanita menarik/copyright unsplash.com/Joanna Nix-Walkup

Senyuman merupakan bahasa universal yang menandakan keramahan. Jika kamu jarang tersenyum atau sering tampak serius saat berinteraksi dengan orang lain, tindakan ini bisa disalahartikan dan membuat mereka mengira kamu sombong. Terkadang, hanya dengan memberikan senyuman hangat, kamu bisa mengubah pandangan orang lain terhadap dirimu.


3. Menentukan Teman Dekat

gambar wanita/Foto oleh Khoa Pham di Unsplash

Seringkali, tanpa di sadari, anda lebih suka bergaul dengan orang-orang tertentu saja. Misalnya, teman-teman lama atau mereka yang memiliki minat serupa. Namun, jika kamu terlalu fokus pada lingkaran pertemanan tertentu, orang lain mungkin menganggap kamu pilih-pilih teman dan sombong. Cobalah untuk membuka diri dan berinteraksi dengan orang baru agar mereka tidak merasa diabaikan.


4. Enggan Terbuka dalam Diskusi

Gambar wanita menawan dengan kesederhanaannya yang memikat | hak cipta unsplash.com/Madrona Rose

Apabila kamu sering tampak kurang bersemangat atau tidak memberikan respons yang ramah saat berbicara dengan orang lain, mereka mungkin menganggap kamu sombong. Contohnya, jika kamu sering memberikan jawaban singkat atau terlihat enggan terlibat dalam percakapan. Meskipun sebenarnya kamu mungkin sedang lelah atau kurang tertarik, orang lain bisa salah menafsirkan sikap tersebut sebagai sikap angkuh.

 


5. Terlalu Padat untuk Bersosialisasi

wanita tersenyum/Foto oleh Priscilla Du Preez di Unsplash

Kesibukan adalah sikap yang normal, terutama bagi mereka yang bekerja atau memiliki banyak tanggung jawab. Namun, jika kamu terlalu sering menolak ajakan teman atau selalu terlihat sibuk dan sulit dihubungi, orang lain bisa salah paham dan mengira kamu sengaja menjauh atau tidak peduli. Meskipun sebenarnya kamu hanya sibuk, sikap ini bisa memberikan kesan sombong di mata mereka.


6. Enggan Mengakui Kesalahan

gambar wanita berlibur di pantai/copyright unsplash.com/Linda Xu

Individu yang memiliki sifat sombong biasanya sulit untuk mengakui kesalahan mereka. Jika kamu sering berusaha membela diri atau mencari alasan ketika melakukan kesalahan, ini bisa membuat orang lain merasa bahwa kamu terlalu angkuh untuk meminta maaf. Padahal, pengakuan atas kesalahan adalah tanda kedewasaan dan kerendahan hati yang sangat dihargai oleh orang lain.


7. Menguasai Pembicaraan

Gambar wanita cantik yang gemar pamer namun tidak bahagia | hak cipta unsplash.com/Carlos Macías

Apakah kamu sering menjadi yang paling banyak berbicara saat berkumpul dengan teman-teman? Terlalu sering membicarakan diri sendiri tanpa memberi kesempatan orang lain untuk berbicara dapat membuatmu terlihat sombong. Orang lain mungkin merasa bahwa kamu tidak peduli dengan pendapat mereka dan hanya ingin menjadi pusat perhatian.

Sahabat, memiliki sikap yang ramah dan terbuka sangat penting agar tidak disalahpahami oleh orang lain. Meski mungkin kamu merasa tidak sombong, beberapa perilaku di atas bisa memberikan kesan berbeda di mata mereka. Jadi, yuk, lebih peka terhadap cara berinteraksi dengan orang lain, supaya kesan yang diberikan adalah kesan yang hangat dan menyenangkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya