Pencarian WhatsApp Channel Makin Mudah, Kini Hadir Per Kategori

WhatsApp kini hadir dengan fitur Kategori Saluran/Channel yang memudahkan pengguna menemukan informasi yang sesuai minat mereka.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 22 Sep 2024, 18:00 WIB
WhatsApp hadirkan kategorisasi WhatsApp Channel untuk mudahkan pencarian oleh pengguna. (Dok: WhatsApp Indonesia)

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp mengumumkan adanya pembaruan untuk fitur Channel atau Saluran. Kali ini, aplikasi chatting tersebut menghadirkan Channel Categories atau Kategori Saluran.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu (22/9/2024), fitur ini memudahkan pengguna untuk menemukan dan mengikuti berbagai Saluran WhatsApp yang sesuai dengan minat mereka.

Dengan adanya Kategori Saluran WhatsApp ini, pengguna dapat menjelajahi beragam topik, mulai dari berita dan informasi terkini hingga hiburan dan gaya hidup.

Aplikasi chatting milik Meta itu telah mengelompokkan saluran-saluran tersebut dalam tujuh kategori utama yakni people, organizations, lifestyle, sports, entertainment, businesses, dan news & information.

"500 juta orang di seluruh dunia sudah menggunakan Saluran setiap bulannya dan menikmati informasi dari berbagai saluran," tulis WhatsApp dalam pernyataannya.

Beberapa saluran tersebut di antaranya Ganta, BAALE, Marc Klok Foundation, makanteruss, Free Fire Communnity ID Official, Timnas Indonesia, serta Persib, dan beragam saluran lainnya.

Sekadar informasi, bocoran soal kehadiran kategorisasi di WhatsApp Channel ini telah diungkap sejak Mei 2024. Ketika itu, laporan soal kehadiran fitur ini diungkap oleh WABetaInfo. 


WhatsApp Channel Punya Fitur Baru, Pengguna Bisa Berbagi Pesan Suara dan Bikin Polling

WhatsApp luncurkan beberapa fitur baru buat fitur Channel atau Saluran. (WhatsApp)

Pada awal tahun ini, WhatsApp juga mengumumkan beberapa fitur baru yang mereka hadirkan untuk Channel atau Saluran.

Dengan fitur baru WhatsApp di Channel ini, pemilik Saluran akan punya lebih banyak cara untuk berinteraksi dengan pengikutnya di kanal miliknya.

Mengutip siaran pers, fitur baru pertama adalah pembaruan pesan suara. Jadi, pengguna akan bisa mendapatkan pesan suara dari kanal yang dia ikuti.

fitur pesan suara di WhatsApp Channel sudah dijajal oleh penyanyi sekaligus rapper Puerto Rico, Bad Bunny, yang baru saja menguji update ini di Salurannya.

Selain itu, ada juga fitur Polling yang bisa dibagikan oleh pemilik Channel ke pengikut. Saluran milik Netflix dan National Geographic jadi dua kanal pertama yang sudah memanfaatkannya.

 


Admin WhatsApp Channel

Fitur baru WhatsApp Channel memudahkan pengguna mendapat informasi terbaru tentang topik yang diminatinya. (WhatsApp)

Fitur lainnya adalah kini, sebuah Channel akan bisa memiliki sampai 16 admin, untuk membantu mengelola pembaruan.

Sementara untuk pengikut, pengguna WhatsApp akan bisa membagikan pembaruan dalam sebuah Channel ke statusnya.

Caranya, pengguna cukup menekan lama di sebuah pembaruan Saluran, klik "Teruskan", kemudian pilih "Status Saya" pada pada postingan yang dirasa menarik buat dibagikan.

Dalam keterangan tertulisnya, fitur-fitur WhatsApp teranyar buat Channel ini sudah mulai diluncurkan saat ini.

Bulan November 2023 lalu, CEO Meta Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa pengguna aktif bulanan WhatsApp Channel atau Saluran WhatsApp, sudah mencapai 500 juta users.

"500 juta pengguna aktif di Saluran WhatsApp dalam 7 pekan pertama. Senang melihat komunitas WA begitu terlibat," kata Mark Zuckerberg melalui Channel resminya, dikutip Kamis (16/11/2023).


Apa Itu WhatsApp Channel?

WhatsApp Channel. (Liputan6.com)

Saluran atau Channels merupakan fitur untuk membantu para pengguna untuk mendapatkan informasi terbaru yang mereka inginkan dari tim, organisasi, dan tokoh favorit mereka secara langsung melalui WhatsApp.

Saluran di WhatsApp Channel juga terpisah dari percakapan pribadi pengguna, dan saluran yang diikuti tidak dapat dilihat oleh siapapun.

WhatsApp Channel dapat ditemukan bersama dengan tab Status. Jadi, informasi relevan yang dihadirkan secara berkala di Channel tidak akan masuk ke ruang obrolan pribadi pengguna.

"WhatsApp Channel diluncurkan sesuai dengan komitmen WhatsApp mengenai pesan siaran privat," tutur Manajer Kebijakan Publik WhatsApp untuk Indonesia Ester Sumboh dalam konferensi pers virtual, Rabu (13/9/2023).

Thread atau unggahan yang ada di Channel bersifat kronologis serta menyesuaikan waktu. Cara kerja ini sama dengan chat pribadi yang masuk di aplikasi chatting milik Meta tersebut.

Bedanya, pesan atau konten dalam WhatsApp Channel hanya bertahan selama 30 hari. Ini merupakan upaya WhatsApp untuk menjaga ruang penyimpanan pada perangkat pengguna.

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya