Konten IShowSpeed Pamer Budaya Indonesia Bikin Warganet Malaysia Iri

YouTuber IShowSpeed melakukan siaran langsung di Jakarta, Bali, dan Yogyakarta sejak sampai di Indonesia pada Rabu, 18 September 2024.

oleh Asnida Riani diperbarui 21 Sep 2024, 20:30 WIB
Ishowspeed di Bali, Sumber: Instagram (@ishowspeed).

Liputan6.com, Jakarta - Konten YouTuber IShowSpeed selama di Indonesia ternyata tidak hanya dipantau para penggemar di dalam negeri, namun juga warganet Malaysia. Sebelum mendarat di Jakarta, pemilik nama asli Darren Jason Watkins Jr. ini telah menghabiskan waktu selama sekitar 24 jam di Kuala Lumpur.

Di sederet komentar online, sejumlah pengguna media sosial asal Negeri Jiran mengaku iri mendapati konten Speed di Indonesia. Menurut mereka, Malaysia "gagal" mempromosikan pariwisata lokal melalui siaran langsung kanal YouTube Speed, yang punya 31,5 juta pengikut.

"Saya pikir, Malaysia Tourism bisa memanfaatkan momen semacam ini di masa mendatang. Sayang sekali kita tidak memanfaatkan kesempatan ini untuk mempromosikan negara dan budaya kita. Ditambah lagi, dia mungkin saja hanya datang ke sini sekali seumur hidup. Maka itu, kita setidaknya membiarkan dia merasakan budaya dan membuat kenangan tidak terlupakan di Malaysia," kata seorang pengguna X, dulunya Twitter.

Mengamini itu, warganet lain berkomentar, "Sangat disayangkan Malaysia melewatkan kesempatan untuk mempromosikan pariwisata kita. Indonesia benar-benar menampilkan semua budaya terbaik di sana (siaran langsung Speed)." "Seharusnya kita ajak Speed makan nasi lemak kak ros, nonton Boria Suka Suka. Kedengarannya sangat menyenangkan," yang lain menyarankan.

"Sayangnya kesempatan itu terlewatkan. Sudah terlambat karena saya yakin dia tidak akan pernah mau menginjakkan kaki di sini lagi. Kita punya kesempatan mempromosikan Malaysia (karena Speed ​​sangat populer), kita gagal," pengguna berbeda menyayangkan.


IShowSpeed di Malaysia

Perang Klaim Asal-usul Batik Indonesia Malaysia Pecah Lagi, YouTuber IShowSpeed Kebingungan. (Dok: YouTube Dapudspy)

Sementara itu, tidak sedikit pula yang merasa "tidak perlu" mempromosikan pesona Malaysia lewat siaran langsung Speed. "Negara kita sudah kaya, mengapa harus mendapat pengakuan orang asing?" bunyi sebuah komentar populer.

Di Malaysia, YouTuber berusia 19 tahun itu membuat heboh para penggemar saat mampir ke restoran baru Uncle Roger di Pavilion, Kuala Lumpur. Saking padat, manajemen restoran terpaksa menutup pintu karena IShowSpeed ​​​​diserbu penggemarnya hingga situasi tidak terkendali, lapor Says, dikutip Kamis, 19 September 2024.

Para karyawan sempat mengungkapkan penyesalan karena pelanggan di restoran tersebut tidak bisa menikmati makanannya akibat keributan yang terjadi. Namun, tidak ada kejadian buruk yang terjadi selama Speed ​​​​berada di dalam restoran.

"Mereka (kerumunan) benar-benar merusak eskalator. Dalam hal kegilaan, ini mungkin, dari seluruh tur kami, ini mungkin seperti, nomor satu. Saya pikir ini lebih gila daripada Filipina," kata streamer yang terkejut itu, menurut The Sun Malaysia.

Untungnya, Speed ​​menikmati setiap gigitan nasi goreng di restoran Uncle Roger, bahkan melakukan salto ke belakang setelah makan. Massa tidak berhenti bahkan ketika Speed ​​memasuki kendaraannya, mereka terus mengetuk jendela mobilnya.


Menikmati Kultur Lokal Indonesia

IShowSpeed melakukan live streaming di Indonesia dan sukses besar dengan mencapai total 17 juta lebih penonton (YouTube/IShowSpeed)

Lebih buruk lagi, juru kamera memberitahu Speed bahwa "mereka merusak kamera," mengacu pada para penggemar. "Bukan begitu caranya, ayolah Malaysia. Negara ini gila," kata Speed ​​yang terdengar agak kecewa. Untungnya di malam hari, Speed ​​memiliki waktu lebih baik, bahkan menikmati burger Ramly dengan tenang, dan bertanya, "Di mana kerumunan tadi?"

Sementara di Indonesia, ia menikmati kultur lokal dengan cukup "ugal-ugalan." Di Jakarta, ia terlihat menjelajah Kota Tua Jakarta pada Rabu, 18 September 2024, yang siaran langsungnya memecahkan rekor setelah tembus lebih dari satu juta penonton.

Di tayangan yang dimaksud, Speed terlihat memakai jersey Tim Nasional (Timnas) Sepakbola Indonesia ditumpuk dengan kemeja batik pemberian seorang penggemar. Ia pun sempat makan nasi padang, menonton aksi penyanyi jalanan yang menunjukkan kebolehannya, hingga ikut memainkan angklung.

Penjelajahannya tidak berhenti di situ saja, karena setelah Jakarta, YouTuber AS itu terbang ke Bali. Sama seperti saat di Jakarta, ia menikmati berbagi kultur lokal di Pulau Dewata.


Melokal di Bali sampai Yogyakarta

IShowSpeed melakukan live streaming di Indonesia dan sukses besar dengan mencapai total 17 juta lebih penonton (YouTube/IShowSpeed)

Di media sosialnya, rangkum kanal Regional Liputan6.com, Speed terlihat ikut menarikan tari kecak. Awalnya, ia terlihat menikmati tarian dengan gerakan ala kadarnya bersama seorang penari perempuan. Kemudian, situasi semakin ramai ketika penari tokoh Sugriwa dan Subali masuk ke tengah panggung.

Penari kecak yang asalnya duduk terlihat tiba-tiba berdiri dan mengangkat tubuh Speed dan membuat wajahnya terlihat bingung. Tidak lama kemudian, situasi semakin heboh ketika penari tokoh hanoman tiba-tiba ikut naik.

YouTuber itu juga terlihat berjalan-jalan di Bali, termasuk mengunjungi Monkey Forest Ubud yang populer dan menjelajah pasar di Pulau Dewata, memperlihatkan ragam barang dagangan unik. "Indonesia adalah negara terbaik yang pernah saya kunjungi," katanya di salah satu video.

Dari Bali, Speed terlihat sudah mendarat di Yogyakarta hari ini, Sabtu (21/9/2024). Ia direkam memakai belangkon saat diperkenalkan dengan produk kain batik Indonesia, kerajinan yang sempat membuatnya bingung karena diklaim berasal dari Malaysia.

Sebelumnya, Speed mengatakan, bila siaran langsungnya tidak dipenuhi kerumunan yang membuatnya sampai tidak bisa jalan, ia akan berada di Indonesia selama satu pekan. Ia bahkan sempat membuka voting di Instagram soal kota mana yang akan ia kunjungi selanjutnya di Indonesia.

Infografis Kenaikan Jumlah Pengguna Media Sosial di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya