Pikachu's Indonesia Journey Tiba di Jakarta, Sapa Penggemar Pokemon dengan Pikachu Berkemeja Batik

Jakarta menjadi perhentian terakhir dari rangkaian Pikachu's Indonesia Journey yang berlangsung sejak awal 2024. Ikon Pokemon, Pikachu bahkan sengaja berkemeja batik untuk menghormati Indonesia.

oleh Maheza Nurmiagita diperbarui 22 Sep 2024, 16:01 WIB
Kemeriahan rangkaian acara Pikachu's Indonesia Journey pada 20 September 2024 di Main Atrium PIK Avenue (dok. AKG Entertainment)

Liputan6.com, Jakarta - Pikachu's Indonesia Journey akhirnya singgah di Jakarta, setelah mampir di Denpasar, Surabaya, dan Yogyakarta. Bertempat di Main Atrium PIK Avenue dan Community Park PIK 2, rangkaian kegiatan akan berlangsung pada 20--29 September 2024 dengan puncak acara pada Sabtu dan Minggu, 21--22 September 2024, di panggung Pikachu's Indonesia Journey di Community Park PIK 2.

Beragam acara menarik disiapkan untuk menghibur para penggemar Pokemon. Salah satunya dengan merilis motif batik keempat sekaligus terakhir yang dikenakan Pikachu. Christina Lim, General Manager AKG Entertainment, mengatakan motif dimaksud adalah motif bunga.

"Dengan empat motif tersebut, penampilan Pikachu menjadi lebih lengkap. Selama perjalanan Pikachu ke Indonesia, batik yang dipakai Pikachu dapat dimiliki oleh penggemar Pokemon dalam berbagai bentuk, termasuk plush toys dalam tiga ukuran," katanya dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat, 20 September 2024.

Keempat motif batik itu merepresentasikan destinasi wisata Indonesia yang juga empat kota yang disinggagi Pikachu. Selain kemeja yang dapat dipakai, acara itu juga menghadirkan kartu promo Pikachu yang mengenakan batik flower. Pengunjung bisa mendapatkannya dengan memenangkan permainan kartu.

Para pengunjung juga bisa menikmati sederetan pertunjukan, seperti Kids TV Stage Performance, Pikachu featuring Project VOLTAGE High, Pikachu Parade, serta penampilan dari Vidi Aldiano, Isyana Sarasvati dan JKT48. Bahkan, ada pertunjukan tari Pikachu dengan musik dan lampu bertema electronic dance music yang disebut Pikachu EDM.

"Untuk pertama kalinya, kami menghadirkan Pikachu Night Show with Drones di Indonesia," ujar Christina.

 


Gelar Pokemon Run hingga Berburu Merchandise Resmi

Acara Pikachu's Indonesia Journey pada 20 September 2024 di Main Atrium PIK Avenue, Jakarta Utara (dok. Liputan6.com/(Maheza Nurmiagita))

Selain pertunjukan hiburan, Pikachu's Indonesia Journey di Jakarta juga dimeriahkan Pokémon Run 2024 Jakarta, pada Minggu pagi, 22 September 2024. Dalam acara ini, ribuan peserta akan mengikuti aktivitas fun run menggunakan atribut Pokémon di kawasan Community Park PIK 2. 

"Tercatat 5.000 peserta siap memeriahkan Pokémon Run 2024 Jakarta nanti. Jika di tiga kota sebelumnya yaitu Denpasar, Surabaya dan Yogyakarta kapasitasnya adalah 3.500 peserta, maka sebagai penutup pada tahun ini, kami tambah kapasitas peserta di Jakarta menjadi 5.000 dan seluruh tiketnya saat ini sudah habis," imbuh Christina.

Pihaknya juga menggelar Pokemon Meet and Greet. Pengunjung bisa berfoto bersama dengan berbagai Pokemon, termasuk Pikachu, Eevee, Starter Paldea, dan Terapos. Pengunjung juga bisa mengikuti Learn and Play Pokémon Game Kartu Koleksi, hingga Pokémon TCG Illustration Exhibition. 

Di Main Atrium PIK Avenue, pengunjung bisa menemukan Merchandise Booth untuk membeli berbagai pernak-pernik berlisensi resmi Pokémon, mulai dari produk-produk apparel, teknologi, berbagai seri Pokémon Game Kartu Koleksi, hingga plush toys Pikachu berkemeja batik. Turut dipamerkan desain ilustrasi Pemenang Pokemon Tingkat Dunia 2020 Rianti Hidayat yang merupakan ilustrator Pokemon Game Kartu Koleksi asal Indonesia. 


Undang Para Pemain Pokemon Go

Penampilan Pikachu Pokemon pada saat Acara Pikachu's Indonesia Journey pada 20 September 2024 di Main Atrium Avenue, Jakarta (dok. AKG Entertainment)

Pada kesempatan ini, APAC Lead of Emerging Market Niantic, Inc., Refael Siregar juga mengungkapkan bahwa Pelatih, sebutan untuk pemain game berbasis AR (Augmented Reality) tersebut, dapat berpetualang secara virtual di Pokémon GO City Safari: Jakarta. Pelatih yang memiliki tiket in-game dapat mengikuti Penelitian Spesial (Special Research) untuk mendapatkan Eevee dan evolusinya dengan Topi Petualang yang hanya tersedia selama acara.

"Sejak kami memperkenalkan format City Safari tahun lalu, Jakarta akan menjadi kota pertama di Asia Tenggara yang menyelenggarakan acara ini. Kami yakin, adventure di dalam game akan membuat Pokémon GO City Safari: Jakarta semakin meriah," ujarnya.

Sebelumnya, Pokémon GO City Safari hadir di berbagai kota di seluruh dunia, termasuk Seoul, Barcelona, Mexico City, dan Tainan. Bagi Pelatih yang ingin bergabung, tiket Pokémon GO City Safari: Jakarta seharga Rp125.000 sudah bisa dibeli melalui laman resminya.

Pengguna Grab dapat menikmati diskon hingga 90 persen untuk layanan GrabFood, GrabBike, dan GrabCar ke PIK Avenue dengan kode promo 'POKEMONGO'. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi tautan ini, Instagram @PokémonGOAppID, dan Facebook PokémonGOAppIndonesia.


Tingkatkan Pariwisata Domestik

Desain Rianti Hidayat, Pemenang Pokemon Indonesia 2020 (dok. Liputan6.com/Maheza Nurmiagita)

Vice President of Emerging Markets Niantic, Inc. Omar Tellez mengungkapkan bahwa proyek ini bermula dari percakapan antara dirinya dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno tentang potensi kolaborasi di acara Pokémon Festival di PIK Mall 2022. Sandiaga Uno menyambut baik ajakan Omar, karena keduanya memiliki visi yang selaras untuk mendukung pariwisata di Indonesia.

Vice President of Emerging Markets Niantic, Inc. Omar Tellez mengungkapkan, "Melalui Pokémon GO City Safari: Jakarta, kami ingin mengajak pelancong domestik dan mancanegara untuk explore berbagai destinasi wisata Nusantara. Kami berharap upaya ini dapat memberikan pengaruh positif terhadap ekonomi dan sektor pariwisata domestik."

 

 

The Pokémon Company dan AKG Entertainment tidak mengenakan biaya masuk bagi pengunjung Pikachu’s Indonesia Journey in Jakarta, baik di Community Park PIK 2 maupun PIK Avenue. Seluruh kegiatan dapat diikuti secara cuma-cuma, kecuali untuk acara Pokémon GO dan Pokémon Run. Informasi lebih lanjut mengenai Pikachu’s Indonesia Journey in Jakarta maupun acara-acara bertema Pokémon lainnya di Indonesia, dapat diakses melalui media sosial @Pokémonofficial.id.

Infografis Event Sport Tourism Tahunan di Indonesia.  (Liputan6.com/Trie Yasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya