Anthony Joshua Kena KO Daniel Dubois di Ronde Kelima, Akui Didominasi Lawan

Daniel Dubois mengalahkan Anthony Joshua dengan KO

oleh Sulung Lahitani diperbarui 22 Sep 2024, 17:03 WIB
Petinju Inggris Anthony Joshua (kiri) memberi isyarat saat penimbangan di King Abdullah Sports City, Jeddah, Arab Saudi, 19 Agustus 2022. Joshua dijadwalkan melawan juara bertahan Usyk dalam pertandingan ulang tinju kelas berat di Jeddah pada 20 Agustus. (AP Photo/Hassan Ammar)

Liputan6.com, Jakarta Daniel Dubois bukan lagi juara dunia kelas berat yang tidak disengaja. Dengan KO brutal di ronde kelima atas Anthony Joshua di hadapan 96.000 penggemar di Stadion Wembley, Dubois menunjukkan bahwa ia mungkin adalah petinju sejati — dan masa depan divisi tinju papan atas.

“Apakah Anda tidak terhibur?” teriak Dubois kepada penonton setelah mendominasi pertarungan gelar sesama petinju Inggris untuk menyelesaikan upayanya melegitimasi statusnya sebagai pemegang gelar kelas berat, tiga bulan setelah meraih sabuk IBF yang ditinggalkan Oleksandr Usyk.

Menurut laporan The New York Post, Dubois yang berusia 27 tahun memasuki ring terlebih dahulu — sebuah perubahan yang tidak biasa mengingat ia adalah sang juara — untuk memperkuat perasaan bahwa ini diperlakukan sebagai kepulangan bagi Joshua, kesayangan tinju Inggris selama satu dekade yang berusaha meniru orang-orang seperti Muhammad Ali dan Lennox Lewis sebagai juara kelas berat tiga kali.

Dubois meninggalkan ring sebagai petinju kelas berat yang akan segera bangkit, setelah menjatuhkan Anthony Joshua di ronde pertama dan ketiga sebelum mengakhiri pertarungan 59 detik memasuki ronde kelima dengan pukulan balik kanan yang membuat Joshua tersungkur.

Sudut Joshua menyerah, tetapi itu tidak diperlukan. Tidak ada jalan kembali bagi petinju yang masa jayanya sudah berlalu.

"Inilah waktuku, kisah penebusanku," kata Dubois, yang menempatkan dirinya pada posisi yang berpotensi untuk melawan pemenang pertandingan ulang pada 21 Desember antara juara WBA, WBC, dan WBO Usyk dan Tyson Fury. "Aku tidak akan berhenti sampai aku mencapai potensi penuhku."

 


Anthony Joshua bersumpah akan terus bertinju

Petinju Anthony Joshua merayakan kemenangannya atas Andy Ruiz Jr dalam kejuaraan tinju kelas berat dunia di Diriyah Arena, Riyadh, Arab Saudi, Minggu (8/12/2019). Anthony Joshua menang angka mutlak atas Andy Ruiz Jr. (Nick Potts/PA via AP)

Di sisi lain, Joshua yang kalah bersumpah untuk terus bertinju setelah kekalahan keempat selama lima tahun terakhir. Promotornya, Eddie Hearn, mengatakan ia ingin menggunakan klausul pertandingan ulang.

Namun, ini adalah kekalahan terburuk dari semua kekalahan itu. Joshua diselamatkan oleh bel pada ronde pertama dan ketiga setelah knockdown dan tampil buruk sepanjang pertandingan, dengan Dubois berhasil menembus pertahanannya dengan mudah.

Joshua tidak pernah pulih dari pukulan overhead di akhir ronde pertama yang menjatuhkannya. Dia menjulurkan lidahnya ke arah Dubois saat kembali ke bangkunya, tetapi dia jelas terluka, bingung, dan rentan.

Knockdown di akhir ronde ketiga, akibat pukulan kiri besar dari Dubois, menjatuhkan Joshua ke belakang melalui tali ring.

"Saya menghadapi lawan yang tangguh, lawan yang cepat," kata Joshua. "Tetapi banyak kesalahan yang saya buat."

 


Kepopuleran Joshua yang makin memudar

Petinju Anthony Joshua saat konferensi pers di New York City, Amerika Serikat, Kamis (5/9/2019). Joshua akan menghadapi Andy Ruiz Jr untuk Kejuaraan Kelas Berat di Arab Saudi pada 7 Desember 2019. (Bryan R. Smith/AFP)

Joshua telah menjadi fenomena selama dekade terakhir, tiket masuk stadion Inggris terjual habis dan menghasilkan ratusan juta dolar terutama karena kekuatan pukulannya. Dia mungkin kembali, tetapi tentu saja bukan sebagai penantang gelar yang realistis setelah merosot.

Dubois tidak diragukan lagi adalah masa depan. Ia mengatakan setelah pertarungan bahwa ia ingin kesempatan lain melawan Usyk, yang dikalahkannya di Wroclaw, Polandia, tahun lalu — tetapi hanya setelah menjatuhkan petinju Ukraina itu ke kanvas dengan pukulan rendah yang dipersengketakan yang membuat Usyk diberi waktu untuk pulih.

Jika tidak, ada kemungkinan pertarungan yang menguntungkan dengan Fury yang berusia 36 tahun itu akan segera terjadi.

"Saya seorang gladiator. Saya seorang pejuang sampai akhir," kata Dubois. "Saya ingin mencapai level tertinggi dalam permainan ini."

Infografis bulu tangkis. (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya