16 Tahun Berkarier di Dunia Hiburan, IU Donasikan Rp2,5 Miliar

Rayakan tahun ke-16 terjun di dunia hiburan, IU berdonasi sekitar Rp2,5 miliar untuk yang membutuhkan termasuk anak-anak dengan penyakit langka.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 22 Sep 2024, 16:34 WIB
Rayakan tahun ke-16 debut, IU berdonasi sekitar Rp2,5 miliar untuk yang membutuhkan termasuk anak-anak dengan penyakit langka. (ANTHONY WALLACE / AFP)

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi Korea Selatan, IU, merayakan 16 tahun terjun di dunia hiburan Korea pada 18 September 2024. Sebagai salah satu bentuk syukur, penyanyi bernama asli Lee Ji-eun ini berdonasi.

Ia mendonasikan dana 225 juta won atau senilai Rp2,5 miliar untuk orang yang membutuhkan.

Donasi atas diberi nama IUAENA yang merupakan gabungan antara nama panggungnya (IU) dan sebutan untuk penggemarnya (UAENA). Dana tersebut diberikan kepada anak-anak dengan penyakit langka Korea Association for Children with Rare Disease, program kampanye 'Milk Delivery Asking About the Elderly di Hansarang Village dan panti asuhan bayi Hansarang.

"Selama 16 tahun mengajariku betapa baiknya cinta itu. Dengan orang-orang seperti UAENA, melakukan hal-hal yang berarti dengan satu nama untuk bisa bersama. Menurutku itu adalah kebahagian terbesarku saat ini. Terima kasih. Aku mencintai kalian," tulis IU melalui media sosial X @_IUofficial.

Tradisi tahunan berdonasi pada ulang tahun debut  merupakan cara IU untuk membalas cinta dan dukungan dari penggemar.

Donasi tersebut akan mendukung anak-anak dengan penyakit langka, menyediakan susu dan kunjungan ke orangtua yang tinggal sendiri untuk mencegah isolasi, membantu mengganti lift tua di fasilitas untuk orang-orang dengan disabilitas berat, dan meningkatkan fasilitas di panti asuhan.

 


Belum Lama Ini Berdonasi di Ultah ke 31

Selain pada ulang tahun debut, ia juga belum lama ini berdonasi 200 juta won atau sekitar Rp2,2 miliar atas nama IUANEA pada hari ulang tahunnya ke 31.

Berdasarkan sertifikat donasi, IU menyumbangkan masing-masing 50 juta won untuk empat organisasi, yakni Grouphome untuk anak-anak dan remaja, Layanan Kesejahteraan Korea, Siput Cinta, dan Asosiasi Keluarga Ibu yang Tidak Menikah Korea.


Karier IU

Dari masa kecil yang berat hingga gagal puluhan audisi.

IU lahir pada 16 Mei 1993. Pemilik nama asli Lee Ji-eun ini memulai karier bernyanyinya pada 18 September 2008.

Saat mulai menyanyi, usianya masih 15 tahun. Kala itu, ia debut di bawah naungan Kakao M (dulu LOEN Entertainment).

Saat ini, idol Kpop IU berada di bawah naungan EDAM Entertainment, sebuah agensi yang didirikan oleh manajer IU Bae Jong Han, yang telah mendampinginya sejak awal berkarier.

Setelah 16 tahun sejak debut awalnya, IU masih terus aktif dengan merilis banyak karya. Ia pun terus memberikan cinta dan dukungan kepada penggemar dan orang-orang di sekitar.


Sudah Berdonasi Lebih dari 5 Miliar Won

IU alias Lee Ji Eun untuk cover album The Winning. (dok. Instagram @dlwlrma/https://www.instagram.com/p/C2xP8OqS0bn/?hl=en&img_index=4/Dinny Mutiah)

Dilaporkan bahwa IU telah menyumbangkan lebih dari 5 miliar won sejak debutnya. Fans menanggapi kabar tersebut dengan positif.

"Saya senang bahwa Ji-eun adalah penyanyi saya," tulis penggemar. 

"Terima kasih banyak setiap saat," imbuh yang lain.

"Dia benar-benar luar biasa."

"Dia memiliki hati yang hangat."

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya