Ridwan Kamil Pastikan Aman soal Anggaran Rp100-200Juta untuk Setiap RW di Jakarta

Calon Gubernur (Cagub) Jakarta Ridwan Kamil optimistis akan mewujudkan anggaran senilai Rp100 sampai Rp200 juta untuk setiap RW di Jakarta. Bagaimana caranya?

oleh Devira PrastiwiAdy Anugrahadi diperbarui 22 Sep 2024, 22:51 WIB
Bakal Cagub Jakarta Ridwan Kamil (RK) mengatakan bakal membuka posko aduan bagi warga Jakarta jika menjadi gubernur terpilih di Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2024. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur (Cagub) Jakarta Ridwan Kamil optimistis akan mewujudkan anggaran senilai Rp100 sampai Rp200 juta untuk setiap Rukun Warga (RW) di Jakarta.

Hal itu merupakan salah janji pasangan Ridwan Kamil-Suswono bila terpilih di Pemilihan Gubernur atau Pilgub Jakarta 2024.

Ridwan Kamil mengatakan, anggaran untuk RW senilai ratusan juta rupiah rupiah bukan hal baru. Dia mengaku pernah mengimplementasikan pada saat menjabat Walikota Bandung.

"Dulu Wali Kota Bandung saja bisa Rp 100 juta per-RW, apalagi Jakarta dengan anggarannya," ujar RK, sapaan akrabnya kepada wartawan, Minggu (22/9/2024).

Dia mengaku telah mengkaji terkait hal ini, sehingga optimistis bisa melaksanakan bila terpilih nanti.

"Sudah dihitung, aman," tandas Ridwan Kamil alias RK.

Sebelumnya, dalam janjinya, RK mengaku anggaran tersebut guna meningkatkan kesadaran warga untuk kepedulian terhadap wilayahnya sendiri. Lebih lanjut juga, pria yang disapa kang Emil tersebut bakal menaikkan gaji untuk masing-masing RT dan RW.

Progam lainnya yang dicanangkan mantan Gubernur Jawa Barat itu yakni menyediakan mobil curhat jika terpilih dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta 2024.

Sebelumnya, Calon Gubernur (Cagub) Daerah Khusus Jakarta Ridwan Kamil (RK) tak terlalu memikirkan nomor urut yang didapat di Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta 2024. Menurut Ridwan Kamil, semua nomor sama saja.

"Oh enggak ada (harapannya)," ujar Ridwan Kamil (RK) di kawasan Jakarta Timur, Minggu (22/9/2024).

Ridwan Kamil kemudian mengungkit kembali momen pada Pilgub Jawa Barat dan Pilwakot Bandung. Di mana, saat itu dia meraih kemenangan dan terpilih menjadi wali kota maupun gubernur.

"Waktu wali kota saya nomor 4, waktu Pilgub saya nomor 1, menang-menang saja. Jadi tidak ada angka-angka spesial lah ya," jelas dia.

 


Ridwan Kamil Minta Pendukung Tak Lengah Hasil Survei Tinggi: Angka Besar Kecil Belum Jaminan

Bacagub Jakarta Ridwan Kamil blusukan ke posko makan gratis di Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Bakal Calon gubernur (cagub) Jakarta Ridwan Kamil meminta agar para pendukungnya tidak lengah dengan angka tinggi yang telah dikeluarkan lembaga survei untuk pasangan calon (paslon) cagub-cawagub Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) di Pilkada Jakarta 2024.

"Ya sebenarnya Alhamdulillah (hasil survei tinggi), karena kan kampanye ini belum dimulai. Angka itu adalah angka perkenalan. Jadi angka perkenalan itu belum ada intensitas dialog, intensitas blusukan, belum ada acara-acara akbar, kan gitu ya, yang membuat mindset warga bergeser ke pemilihan," tutur Ridwan Kamil di DPD Golkar, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu 21 September 2024.

Menurutnya, belum masuk kampanye saja hasil survei paslon RIDO sudah tinggi. Hal itu seharusnya menjadi modal untuk memastikan kemenangan di Jakarta.

"Jadi belum apa-apa, sudah angka segitu hatur lumayan. Dan pesan saya sama, angka besar belum jaminan, angka kecil juga belum jaminan. Kita lakukan, tetap bekerja sampai hari-hari terakhir," ucap dia.

Demi mendukung hal tersebut, ada empat model kampanye yang disiapkan oleh paslon RIDO, yaitu blusukan, sosialisasi media sosial, bertemu para tokoh, dan menggelar event keramaian.

"Jadi kami syukuri, tapi kami ingin targetnya satu putaran, maka presentasinya harus sangat jauh supaya tidak menjadi kendala," kata RK menandaskan.

 


Hadiri Deklarasi Relawan Garnisun

Ridwan Kamil-Suswono diusung oleh 15 partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta Ridwan Kamil alias RK-Suswono menghadiri acara deklarasi dukungan dari Gabungan Relawan Ridwan Kamil-Suswono (Garnisun) 08 di wilayah Cakung, Jakarta Timur.

Salah satu kelompok yang bergabung berasal dari relawan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

"Izin menyampaikan berita bahagia, hari ini kami mendapatkan dukungan sangat masif dari kurang lebih 42 simpul-simpul pergerakan politik di Jakarta," tutur RK di LPK Kitaro Cakung, Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur, Sabtu 21 September 2024.

"Tadi saya baca satu-satu ada relawan Anies-Sandi namanya masih ada, ada relawan Mas Anies yang lain, ada relawan Pilpres yang lain bergabung, bersatu untuk mendukung pasangan Rido," sambung dia.

RK menyebut, hal terpenting yang dibutuhkan setelah deklarasi tersebut adalah kerja keras dalam mensosialisasikan kemampuan pasang Ridwan Kamil-Suswono (Rido) punya pengalaman.

"Bahwa pasangan Rido punya solusi-solusi ke masyarakat sesuai wilayahnya. Ada yang basisnya pedagang profesi seperti pedagang pasar, ada yang sifatnya golongan sosial seperti kalangan disabilitas, ada juga yang berbasis wilayah-wilayah kecamatan dan lain-lain. Termasuk UMKM," ucap dia.

RK menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih mendalam atas deklarasi dukungan tersebut. Dia berharap, seluruh relawan dapat fokus dan tidak terlena dengan hasil survei.

"Mudah-mudahan masih semangat ya. Hasil survei kan bagus, tapi saya titip tidak boleh lengah, karena bisa tersusul kalau kita lengah. Itu salah satu pesan saya kepada relawan. Pulang dari sini mengorganisasikan, mengkonsolidasikan untuk langsung bekerja, bergerak seluas-luasnya," RK menandaskan.

Infografis Golkar Buka Peluang Usung Ridwan Kamil Maju Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya