Fakta Penting, Apakah Sunscreen Diperlukan saat Musim Hujan? Ini Kata Para Ahli

Pentingnya tetap menggunakan sunscreen meski di musim hujan.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 23 Sep 2024, 10:12 WIB
Menentukan sunscreen yang sesuai/copyright fimela/adrian putra

Liputan6.com, Jakarta Salah satu produk perawatan kulit dasar yang tidak boleh diabaikan adalah tabir surya. Tabir surya dapat melindungi kulit wajah Sahabat dari paparan sinar matahari dan sinar ultraviolet (UV) saat beraktivitas di luar ruangan.

Namun, ketika memasuki musim hujan di mana matahari jarang terlihat, apakah penggunaan tabir surya masih diperlukan? Menurut Liputan6.com, pakar dermatologi dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia, dr. Endi Novianto, SpKK(K), FINSDV, FAADV, menyatakan bahwa penggunaan tabir surya tetap penting di musim hujan.

Meskipun matahari tidak terlihat, sinar UV tetap dapat menembus dan mencapai permukaan kulit. Simak informasinya , dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (23/9/2024).


Pengaruh UV dan Kerusakan Kulit yang Tak Tampak

Gambar Sunscreen. (Hak Cipta Freepik/penulis/freepik)

Terkena sinar UV tidak hanya terjadi saat matahari bersinar secara langsung. Sinar UV juga dapat dipantulkan dari berbagai permukaan, seperti air dan pasir. Penelitian dalam Journal of the American Academy of Dermatology menunjukkan bahwa paparan UV yang konsisten, meskipun tidak terlalu intens, dapat menyebabkan kerusakan pada DNA kulit. Kerusakan ini berpotensi meningkatkan risiko kanker kulit di masa depan.

Oleh karena itu, melindungi kulit dengan sunscreen adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah kerusakan jangka panjang. Sunscreen yang melindungi wajah dari sinar UVA dan UVB adalah pilihan terbaik untuk perlindungan optimal.


Cara Memilih dan Menggunakan Sunscreen yang Benar

Gambar Sunscreen. (Hak Cipta Freepik/author/freepik)

Untuk mendapatkan perlindungan yang optimal, pilihlah sunscreen dengan faktor perlindungan matahari (SPF) minimal 30. Sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi dapat memberikan perlindungan yang cukup terhadap sinar UV. Pastikan juga memilih produk yang menawarkan perlindungan lebih luas, yaitu melindungi dari sinar UVA dan UVB. Oleskan sunscreen secara merata pada seluruh area kulit yang terpapar dan ulangi setiap dua jam.

Selama musim hujan, sunscreen yang bersifat waterproof atau tahan air juga bisa menjadi pilihan Sahabat. Tujuannya, agar sunscreen tidak mudah luntur terutama saat terkena air hujan. Jadi, jangan abaikan penggunaan sunscreen dalam rutinitas perawatan kulitmu. Melakukan perawatan kulit yang konsisten adalah langkah penting untuk menjaga kulit tetap sehat dan terlindungi dari dampak buruk sinar UV, tanpa tergantung pada musim yang sedang berlangsung.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya