Pilihan Sarapan Sehat, 4 Alternatif Ringan Pengganti Nasi untuk Pagi yang Lebih Segar

Merasa sarapan dengan nasi terlalu berat? Coba lihat beberapa pilihan menu lain yang bisa menggantikan nasi!

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 23 Sep 2024, 13:49 WIB
gambar sarapan/hak cipta pexels/julie aagaard

Liputan6.com, Jakarta Sebagai orang Indonesia, kebiasaan mengonsumsi nasi sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari anda. Nasi sering dianggap sebagai makanan pokok yang tak tergantikan, sehingga banyak dari anda merasa belum benar-benar makan jika belum menyantap nasi.

Namun, tidak sedikit pula yang merasa bahwa sarapan dengan nasi di pagi hari terasa terlalu berat dan bisa menyebabkan perut tidak nyaman. Kondisi ini bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi mereka yang ingin memulai hari dengan perut yang lebih ringan dan segar. Untungnya, ada banyak alternatif sarapan sehat yang bisa menggantikan nasi tanpa mengorbankan kebutuhan nutrisi anda.

Pilihan-pilihan ini tidak hanya ringan di perut, tetapi juga memberikan energi yang cukup untuk memulai hari dengan baik. Dalam artikel ini, akan membahas beberapa pilihan sarapan ringan yang bisa menjadi pengganti nasi di pagi hari. Yuk, simak ulasannya berikut ini, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(23/9/2024).


1. Oatmeal

gambar oatmeal/hak cipta pexels/jeshoots

Apa yang membuat makanan berbahan dasar biji-bijian ini begitu istimewa? Jangan remehkan, meskipun bahan dasarnya hanya biji oat yang kecil, manfaat yang dihasilkan sangatlah banyak. Oatmeal umumnya menjadi pilihan utama bagi mereka yang menjalani program diet karena berbagai khasiatnya yang dapat membantu menjaga berat badan tetap stabil.

Selain itu, kandungan serat yang tinggi dalam oatmeal juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol. Tak hanya itu, oat juga kaya akan karbohidrat. Oleh karena itu, oatmeal sangat cocok dijadikan menu sarapan sehari-hari. Kandungan karbohidrat yang tinggi ini membantu menjaga daya tahan tubuh anda sehingga anda bisa beraktivitas sepanjang hari.


2. Roti Gandum

gambar roti gandum/hak cipta paxels/hermaion

Roti gandum dikenal karena kandungan seratnya yang tinggi. Banyak bahan makanan pokok menggunakan gandum sebagai bahan utama, termasuk roti gandum itu sendiri. Gandum memiliki berbagai manfaat, salah satunya adalah serat tinggi yang membantu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, dan membuat anda merasa kenyang lebih lama.

Kandungan karbohidrat yang tinggi juga menjadi salah satu keunggulan gandum. Dengan ini menjadikan gandum sebagai alternatif yang potensial untuk menggantikan nasi dalam menu sehari-hari.


3. Pencake

gambar sarapan/hak cipta pexels/Polina Tankilevitch

Pancake atau penekuk ini adalah salah satu pilihan sarapan favorit bagi kamu yang menginginkan menu manis di pagi hari. Bahan-bahan dasar yang diperlukan untuk membuat pancake ini cukup mudah ditemukan, seperti tepung terigu, susu cair, baking powder, telur, mentega, sirup madu, gula dan garam secukupnya, serta buah-buahan segar jika kamu ingin menambahkan sentuhan asam di atasnya.

Manfaat yang terkandung di dalamnya juga tak kalah baik dari tampilannya yang lembut dan menggugah selera. Pancake mengandung kalsium, karbohidrat, dan zat besi yang baik. Namun, pastikan pancake yang kamu buat kaya akan nutrisi agar kamu bisa memulai hari dengan optimal.


4. Alpukat dan Telur

gambar telur dan alpukat/hak cipta pexels/Daniela Constantini

Pernahkah Sahabat membayangkan kombinasi ini sebelumnya? Siapa yang menyangka, ternyata alpukat jika dikonsumsi bersama telur dapat memberikan manfaat yang luar biasa untuk tubuh Anda. Menguatkan kesehatan jantung, paru-paru, dan otak hanyalah sebagian kecil dari banyaknya manfaat yang ditawarkan.

Alpukat, dengan kandungan vitamin dan lemak tak jenuh tunggal, mampu membakar lemak saat anda beraktivitas. Ketika dikombinasikan dengan telur yang kaya akan asam amino, yang dapat diubah menjadi otot untuk mengoptimalkan otot-otot yang terbakar, anda bisa memulai hari dengan lebih bertenaga.

Itulah beberapa alternatif menu yang bisa menggantikan nasi. Jadi, apakah Sahabat tertarik untuk mencoba salah satunya sebagai sarapan?

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya