Cek Fakta: Tidak Benar Foto Anies Baswedan Pakai Kaos Bertuliskan "Saya yang Nyolong Mahoni di Monas"

Beredar di media sosial postingan foto Anies Baswedan memakai kaos bertuliskan "saya nyolong mahoni di Monas". Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu

oleh Tim Cek Fakta diperbarui 23 Sep 2024, 11:00 WIB
Cek fakta foto kaos Anies Baswedan

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan foto Anies Baswedan memakai kaos bertuliskan "saya nyolong mahoni di Monas". Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 22 September 2024.

Dalam postingannya terdapat foto Anies Baswedan memakai kaos dengan tulisan sebagai berikut:

"Ane yg nyolong mahoni di monas dan ane punya hutang 92 milyar sama Sandi Uno"

Akun itu menambahkan narasi "Ini group apa sih"

Lalu benarkah foto Anies Baswedan memakai kaos bertuliskan "saya nyolong mahoni di Monas"?


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan foto yang identik dengan postingan. Foto itu diunggah Anies Baswedan dalam akun Instagramnya, @aniesbaswedan yang sudah bercentang biru atau terverifikasi pada 22 September 2024.

Namun dalam foto asli Anies Baswedan tidak memakai kaos dengan narasi seperti dalam postingan. Tulisan asli dalam kaos Anies Baswedan berbunyi "We The People".

Anies juga menambahkan narasi dalam postingannya "Kemarin sore bertamu ke CFD di Ginza, Tokyo. Kalau di Jakarta, ada keseruan apa di CFD pagi tadi?"

Sumber:

https://www.instagram.com/p/DANbD2xyhUr/


Kesimpulan

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Foto Anies Baswedan memakai kaos bertuliskan "saya nyolong mahoni di Monas" adalah tidak benar. Faktanya foto dalam postingan tersebut telah diedit.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya