Cek Fakta: Hoaks Artikel Antara Klaim Warga Arab Saudi Sebut Umat Islam Indonesia Mudah Dibodohi

Beredar di media sosial postingan artikel dari Antara yang mengklaim warga Arab Saudi sebut umat Islam di Indonesia mudah dibodohi.

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 23 Sep 2024, 13:00 WIB
Cek fakta artikel Antara sebut umat Islam di Indonesia gampang dibodohi.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan artikel dari Antara yang mengklaim warga Arab Saudi sebut umat Islam di Indonesia mudah dibodohi. Postingan tersebut beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 21 September 2024.

Dalam postingannya terdapat cuplikan layar dari Antara artikel berjudul "Warga Arab Saudi Sebut: Islam Indonesia mudah di Bodohi Oleh Habib-Habib Yang Tidak Jelas Asal Usul nya"

Akun itu menambahkan narasi:

"Yang dikatakan warga Arab Saudi benar, bahwa Islam Indonesia mudah dibodoh-bodohi oleh habib-habib yang tidak jelas asal-usunya. Akan tetapi, yang paling utama membodohi umat Islam di seluruh dunia adalah Arab Saudi itu sendiri dengan kotak hitam yang disebut naik haji."

Lalu benarkah postingan artikel dari Antara yang mengklaim warga Arab Saudi sebut umat Islam di Indonesia mudah dibodohi?


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan bantahan dari Antaranews.com. Bantahan itu diunggah dalam artikel berjudul "Hoaks! Artikel ANTARA terkait warga Arab Saudi sebut umat Islam di Indonesia mudah dibodohi" yang tayang pada 21 September 2024.

"Nama Antara dicatut untuk menyebarkan hoaks sudah terjadi beberapa kali. Postingan tersebut merupakan hasil suntingan," kata Direktur Pemberitaan LKBN Antara, Irfan Junaidi.

"Kami minta masyarakat untuk bisa berhati-hati setiap menerima informasi, terutama yang aneh-aneh, karena Antara tidak dalam jalur itu. Insya Allah Antara akan selalu memberikan informasi-informasi yang valid, yang memang apa adanya, yang sesuai dengan kenyataan," kata Irfan menambahkan.

Ia juga meminta masyarakat mengonfirmasi pada Antara jika menemukan informasi yang meragukan.

"Mohon hati-hati dan cek setiap informasi yang diterima, kebenaran, sumbernya dari mana, validitas dan seterusnya. Apalagi jika mengatasnamakan Antara, itu kan ada website-nya, tinggal dicari saja di laman Antara apakah benar atau tidak informasi itu," ujar Irfan.

Sumber:

https://www.antaranews.com/berita/4348975/hoaks-artikel-antara-terkait-warga-arab-saudi-sebut-umat-islam-di-indonesia-mudah-dibodohi


Kesimpulan

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Postingan artikel dari Antara yang mengklaim Warga Arab Saudi sebut umat Islam di Indonesia mudah dibodohi adalah hoaks.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya