Pleno Dikawal Ketat Polisi, 5 Calon Bupati Sah Bertarung di Pilkada Rokan Hulu

KPU Rokan Hulu menetapkan 5 calon bupati dan wakil bupati sebagai peserta Pilkada 2024, pleno penetapan dikawal ketat ratusan polisi.

oleh Syukur diperbarui 23 Sep 2024, 11:28 WIB
Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono mengecek personel pengamanan pleno penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati. (Liputan6.com/M Syukur)

Liputan6.com, Pekanbaru - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menetapkan 5 pasangan calon bupati dan wakil bupati sebagai kontestan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024. Penetapan melalui pleno tertutup ini dijaga ketat ratusan personel Polres Rohul.

Pengamanan dipimpin Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono. Personel dikerahkan di sejumlah titik di gedung KPU mengantisipasi aksi spontan dari massa pendukung pasangan calon bupati dan wakil bupati Rohul.

Ketua KPU Rohul Cepi Abdul Husen menjelaskan, sebelumnya ada 5 pasangan mendaftar. Setelah pemeriksaan administrasi dan tidak ada tanggapan dari masyarakat, kelimanya dinyatakan memenuhi syarat.

Adapun 5 pasangan calon itu adalah Kelmi Amri SH - Asparaini Adairis SAg MPd, Anton ST MM - H Syafaruddin Poti SH MH, Erizal ST - Rusli SSos, Murnis SP - Syamsurizal ST MT dan Indra Gunawan - Abdul Haris SSos.

"Penetapan ini berdasarkan Surat Keputusan Nomor : 782 Tahun 2024 tentang penetapan Paslon peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu Tahun 2024," kata Cepi, Minggu malam, 22 September 2024.

Rapat penetapan berlangsung petang hari. Rapat pleno dilakukan tertutup dan berjalan lancar karena pengamanan dari ratusan personel Polres dan TNI serta pemerintah setempat.

Selama pleno, petugas pengamanan berhasil mengendalikan massa pendukung pasangan calon. Tidak ada keributan atau perang yel-yel karena semuanya sepakat melaksanakan Pilkada damai.

 

 


Kondusif

Sementara itu, AKBP Budi Setiyono mengucapkan terima kasih kepada personel yang berjaga hingga malam hari. Pemahaman personel terhadap tugas dan fungsi di lapangan membuat pleno berjalan lancar.

"Personel mengerti dengan tugas sehingga tidak terjadi dikomunikasi," kata Budi.

Usai penetapan, selanjutnya dilakukan nomor urut. Polres akan mengajak seluruh pasangan calon kepala daerah Rohul ke Polda Riau pada 24 September 2024 untuk Salat Subuh berjamaah dan doa bersama.

"Kemudian deklarasi Pilkada damai dan pawai pasangan menyesuaikan jadwal dari KPU masing-masing," jelas Budi.

Budi menyatakan, Polres siap mengawal seluruh tahapan Pilkada 2024 agar berjalan dengan aman, damai, lancar dan kondusif. Semua itu butuh kerjasama seluruh stakeholder.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya