Populasi Rusia Menyusut, Putin Dorong Perempuan Bekerja dan Punya Banyak Anak

Presiden Rusia Vladimir Putin mendorong perempuan untuk bekerja dan punya banyak anak.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 23 Sep 2024, 11:57 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin mendorong perempuan untuk bekerja dan punya banyak anak. (Dok. AFP)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Rusia Vladimir Putin mendorong perempuan untuk bekerja dan punya banyak anak. Hal ini ia sampaikan pada Eurasian Women's Forum pada Rabu kemarin di St Petersburg.

Putin juga mengatakan bahwa sudah ada upaya yang dilakukan pemerintah untuk membantu perempuan mencapai keseimbangan antara sukses profesional sekaligus menjadi poros dari keluarga yang besar.

"Beberapa inisiatif telah dilakukan untuk mencapai tujuan ini, dan kondisi saat ini sedang diciptakan agar perempuan dapat meraih kesuksesan dalam karier sambil tetap menjadi penjaga perapian dan tulang punggung kelaruga dengan banyak anak," kata Putin.

Ia pun yakin perempuan dapat melakukan keseimbangan tersebut karena memang kaum hawa itu 'cantik, perhatian, dan memesona'.

"Perempuan memiliki rahasia yang tidak dapat dipahami oleh laki-laki," katanya.

Ini adalah pernyataan terbaru Putin sebagai bentuk upayanya untuk kembali menaikkan angka kelahiran Rusia yang menurun. Sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah Rusia Dmitry Peskov mengutip pernyataan Putin pada Juli lalu soal angka kelahiran Rusia adalah 1,4 padahal angka idealnya ada 2,1.

"Angka kelahiran rendah sekarang, yakni 1,4," kata Putin mengutip AFP.

"Ini seperti dengan negara-negara Eropa, Jepang, dan sebagainya. Namun ini adalah bencana bagi masa depan bangsa," lanjut Putin.


Keluarga Punya 3 Anak untuk Pertahankan Populasi Rusia

Putin sebelumnya telah menyatakan bahwa ia memprioritaskan dalam meningkatkan angka kelahiran dan populasi negara.

Begini kata Putin, "melestarikan rakyat Rusia adalah prioritas nasional tertinggi kami."

Tepatnya pada bulan Februari, Putin mengatakan bahwa untuk menjaga etnis Rusia maka sebuah keluarga perlu memiliki setidaknya dua anak untuk bertahan hidup, tetapi harus memiliki tiga anak untuk menumbuhkan populasi, menurut Reuters.

 


Putin Sempat Minta Wanita Punya 8 Anak

Presiden Rusia Vladimir Putin (Gavriil GRIGOROV / SPUTNIK / AFP)

Pada akhir tahun lalu, Putin juga sempat mengatakan bahwa sebaiknya perempuan Rusia memiliki banyak anak. Bisa sampai 8 anak.

"Banyak masyarakat kita yang mempertahankan tradisi keluarga, di mana empat, lima atau lebih anak dibesarkan. Ingatlah bahwa di keluarga Rusia, nenek dan nenek buyut kita memiliki 7 dan 8 anak. Mari kita melestarikan dan menghidupkan kembali tradisi-tradisi ini,” kata Putin.

Pernyataan tersebut dia ungkapkan saat berbicara melalui tautan video di Dewan Rakyat Rusia Sedunia pada hari Selasa, 28 November 2023.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya