6 Khasiat Mengonsumsi Buah Mangga, Salah Satunya Mencegah Kanker

Buah mangga kaya akan serat dan kandungan lainnya yang dipercaya mampu menyembuhkan beberapa penyakit kardiovakular. Selain itu, buah mangga juga mampu menyehatkan kulit dan rambut serta menjaga berat badan.

oleh Cicilia Afrilia Damayanti Simbolon diperbarui 24 Sep 2024, 10:06 WIB
Terakhir kamu bisa buat salad dengan menggunakan buah mangga dan alpukat, berikut caranya. (Foto: Unsplash.com/esirae Hayes-Vitor)

Liputan6.com, Jakarta - Buah mangga memiliki rasa yang manis, dagingnya berwarna oren, dan teksturnya yang lembut membuat buah ini mudah untuk dikonsumsi.

Buah ini cocok untuk dikonsumsi oleh berbagai kalangan. Biasanya buah mangga  dapat dikonsumsi dengan cara dimakan langsung atau diolah menjadi minuman jus yang menyegarkan. Selain itu, buah mangga juga dapat diolah menjadi manisan dan salah satu komponen dari rujak.

Buah mangga mengandung banyak zat antioksidan yang dapat memberikan kesehatan bagi tubuh manusia. Dilansir dari Cleveland Clinic, Senin (23/09/2024) terdapat banyak khasiat dari kandungan buah mangga yang dapat memberikan kesehatan baik bagi tubuh bagian dalam maupun bagian luar, sebagai berikut

1. Meningkatkan Kesehatan Usus

Buah mangga kaya akan serat yang baik bagi kesehatan manusia. Baik mangga yang telah larut maupun yang tidak larut memilik khasiat yang sama. Serat merupakan karbohidarat yang terkandung dalam makanan nabati yang tidak dapat dicerna.

Serat yang tidak larut tidak diuraikan dalam pencernaan, menghasilkan tinja yang lebih lunak dan mudah untuk dikeluarkan. Kandungan serat yang tinggi mampu mengobati sakit perut seperti sembelit dan kembung. Serat memberikan manfaat dalam perkembangan bakteri baik di dalam usus dan menjaga keseimbangan mikrobioma usus.


2. Menjaga Berat Badan

Ilustrasi Timbangan Berat Badan Credit: unsplash.com/iyunmai

Mengonsumsi buah mangga dapat menjaga lingkar pinggang Anda. Studi mengatakan bahwa buah mangga dapat memberikan rasa kenyang di perut. Sehingga, perut dapat mengendalikan rasa lapar.

Kandungan serat yang tinggi membuat mangga menjadi buah yang dicerna oleh perut dalam waktu yang cukup lama. Buah mangga tidak megandung banyak kalori yang menyebabkan menambahakan berat badan. Buah ini cocok untuk Anda yang sedang dalam proses diet. Tidak hanya menurunkan berat badan, tetapi juga menambah nutrisi bagi tubuh.


3. Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Rambut

Ilustrasi Melembapkan Kulit Wajah Credit: unsplash.com/Marine

Untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut Anda perlu memberikan beberapa kandungan seperti vitamin A,C, dan E. Vitamin ini mampu menjaga kulit dan rambut dari kerusakan akibat paparan polusi di lingkungan. Cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk memperoleh vitamin tersebut adalah dengan mengonsumsi buah mangga.

Dibandingkan dengan meminum suplemen yang mengandung vitamin tersebut, Anda disarankan lebih baik mengonsumsi buah mangga. Sebab suplemen cukup berbahaya jika Anda memiliki alergi dan ketidakcocokan akan obat-obatan. Dengan mengonsumsi buah mangga maka akan lebih aman dan lebih mudah dicerna oleh tubuh. Sehingga, kulit dan rambut Anda menjadi sehat.


4. Menurunkan Kolestrol

Ilustrasi makanan gorengan. (Photo by Markus Winkler on Unsplash)

Buah mangga memiliki khasiat menurunkan kolestrol. Kolestrol disebabkan oleh makanan yang mengandung banyak lemak dan minyak seperti gorengan, keju, es krim, daging, kulit ayam dan lainnya. Hal ini menyebabkan peningkatan kolestrol LDL.

Kolestrol LDL merupakan kolestrol jahat yang menimbulkan munculnya plak di pembuluh darah yang membuat darah dan oksigen tidak mengalir dengan baik ke seluruh tubuh. Untuk mengurangi kolestrol jahat Anda dapat mengonsumsi buah mangga. Buah mangga kaya akan serat, tetapi tidak lebih tinggi dari kacang-kacangan. Sehingga, baik untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki riwayat penyakit kolestrol.


5. Mengontrol Tekanan Darah

Ilustrasi hipertensi pada milenial. Photo by Mockup Graphics on Unsplash

Kekurangan kalium menyebabkan seseorang mengalami peningkatan tekanan darah atau hipertensi. Kebanyakan orang tidak memperoleh kalium yang cukup bagi tubuh. Namun, sebagai penggantinya mineral dapat membantu menangkal natrium yang masuk ke tubuh.

Untuk mengatasi hal tersebut Anda perlu melakukan cek up rutin terkait kesehatan tekanan darah. Namun, Anda juga membutuhkan nutrisi yang mengandung kalium seperti buah mangga. Selain menjaga tekanan darah buah mangga yang mengandung kalium juga daoat mencegah penyakit kardiovakular seperti jantung dan stroke. Jika Anda memiliki penyakit ginjal kronis disarankan untuk tidak mengonsumsi kalium berlebihan dan melakukan konsultrasi ke dokter.


6. Mencegah Penyakit Kanker

Ilustrasi Kanker/Unsplash

Kadungan antioksidan di dalam buah mangga mampu menjaga kerusakan pada sel-sel tubuh. Tidal hanya kaya akan serat dan kalium, buah ini juga mengandung mangifernin. Kandungan mangiferin dipercaya dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat penyakit kanker.

Beberapa jenis kanker dapat dicegah oleh kandungan mangifera diantaranya kanker otak, kanker dada, kanker serviks, dan kanker kult. Buah mangga baik untuk dikonsumsi untuk menurunkan risiko penyakit kanker yang menyerang tubuh. Hal ini adalah salah satu cara menjaga tubuh agar tetap sehat.

Infografis Kiat Makan Sehat Kala Lebaran (Liputan6.com/M. Iqbal)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya