Thai Festival Jadi Peluang Baru untuk Produk Makanan Thailand di Indonesia

Duta besar Thailand untuk Indonesia mengungkapkan apresiasinya kepada konsumen Indonesia atas sambutan hangat mereka terhadap produk makanan Thailand.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 23 Sep 2024, 19:02 WIB
Thai Festival Jadi Peluang Baru untuk Produk Makanan Thailand di Indonesia (doc: Thai Festival)

Liputan6.com, Jakarta Duta Besar Thailand untuk Indonesia, Prapan Disyatat, menyampaikan optimisme terkait peluang produk makanan Thailand di pasar Indonesia. Hal ini disampaikan saat pembukaan Thai Festival di Gandaria City, Jakarta, pada Jumat (20/9).

Disyatat mengungkapkan apresiasinya kepada konsumen Indonesia atas sambutan hangat mereka terhadap produk makanan Thailand.

"Kami sangat bersyukur bahwa produk makanan Thailand sangat diminati di Indonesia. Terima kasih kepada seluruh konsumen Indonesia yang telah menghargai produk kami," ujarnya.

Menurutnya, Indonesia merupakan pasar penting karena populasinya yang besar dan terus bertumbuh. Peningkatan jumlah wisatawan antar kedua negara serta pengenalan budaya dan makanan Thailand menciptakan peluang besar bagi produk Thailand untuk terus berkembang di Indonesia.

"Memang kami harus bersaing dengan merek dari negara lain dan juga produk lokal Indonesia yang berkualitas tinggi serta semakin kompetitif. Namun, saya yakin pasar Indonesia cukup besar bagi semua pemain untuk tumbuh dan berkembang," tambahnya.

Disyatat juga menegaskan bahwa produk makanan Thailand tidak hanya mencerminkan budaya dan tradisi yang kuat, tetapi juga nilai-nilai yang dipegang oleh masyarakat Thailand.

 


Mengutamakan kualitas dan standar keamanan pangan

Thailand, yang dikenal sebagai salah satu pengekspor makanan terbesar di dunia, selalu mengutamakan kualitas dan standar keamanan pangan yang sesuai dengan praktik internasional.

"Selain memiliki cita rasa yang khas, produk makanan Thailand juga dikenal inovatif dan berkualitas, baik dari sisi produksi maupun pengemasan," ungkapnya.

Ia mencontohkan inovasi seperti buah kering, seperti durian dan manggis, yang mampu mempertahankan cita rasa aslinya, serta minuman jus mangga yang diolah menjadi jeli, yang populer sebagai cendera mata khas Thailand.

Disyatat juga menyampaikan kesiapan Thailand untuk berkolaborasi dengan Indonesia dalam memperkuat perdagangan makanan dan ketahanan pangan kedua negara.

 


Jadi ajang mempromosikan Thailand

Thai Festival, yang berlangsung pada 20-22 September 2024, bertujuan mempromosikan Thailand kepada masyarakat Indonesia dari berbagai aspek.

"Tahun ini, kami mengusung tema ‘Street Food’ karena budaya makanan jalanan sangat ramah dan mudah dinikmati oleh semua orang tanpa adanya hambatan budaya yang berarti," jelas Disyatat.

Thailand berharap melalui festival ini dapat memperkuat hubungan yang sudah terjalin serta membuka peluang kolaborasi baru, khususnya di bidang perdagangan, investasi, industri kreatif, dan pariwisata antara Thailand dan Indonesia.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya