Bantu Praktik Agribisnis Pertanian, Perusahaan Ini Berikan Dukungan untuk SMK di Kabupaten Tangerang

ALVApipe memberikan dukungan terhadap pengadaan irigasi untuk praktek kejuruan agribisnis di SMK Negeri 2 Kabupaten Tangerang.

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 25 Sep 2024, 22:00 WIB
ALVApipe, memberikan dukungan terhadap pengadaan irigasi untuk praktek kejuruan agribisnis di SMK Negeri 2 Kabupaten Tangerang.

Liputan6.com, Tangerang - Dalam rangka mendorong mutu SDM siswa SMK, terutama di wilayah Kabupaten Tangerang, ALVApipe, merk pipa dari PT Alpha Cikupa Makmur, perusahaan distributor pipa HDPE di Jatake, Tangerang, memberikan dukungannya terhadap pengadaan irigasi untuk praktek kejuruan agribisnis di SMK Negeri 2 Kabupaten Tangerang.

Bantuan ini merupakan bagian dari program untuk mendukung pendidikan dan pengembangan generasi muda di Indonesia. Pipa ini, telah dipergunakan untuk pengadaan irigasi tetes dan sprinkler untuk budidaya hidroponik, buah-buah bahkan juga untuk budidaya tanaman hias. "Kami berharap, ini dapat terus dijadikan media belajar bagi siswa program kejuruan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH), dalam hal materi cara memasang instalasi pipa irigasi, serta cara budidaya tanaman untuk kebutuhan pengetahuan para siswa," kata CEO PT Alpha Cikupa Makmur, Alden Lukman, Senin (23/9/2024).

Lebih lanjut Alden mengungkapkan antusiasme terhadap program tersebut, terlebih dari pipa-pipa bantuan itu sudah terlihat ada tanaman yang panen, seperti bayam merah, kangkung, pakcoy dan sebagainya. "Melalui program CSR ini, kami berharap dapat membantu para siswa agar menjadi SDM yang siap kerja di masa depan, sebab mereka sudah dibekali praktik kejuruan di bidang agribisnis," kata Alden.

Pipa yang diberikan ALVApipe adalah jenis pipa HDPE atau High Density Polyethylene dan fitting pipa HDPE yang bebas timbal, ramah lingkungan, dan sudah bersertifikasi SNI atau Standar Nasional Indonesia , TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri), dan Green Label. 

Pipa HDPE dari ALVApipe memiliki banyak keunggulan dan ketahanan yang lebih baik dibandingkan dengan pipa tradisional. "ALVApipe berharap bantuan ini dapat mendorong para siswa untuk terus semangat dalam menggeluti kegiatan agribisnis. Terlebih dapat kita ketahui bersama bahwa prospek kerja lulusan jurusan agribisnis bisa bekerja di sektor pertanian, perkebunan dan industri makanan sebagai tenaga ahli dan sebagainya,”kata Alden. 

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 2 Kabupaten Tangerang Kamsono, mengapresiasi adanya CSR dari ALVApipe. Baginya bantuan dari pihak swasta seperti ini, amat berarti untuk membantu mereka dalam menyukseskan implementasi kurikulum merdeka. “Bantuan CSR ini sangat bermanfaat untuk penerapan kurikulum merdeka, sebab siswa bisa praktik langsung untuk mendalami konsep sehingga akan lebih optimal hasil pembelajarannya. Jadi kami berterima kasih sekali pada PT Alpha Cikupa Makmur yang telah memberikan pipa ALVApipe,” tutur Kamsono.

Sebab, kurikulum merdeka mengedepankan poin soal inklusif, kreatif dan partisipatif. Dengan adanya CSR ini, anak-anak dan guru menjadi terbantu bahkan jadi lebih semangat belajar. 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya