Wajib Tahu, Begini Cara Mudah Deteksi Kopling Mobil yang Rusak

Kopling menjadi salah satu komponen yang memiliki fungsi yang cukup penting untuk mobil manual

oleh Arief Aszhari diperbarui 24 Sep 2024, 08:11 WIB
Kaki yang sering menempel di pedal kopling bisa membuat kopling aus

Liputan6.com, Jakarta - Kopling menjadi salah satu komponen yang memiliki fungsi yang cukup penting untuk mobil manual. Sistem kopling ini, sangat mempengaruhi kelancaran laju mobil saat digunakan.

Jadi, jika kopling bermasalah, maka laju mobil akan terganggu. Lalu, bagaimana ciri-ciri kopling mobil bermasalah?

Dilansir laman resmi Suzuki Indonesia, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendeteksi masalah pada kopling. Salah satunya Anda bisa mendeteksi kerusakan pada kopling dengan mengetahui ciri-ciri kopling rusak seperti berikut ini:

1. Akselerasi Mobil Lemah

Kopling yang rusak bisa ditandai dengan akselerasi mobil yang berubah menjadi lemah atau tidak bertenaga. Atau meski sudah memasukkan gigi dan kopling dalam kondisi terangkat, mobil tetap tidak mau berjalan. Kondisi tersebut bisa membuat mobil kesulitan ketika melewati jalanan yang menanjak.

2. Pedal Kopling Terasa Keras atau Terlalu Longgar

Berikutnya pedal kopling terasa sangat keras atau sangat longgar ketika ditekan. Pedal bisa langsung turun ke bawah tanpa Anda menginjak pedal dengan keras. Pedal yang terasa longgar saat ditekan bisa menandakan jika kopling bermasalah atau sudah aus.

3. Terdengar Suara Aneh

Tanda selanjutnya yaitu terdengar suara yang tidak biasa seperti suara berderit atau suara aneh lainnya ketika Anda memindahkan transmisi atau ketika mengangkat pedal.

Selain itu, apabila Anda mendengar suara bising bahkan ketika tidak menekan pedal kopling maka bisa jadi terdapat masalah serius pada bearing.

 


4. Muncul Bau Hangus

Tidak hanya munculnya suara aneh, apabila Anda mencium bau seperti hangus atau terbakar juga bisa menjadi tanda jika kopling kendaraan Anda bermasalah.

Bau terbakar bisa muncul ketika kopling yang bermasalah bergesekan dengan gigi.

5. Tidak Mau Pindah Gigi

Gejala selanjutnya yaitu kendaraan tidak mau pindah gigi dari gigi satu ke gigi tertentu, gigi tidak mau pindah sama sekali atau sering keluar gigi saat Anda berkendara.

Infografis Mobil Dinas Pimpinan KPK Jadi Sorotan. (Liputan6.com/Trieyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya