iOS 18 Disebut Bikin Masa Pakai Baterai iPhone Lebih Panjang

Update iOS 18 yang digulirkan beberapa waktu lalu pada sejumlah model iPhone disebut membuat masa pakai baterai iPhone lebih panjang dibanding saat menggunakan iOS 17.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 24 Sep 2024, 16:00 WIB
Apple merilis update iOS 18 yang menghadirkan berbagai fitur dan kustomisasi baru untuk pengguna iPhone (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah tes yang dilakukan baru-baru ini mengungkap kalau update iOS 18 bisa meningkatkan masa pakai baterai iPhone jadi lebih panjang. Namun, tes ini baru dijalankan di model iPhone 15 Pro.

Tes tersebut dilakukan oleh seorang blogger Tiongkok Geekerwan. Mengutip Gizchina, Selasa (24/9/2024), hal ini memperlihatkan update software bisa meningkatkan kualitas baterai perangkat iPhone.

Adapun iPhone 15 Pro Max, dalam pengujian, memperlihatkan hasil yang mengesankan, bahkan masa pakai baterai satu jam lebih panjang dibandingkan ketika menjalankan iOS 17.

Hasil Tes

Pengujian melibatkan berbagai sejumlah aktivitas untuk mempastikan bagaimana performa baterai setelah di-update. Aktivitas yang dilakukan meliputi perpesanan, browsing, video call, hingga gaming.

iPhone 15 Pro memperlihatkan masa pakai baterai meningkat dari 6 jam dan 22 menit ke 6 jam dan 55 menit di iOS 18.

Kejutan besar baterai iPhone 15 Pro Max mengalami lonjakan masa pakai baterai dari 7 jam dan 55 menit ke 9 jam dan 2 menit.

Faktor utama yang meningkatkan masa pakai baterai terkait dengan bagaimana iOS 18 mengelola chip A17 Pro. Sistem baru ini mengontrol kinerja dan efisiensi inti chip dengan lebih baik, menunda kenaikan kecepatan inti.

Pada gilirannya, dapat menghemat daya selama tugas yang lebih pendek. Sebelum sekarang, ada informasi dari manajemen energi yang diperluas di iOS 18. Namun, perusahaan tidak memberi rincian spesifik pada saat peluncuran resmi minggu lalu.


Pengujian di iPhone 16 Pro Max

Cek Daftar iPhone yang Kebagian iOS 18. (Doc: Apple)

Bukan hanya itu, tes di iPhone 16 Pro Max memperlihatkan perangkat ini memegang rekor dengan masa pakai baterai 10 jam dan 23 menit. Sejauh ini, tidak ada iPhone yang pernah bertahan selama ini dalam tes uji baterai.

Model lain dalam jajaran iPhone 16 juga memiliki kinerja baik. iPhone 16 Plus mencapai 10 jam dan iPhone 16 Pro memiliki masa pakai sekitar 8,5 jam.

Kendati begitu, tes ini tak cukup mewakili penggunaan ril, karena iPhone 15 Pro yang sudah di-update ke sistem operasi terbaru memperlihatkan masa pakai baterai yang lebih baik.

 

 


iPhone Model Lama

Daftar iPhone yang Bisa Pakai iOS 18, iPhone Kamu Masih Termasuk? (Liputan6.com/ Yuslianson)

Untuk pengguna iPhone, utamanya mereka yang menggunakan model lama, update iOS 18 memberikan peningkatan yang lebih baik.

Meski hasil pada berbagai perangkat masing-masing berbeda satu sama lain, software ini menawarkan peningkatan efisiensi secara keseluruhan.

Hal tersebut menjadikan iOS 18 sebagai update yang harus dimiliki bagi mereka yang mau memperpanjang masa pakai baterai iPhone mereka.

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya