Nomor Urut Pilgub Jambi: Romi-Sudirman 1, Haris-Sani 2

Dalam rapat pleno terbuka pengundian nomor urut itu menetapkan pasangan calon Romi Hariyanto-Sudirman mendapatkan nomor urut 1 dan pasangan calon Al Haris-Abdullah Sani nomor urut 2.

oleh Gresi Plasmanto diperbarui 23 Sep 2024, 20:14 WIB
Rami Hariyanto-Sudirman (kanan) mendapat nomor urut 1 dan Al Haris-Abdullah Sani (kiri) mendapatkan nomor urut 2. (Liputan6.com/Gresi Plasmanto)

Liputan6.com, Jambi - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi menggelar pengundian nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jambi dalam pemilihan kepada daerah (Pilkada) serentak 2024-2029. Kedua pasangan calon yakni Al Hari-Abdullah Sani, Romi Hariyanto-Sudirman datang langsung mencabut nomor urut di halaman kantor KPUD Jambi, Senin (23/9/2024).

Penetapan nomor urut tersebut digelar dalam rapat pleno terbuka. Sebelum dilakukan pengundian nomor urut, pasangan calon terlebih dahulu mengambil nomor antrian. 

Dari hasil pengundian, pasangan calon Haris-Sani mendapatkan kesempatan pertama mengambil nomor urut. Kemudian disusul oleh pasangan Romi-Sudirman.

"Pasangan calon nomor urut 1 Romi-Hariyanto dan pasangan nomor urut 2 Al Haris-Abdullah Sani," kata Ketua KPU Provinsi Jambi Iron Syahroni ketika membacakan surat keputusan tentang penetapan nomor urut Pilgub Jambi 2024.

Sorak sorai massa kedua pasangan saling berteriak satu sama lain, meski mereka berada di tengah guyuran hujan. Yel-yel kedua kubu pendukung bersahut-sahutan. 

Ketua KPU Provinsi Jambi Iron Syahroni mengatakan, pengundian nomor urut ini merupakan bagian dari tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024. Sebelumnya komisi ini telah menetapkan pasangan calon. 

“Kami berharap semua pihak bisa melaksanakan tahapan pilkada ini dengan lancar. Kemudian setelah penetapan nomor akan ini  akan dilakukan deklarasi pilkada damai, kedua pasangan calon diharapkan hadir,” ujarnya.

 


Kata Romi dan Al Haris usai Dapat Nomor Urut

Romi Hariyanto bersama Letjen (Purn) Sudirman dalam sambutannya di dalam rapat pleno terbuka bersyukur bisa mendapatkan nomor 1. Nomor urut ini bagi mereka sebagai simbol nomor pertama, dan menjadi keyakinan mereka mampu memenangkan pilkada. 

Di depan lawan politiknya itu, Romi terang-terangan bahwa koalisi rakyat yang dibangunnya akan mengalahkan petahana.

"Kedepan kami akan bikin sejarah, bahwa koalisi rakyat akan mengalahkan penguasa. Kami bukan pasangan terbaik, tapi kami bisa pastikan kami mampu membuat yang terbaik untuk rakyat," kata Romi.

Sementara itu, bagi Al Haris nomor urut 2 merupakan nomor spesial. Nomor 2 bagianya juga terbaik untuk melanjutkan dua periode.

Pasangan petahana Al Haris-Abdullah Sani ini mengatakan, Pilkada merupakan bagian proses demokrasi dan politik. Dia menyerahkan kepada masyarakat untuk memilih pasangan terbaik dan kepada simpatisan pendukung untuk tidak saling gontok-gontokan.

"Saya dengan adinda Romi Hariyanto sama niatnya untuk membangun Provinsi Jambi. Hanya saja ada ruang pilkada yang membuat kami harus bersaing. Sebenarnya kami berdua ini baik-baik saja.  

Jadi tolong ciptakan kondisi yang aman dan kondusif sampai terpilih calon yang terbaik," kata Al Haris.

Pemilihan Gubernur Jambi (Pilgub) Jambi 2024-2029 diikuti dua pasangan calon: Romi Hariyanto-Sudirman dan Al Haris-Abdullah Sani.

Dalam pencalonan gubernur dan wakil gubernur itu, Al Haris-Abdullah Sani didukung koalisi gemuk. Total 14 partai politik yang mengusung kedua pasangan ini.

Adapun 14 partai politik itu adalah Hanura, PKS, PAN, PKB, Golkar, Gerindra, PPP, PDI-P, Demokrat, Perindo, Partai Buruh, PBB, Partai Umat, dan Partai Garuda.

Total 1,8 juta suara sah partai gabungan dan telah memenuhi syarat ambang batas suara sah.

Sementara itu, Romi Haryanto-Sudirman didukung koalisi ramping akan menangang petahana. Hanya ada 4 partai politik yang mengusung kedua pasangan ini.

Adapun 4 partai politik itu adalah Nasdem, PSI, PKN, dan Gelora. Total 206.487 suara sah partai gabungan dan telah memenuhi syarat ambang batas suara sah.

Kini kedua pasangan ini akan bertarung merebut sekitar 2,6 juta pemilih di Provinsi Jambi.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya