Metode Unik 12 Zodiak Mengelola Emosi, Dari Mengumpat hingga Menenangkan Diri

Begini cara tiap zodiak mengatur emosinya saat sedang kacau.

oleh Miranti diperbarui 24 Sep 2024, 12:27 WIB
ilustrasi burgundy hair/copyright freepik/bristekjegor

Liputan6.com, Jakarta Manusia tidak hanya dilengkapi dengan otak yang memungkinkan mereka berpikir, tetapi juga dengan emosi yang memungkinkan mereka merasakan. Setiap individu memiliki cara yang berbeda dalam mengendalikan emosi, dan seringkali, seiring bertambahnya usia dan tingkat kedewasaan emosional, cara mereka dalam mengontrol emosi juga berubah.

Namun, jika dilihat dari sudut pandang astrologi, setiap zodiak memiliki cara unik dalam mengelola emosi yang mencerminkan karakteristik astrologi mereka. Dari Aries yang penuh semangat hingga Pisces yang sangat empatik,cara masing-masing zodiak mengendalikan emosi mereka sangat menarik  untuk  disimak.

Berikut ini akan dipaparkan secara detail mengenai cara setiap zodiak mengontrol emosi mereka. Simak penjelasan selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Selasa (24/9/24):


1. Aries (21 Maret - 19 April)

ilustrasi zodiak wanita/Foto oleh Amir Hamzah dari Pexels

Aries selalu memiliki energi yang melimpah dan sering bertindak impulsif, terutama saat marah. Ia cenderung merespons emosi dengan cepat dan intens. Untuk mengendalikan emosinya, Aries biasanya membutuhkan aktivitas fisik yang berat. Berolahraga atau berpartisipasi dalam kegiatan yang memerlukan banyak energi membantu Aries menyalurkan emosi negatif dengan cara yang lebih sehat.


2. Taurus (20 April - 20 Mei)

gambar wanita berduka/Foto oleh Migs Reyes dari Pexels

Taurus biasanya stabil dan tenang, namun bukan berarti mereka tak pernah marah. Saat emosinya terganggu, Taurus sering mencari ketenangan dalam rutinitas harian atau menikmati makanan lezat. Meditasi dan aktivitas menenangkan seperti berkebun juga efektif membantu Taurus dalam mengendalikan emosi mereka.


3. Gemini (21 Mei - 20 Juni)

Gambar tentang karakter wanita/Foto oleh Rio Kuncoro dari Pexels

Gemini yang pintar dan suka berkomunikasi sering menangani emosinya melalui percakapan. Ia memerlukan teman bicara untuk meluapkan perasaannya yang campur aduk.

Menuliskan emosi dalam jurnal juga membuat Gemini merasa lebih lega. Selain itu, mengalihkan perhatian dengan aktivitas intelektual atau sosial membantu menjaga keseimbangan emosionalnya.


4. Cancer (21 Juni - 22 Juli)

gambar wanita murung/Foto oleh JESSICA TICOZZELLI dari Pexels

Cancer adalah zodiak yang sangat emosional dan sensitif. Mereka cenderung merasakan emosi dengan lebih mendalam dan intens, sehingga ketika terluka, rasa sakitnya terasa dua kali lebih kuat.

Sering kali, Cancer memerlukan waktu untuk merenungkan perasaan mereka. Menghabiskan waktu bersama keluarga atau di lingkungan yang nyaman membantu mereka merasa aman dan tenang. Mengungkapkan perasaan adalah cara yang efektif untuk melepaskan emosi.


5. Leo (23 Juli - 22 Agustus)

ilustrasi perempuan zodiak/Foto oleh kaniseeyapose dari Pexels

Leo yang percaya diri biasanya mengekspresikan emosinya secara terbuka, jujur, dan langsung. Dia sering kali mencari perhatian dan validasi dari orang lain. Untuk mengendalikan emosinya, Leo bisa terlibat dalam aktivitas kreatif atau mencari sensasi.

Dia merasa lebih baik setelah mendapatkan pujian atau pengakuan atas usahanya. Dia membutuhkan ketenangan agar hatinya kembali damai.


6. Virgo (23 Agustus - 22 September)

ilustrasi karakter wanita/Foto oleh Olya Kobruseva dari Pexels

Virgo sering kali merasa marah saat berhadapan dengan orang-orang yang dianggapnya kurang cerdas, terutama jika mereka menghambat atau mempersulitnya. Sebagai zodiak yang perfeksionis, Virgo memiliki banyak rencana yang ingin diwujudkan.

Ketika marah, ia cenderung mencari solusi praktis untuk mengatasi masalahnya. Menyendiri dan melakukan aktivitas produktif sering kali membantu Virgo meredakan emosinya dan mengalihkan perhatiannya dari kekesalan.


7. Libra (23 September-22 Oktober)

Gambar zodiak wanita/Foto oleh Deden Ramdhani dari Pexels

Libra yang bersifat diplomatis selalu berusaha menemukan keseimbangan dan harmoni, meskipun emosinya sedang tidak stabil. Mereka cenderung menghindari konflik dan lebih memilih berbicara dengan tenang untuk menyelesaikan masalah.

Menghabiskan waktu di tempat yang damai, meditasi, atau bertemu dengan teman yang memahami dapat membantu meredakan ketegangan emosionalnya. Dengan cara ini, Libra merasa lebih tenang dan terkendali.


8. Scorpio (23 Oktober - 21 November)

Gambar menunjukkan kepribadian wanita/Foto oleh Jeys Tubianosa dari Pexels

Scorpio sebenarnya adalah zodiak yang mudah tersulut emosinya dan sering kali merasakan perasaan dengan sangat intens. Mereka cenderung memendam emosi dan merenung dalam diam.

Untuk mengendalikan emosi, Scorpio bisa terlibat dalam aktivitas yang membutuhkan konsentrasi tinggi atau mengekspresikan perasaan melalui olahraga, berjalan-jalan, atau bekerja dengan tekun tanpa henti.


9. Sagitarius (22 November - 21 Desember)

gambar karakter wanita/Foto oleh Denx arman dari Pexels

Sagitarius adalah individu yang optimis dan positif dalam menangani emosinya. Ia menyadari bahwa kadang-kadang ia harus berurusan dengan orang-orang yang tidak menyenangkan atau situasi yang kurang beruntung. Namun, ia biasanya mengelola emosinya dengan fokus pada sisi baik dari setiap kejadian.

Ia merasa lebih baik setelah melakukan petualangan atau mempelajari sesuatu yang baru. Aktivitas fisik seperti mendaki atau bersepeda juga membantu Sagitarius menjaga keseimbangan emosionalnya.


10. Capricorn (22 Desember - 19 Januari)

Gambar wanita menggoda/Foto oleh Ash dari Pexels

Capricorn yang introvert dan memiliki pemikiran tradisional biasanya mengelola emosinya dengan menangis diam-diam di tempat yang tenang, tidak ingin diganggu, atau dengan menyibukkan diri dalam pekerjaan yang penuh dedikasi. Ia merasa lebih baik setelah mencapai target atau menyelesaikan tugas penting. Meditasi dan refleksi diri juga membantu Capricorn dalam mengendalikan emosinya.


11. Aquarius (20 Januari - 18 Februari)

Gambar perempuan dengan kepribadian/Foto oleh mikoto.raw dari Pexels

Aquarius yang cenderung introvert dan mandiri biasanya mengelola emosinya dengan pendekatan logis. Ia lebih memilih untuk menyendiri dan merenung dalam mengatasi perasaan yang dialaminya.

Memberikan waktu untuk dirinya sendiri memungkinkan Aquarius memproses segala sesuatu yang ada dalam pikiran dan hatinya. Setelah menganalisis situasi dan menemukan solusi rasional, ia merasa lebih baik dan bisa menjaga keseimbangan emosionalnya.


12. Pisces (19 Februari - 20 Maret)

1. Hal-hal yang tidak disukai seseorang berdasarkan zodiak./Hak cipta pexels.com/@minan1398

Pisces yang penuh empati sering kali merasakan emosi orang lain seolah-olah itu adalah emosinya sendiri. Pisces merasa lebih baik setelah menghabiskan waktu di alam atau terlibat dalam aktivitas seni. Berteriak dan marah-marah tidak akan menyelesaikan masalah, jadi ia memilih metode yang lebih tenang seperti meditasi, latihan pernapasan, dan refleksi spiritual. Pisces juga akan mencari teman untuk berbicara guna melepaskan emosi negatif.

Ternyata begitu cara setiap zodiak dalam mengelola emosi mereka, cek apakah kamu sama atau berbeda? Semoga artikel ini bermanfaat. 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya