Minum Kopi Setiap Hari Bisa Jauhkan Kamu dari Kematian Dini akibat 2 Penyakit Kronis Ini

Minum kopi tanpa gula tak hanya memberi energi, tapi juga mengurangi risiko penyakit mematikan hingga 48 persen. Temukan manfaat luar biasa kopi untuk kesehatanmu di sini.

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 24 Sep 2024, 07:26 WIB
Penelitian menunjukkan, kopi hitam tanpa gula dapat menjauhkan risiko penyakit jantung. Cobalah minum kopi secara rutin untuk kesehatan yang lebih baik! (Foto: Aditya Eka Prawira/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Selain memberikan suntikan energi di pagi hari, minum kopi tanpa gula ternyata memiliki banyak manfaat luar biasa bagi kesehatan, loh. Studi terbaru bahkan menunjukkan bahwa kebiasaan ini dapat mengurangi risiko terkena penyakit mematikan.

Kopi Hitam Manfaatnya Apa?

Ada kabar baik buat kamu yang tak bisa lepas dari kopi di pagi hari. Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism menemukan bahwa orang yang mengonsumsi sekitar tiga cangkir kopi atau teh per hari memiliki risiko 48 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dan penyakit jantung koroner.

"Temuan ini menunjukkan bahwa mendorong konsumsi kopi atau kafein dalam jumlah sedang bisa memberikan manfaat besar untuk mencegah penyakit kardiometabolik," kata salah satu penelitian dalam studi tersebut, Chaofu Ke PhD, seperti dilansir dari Health pada Selasa, 24 September 2024.

Bagaimana Kopi Membantu Mencegah Penyakit Jantung?

Ternyata, kafein dalam secangkir kopi mampu mengatur kadar metabolit tertentu dalam tubuh, senyawa yang dihasilkan saat tubuh memproses makanan dan minuman, yang berhubungan dengan risiko penyakit metabolik, seperti lipid.

Dengan mengatur metabolit ini, kafein membantu menurunkan risiko berbagai masalah kesehatan, khususnya yang berhubungan dengan jantung dan metabolisme.

Lebih Baik Minum Kopi atau Teh?

Dalam penelitian ini, kopi menonjol sebagai minuman yang paling efektif dalam menurunkan risiko penyakit kronis.

Mereka yang memilih kopi sebagai sumber utama kafein memiliki penurunan risiko hingga 50 persen, sementara mereka yang minum kombinasi kopi dan teh juga mendapatkan manfaat signifikan dengan penurunan risiko sekitar 40 persen.

Jadi, tak peduli kamu tim minum kopi atau teh, keduanya punya manfaat kesehatan yang luar biasa.


Berapa Maksimal Ngopi Sehari?

Para ahli sepakat bahwa konsumsi kopi atau teh dalam jumlah sedang, yakni satu hingga cangkir sehari, adalah batas yang aman dan bermanfaat.

Namun, hati-hati dengan tambahan seperti gula, krim, atau sirup yang bisa menambah kalori dan meningkatkan risiko penyakit metabolik.

Meski begitu, terlalu banyak mengonsumsi kafein juga tidak disarankan. Jika kamu mulai merasa gelisah, sulit tidur, atau mengalami gangguan pencernaan, itu tanda kamu sudah kebanyakan kafein.

 


Apakah Kopi Hitam Tanpa Gula Bagus untuk Jantung?

Meskipun kopi bisa memberikan perlindungan terhadap penyakit kronis, jangan lupakan gaya hidup sehat lainnya. Olahraga rutin, tidur yang cukup, menghindari rokok dan alkohol, serta menjaga berat badan ideal tetap menjadi faktor kunci dalam menjaga kesehatan jangka panjang.

"Kafein mungkin memberikan manfaat, tapi tidak bisa menggantikan kebiasaan sehat lainnya. Untuk hasil maksimal, imbangi dengan olahraga, tidur yang cukup, dan pola makan seimbang," kata pakar kesehatan jantung, Dr. Jonathan Fialkow.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya