Koleksi Batik Marunda di Fashion Nation, Tampilkan Cerita Wajah Jakarta Lewat Warisan Budaya Berbalut Mode

Bertajuk “Sasmita Jakarta,” para pecinta mode diajak menilik motif-motif Batik Marunda yang terinspirasi dari cerita hidup urban di Kota Jakarta.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 24 Sep 2024, 11:26 WIB
Koleksi Batik Marunda yang tampil di pegelaran Fashion Nation Senayan City Mall pada Senin, 23 September 2024. (Dok: Liputan6.com/dyah)

Liputan6.com, Jakarta - Sederet koleksi Batik Marunda hadir di perhelatan Fashion Nation edisi ke-18, yang merupakan bagian dari perayaan ulang tahun Senayan City, Senin, 23 September 2024. Bertajuk "Sasmita Jakarta," para pecinta mode diajak menilik motif-motif Batik Marunda yang terinspirasi dari cerita hidup urban di Kota Jakarta.

Setiap motif batik yang ditampilkan merupakan buah karya para ibu di Rusun Marunda. Prosesnya menyoroti dua teknik batik, yaitu tulis dan cetak jadi karya tidak lekang waktu.

Berkolaborasi dengan Senayan City, Batik Marunda sekaligus meluncurkan lini busana ABNG Marunda. Memadukan keanggunan batik tradisional dengan sentuhan modern, koleksi busana pria hadir dalam kemeja, vest, dan cape outer yang dipadu terusan putih tanpa kerah. 

Motif-motif Batik Marunda tertuang dalam busana warna hitam dan putih yang tampak modis dipakai pria. Motifnya berupa gedung-gedung bersejarah di Jakarta, juga gambaran kemacetan kota yang penuh hiruk-pikuk warganya.

Pepohonan kering dan layang-layang yang menyangkut, serta kapal nelayan dengan penggambaran sebuah pelabuhan juga jadi inspirasi motif Batik Marunda. Di deretan busana wanita, tampil warna-warna lebih mencolok.

Terdapat gaun kemben biru, midi dress hijau, dan rok A-line. Motifnya juga kembali dieksplorasi dalam wujud pola bunga, burung, dan kupu-kupu.

Mengutip laman Karya Kreatif Indonesia, Batik Marunda merupakan kisah cinta para ibu di tiga rumah susun sewa di Jakarta. Para ibu yang berkarya dengan sungguh-sungguh untuk menghasilkan ragam hias khas kota mereka tercinta, Jakarta.


Eksplorasi Motif Batik yang Baru

Koleksi Batik Marunda yang tampil di pegelaran Fashion Nation Senayan City Mall pada Senin, 23 September 2024. (Dok: Liputan6.com/dyah)

 

Perajin Batik Marunda diperkenalkan sebagai para ibu yang mencintai keluarganya, mencintai karyanya, dan mencintai kotanya. Dengan mengadopsi sehelai kain, yang teraplikasi dalam berbagai potongan mode, Anda sudah membantu ekonomi keluarga mereka.

Dengan penuh cinta, para perajin Batik Marunda melukis pola, mencelup, memberi warna, kemudian menyulamnya. Keindahannya bukan hanya terpancar dari motif dan siluet yang memukau, namun merefleksikan semangat hidup urban Jakarta yang dinamis, penuh warna, dan terus berkembang.

Sebelumnya, Fashion Nation telah resmi dibuka pada Jumat, 20 September 2024. Sederet karya desainer Tanah Air hadir dalam satu parade demi menandai acara fesyen ikonis tersebut. Mengangkat tema "Anniversary Celebration," Fashion Nation menampilkan karya-karya dari 18 desainer berbakat Indonesia.

Sederet desainer ternama yang berpartisipasi tahun ini antara lain Amotsyamsurimuda, Danjyo Hiyoji, Happa by Mel Ahyar, Hartono Gan, Hunting Fields, IKAT Indonesia by Didiet Maulana, iyonono, KLE, dan Moral. Juga, ada Natalia Kiantoro, ohmmbybai, dan Patrick Owen.


Parade Desainer di Fashion Nation

(Dari kiri ke kanan) koleksi dari Rinda Salmun, Rama Dauhan dan Ikat Indonesia di Fashion Nation's 18th Edition sebagai selebrasi perayaan ulang tahun Senayan City yang ke-18 dihelat pada Jumat, 20 September 2024. (Dok: Liputan6.com/dyah)

Melengkapi daftar tersebut, Purana, Rama Dauhan, Rinda Salmun, Savlavin, Wilsen Willim, dan Yosafat Dwi Kurniawan juga memastikan keikutsertaan mereka. Setiap desainer menampilkan koleksi terbaru mereka di bawah bimbingan ahli koreografer mode Edwan Handoko dan diiringi musik yang dinamis dari Winky Wiryawan.

"Selama 18 tahun terakhir, Fashion Nation di Senayan City telah berkomitmen memperkuat posisi industri fesyen di Indonesia. Acara ini secara konsisten mendukung dan jadi saksi pertumbuhan kreativitas dalam dunia fesyen setiap tahunnya," ungkap Halina, Leasing & Marketing Communication Director Senayan City, saat konferensi pers sebelum pagelaran, Jumat, 20 September 2024.

Ia menambahkan, "Dengan berkolaborasi bersama para desainer, brand, dan sponsor, saya sangat yakin bahwa Fashion Nation 2024 akan memperkenalkan elemen-elemen baru yang menawan bagi para penggemar mode di Indonesia."

Hartono Gan, salah satu desainer yang hadir dalam konferensi pers, mengungkapkan bahwa ia menampilkan tiga karya dengan napas selebrasi. "It's all about party," tukasnya sembari mengatakan bahwa dirinya menyukai pesta.


Koleksi Desainer Lokal

Fashion Nation's 18th Edition sebagai selebrasi perayaan ulang tahun Senayan City yang ke-18 dihelat pada Jumat, 20 September 2024. (Dok: Liputan6.com/dyah)

 

Di landasan pacu, busana yang ia tampilkan sangat glamor dengan sentuhan kilau di sana-sini. Gaun emas dan blazer silver untuk pria yang berpadu celana hitam jadi salah dua contohnya. Kemudian, terdapat kemben hitam dengan material beludru yang berpadu rok ball gown warna fuchisia.

Di kesempatan yang sama, desainer Rama Dauhan mengaku menyempatkan ikut meramaikan selebrasi dengan membuat koleksi. Ia menampilkan koleksi gaun hitam menerawang dengan banyak patchwork dan embroidery. "Industri yang sangat serius aku jalani, semua pekerjannya diatur dengan timeline dan disiplin yang sangat ketat," katanya.

Banyak tampilan lain yang menarik dalam parade desainer di Fashion Nation ke-18, termasuk label Happa yang digawangi desainer Mel Ahyar. Ia memberikan sentuhan warna-warna bertabrakan dan aksen denim yang terlihat lucu untuk dikenakan sehari-hari.

Lalu, ada Ikat Indonesia by Didiet Maulana yang tetap konsisten memakai wastra sebagai material busananya. Begitu juga Purana yang eksis dengan motif batik, kali ini mengungkap busana tersebut jadi terlihat ringan dan cocok untuk daily wear.

Sebagai informasi, gelaran ini berlangsung pada 20--28 September 2024. Tidak ketinggalan, Fashion Nation tahun ini menggandeng Indonesian Fashion Designer Council (IFDC).

Infografis Brand Modest Fashion Lokal. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya