Eskalasi Israel Vs Hizbullah: AS Kirim Lebih Banyak Pasukan ke Timur Tengah

Israel sendiri bersiap melakukan operasi lebih lanjut ke Lebanon.

oleh Khairisa Ferida diperbarui 24 Sep 2024, 15:05 WIB
Ilustrasi kapal perang AS. (AFP Photo/Roslan Rahman)

Liputan6.com, Washington, DC - Amerika Serikat (AS) mengirimkan sejumlah kecil pasukan tambahan ke Timur Tengah sebagai respons atas lonjakan tajam kekerasan antara Israel dan pasukan Hizbullah di Lebanon yang telah meningkatkan risiko perang regional yang lebih besar. Hal tersebut diumumkan Pentagon pada hari Senin (23/9/2024).

Sekretaris Pers Pentagon Mayjen Pat Ryder tidak memberikan perincian tentang berapa banyak pasukan tambahan atau apa yang akan mereka tugaskan. AS saat ini memiliki sekitar 40.000 tentara di wilayah tersebut.

Pada hari Senin, kapal induk USS Harry S. Truman, dua kapal perusak Angkatan Laut, dan sebuah kapal penjelajah berlayar dari Norfolk, Virginia, menuju wilayah Armada Keenam di Eropa dalam pengerahan yang dijadwalkan secara rutin. Keberangkatan kapal-kapal tersebut membuka kemungkinan bahwa AS dapat mempertahankan USS Harry S. Truman dan kapal induk USS Abraham Lincoln, yang berada di Teluk Arab, di wilayah tersebut jika terjadi lebih banyak kekerasan.

"Mengingat meningkatnya ketegangan di Timur Tengah dan sebagai bentuk kewaspadaan, kami mengirimkan sejumlah kecil personel militer AS tambahan untuk menambah pasukan kami yang sudah berada di kawasan tersebut," kata Ryder, seperti dilansir kantor berita AP, Selasa (24/9/2024).

"Namun, untuk alasan keamanan operasional, saya tidak akan mengomentari atau memberikan informasi spesifik."

Penempatan baru ini dilakukan setelah serangan besar oleh pasukan Israel terhadap target di Lebanon yang menewaskan 492 orang pada Senin. 

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada hari Senin memperingatkan warga sipil Lebanon untuk mengungsi dari rumah mereka menjelang perluasan kampanye udara. Dia berbicara saat pesawat tempur Israel terus menyerang target yang diduga milik Hizbullah di Lebanon selatan dan timur.

Pejabat AS mengatakan keputusan akan segera diambil, mungkin minggu ini, mengenai apakah USS Abraham Lincoln akan tetap berada di Timur Tengah atau melanjutkan perjalanan ke Asia-Pasifik.

Memiliki dua kelompok penyerang kapal induk di Timur Tengah pada saat yang sama relatif jarang terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Namun, karena kekerasan meningkat antara Israel dan Hamas serta Hizbullah, yang keduanya didukung Iran, pemerintahan Biden telah memerintahkan Angkatan Laut AS agar kapal induk dan kapal perang mereka saling tumpang tindih selama beberapa minggu pada beberapa kesempatan.

USS Harry S. Truman akan membutuhkan waktu sekitar dua minggu untuk menyeberangi Samudra Atlantik dan memasuki Laut Mediterania. Para pejabat AS berbicara dengan syarat anonim untuk membahas pergerakan pasukan.


AS Keluarkan Travel Warning

Sementara dari pihak Israel, enam tentara dan tiga warga sipil tewas selama bentrokan dengan Hizbullah terjadi. (AP Photo/Hussein Malla)

Kementerian Luar Negeri AS memperingatkan warga AS untuk meninggalkan Lebanon karena risiko perang regional meningkat.

"Karena sifat konflik yang sedang berlangsung antara Hizbullah dan Israel yang tidak dapat diprediksi dan ledakan baru-baru ini di seluruh Lebanon, termasuk Beirut, Kedutaan Besar AS mendesak warga AS untuk meninggalkan Lebanon sementara opsi komersial masih tersedia," demikian peringatan Kementerian Luar Negeri AS memperingatkan pada hari Sabtu.

Ryder tidak mengatakan apakah pasukan tambahan tersebut dapat mendukung evakuasi warga tersebut jika diperlukan.

Sudah ada kelompok siap amfibi Marinir di Laut Mediterania timur, dengan Unit Ekspedisi Marinir ke-26 di dalamnya, yang diharapkan dapat membantu evakuasi jika diperlukan.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin, kata Ryder, mengadakan panggilan telepon berturut-turut dengan Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant selama akhir pekan saat dia mendesak gencatan senjata dan pengurangan ketegangan di kawasan tersebut.

"Mengingat ketegangan, mengingat eskalasi, seperti yang saya tekankan, ada potensi konflik regional yang lebih luas. Saya rasa kita belum sampai di sana, tetapi ini situasi yang berbahaya," tutur Ryder.

Kehadiran AS di Timur Tengah dirancang untuk membantu membela Israel dan melindungi personel dan aset AS dan sekutunya. Kapal perang Angkatan Laut AS tersebar di seluruh wilayah, dari Laut Mediterania timur hingga Teluk Oman, dan jet tempur Angkatan Udara AS dan Angkatan Laut AS ditempatkan secara strategis di beberapa lokasi agar lebih siap untuk menanggapi serangan apa pun.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya