ITDC Bangun Museum MotoGP di Sirkuit Mandalika, Bakal Jadi Gedung Bersejarah Balap Motor Dunia

Museum MotoGP akan memakai nama Pertamina MotoGP Experience Gallery yang nantinya akan secara permanen ditetapkan sebagai gedung bersejarah balapan motor di dunia.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 24 Sep 2024, 13:00 WIB
ITDC Bangun Museum MotoGP di Sirkuit Mandalika, Bakal Jadi Gedung Bersejarah Balap Motor Dunia. (Dok: IG @themandalika_lombok https://www.instagram.com/reel/DADXXJ3yJzm/?igsh=OHY2eDViNW56emJl)

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia tampaknya serius mengembangkan kawasan Mandalika di Lombok, Nusa Tenbggara Barat (NTB). Sebagai salah satu Kawasan Ekonomi Eksklusif (KEK), pemerintah melalui InJourney Tourism Development Corporation (ITDC) bekerja sama dengan Dorna Sport membuat Museum MotoGP di kawasan Mandalika.

Museum yang masih dalam tahap pembangunan ini dibangun di area tribun VIP Deluxe. Museum MotoGP akan memakai nama Pertamina MotoGP Experience Gallery.

Rencananya museum tersebut akan diresmikan pada 27 September 2024, sehari sebelum balapan resmi di sirkuit Mandalika dimulai. Lokasinya yang strategis di area sirkuit menjadikannya bagian integral dari pengalaman balapan yang spektakuler di Mandalika.

"Sekarang sudah hampir 97 persen, jadi sudah bisa dilihat. Seluruh kerangka-kerangka bangunan juga sudah terlihat," ucap Direktur Utama ITDC Ari Respati di Tangerang, pada Senin, 23 September 2024, dikutip dari Antara. 

Ia mengungkapkan bahwa bangunan museum MotoGP yang dibangun di utara tribun VIP Deluxe dengan luas mencapai 400 meter persegi. Nantinya museum secara permanen ditetapkan untuk gedung sejarah balapan motor di dunia.

"Ini bukan diadakan hanya untuk MotoGP periode saja, tetapi nanti akan permanen. Kami akan membangun dan kedepannya Dorna bersama Pertamina juga membangun gedung yang menceritakan sejarah MotoGP," ungkapnya.

Ia menyambung, bahwa nanti museum akan sekaligus berisi soal sejarah sirkuit. "Biar menjadi sejarah edukasi juga kepada masyarakat. Dan ini nanti akan menjadi destinasi wisata," kata Ari Respati.

 


Jadi Legasi dan Untuk Meningkatkan Kunjungan Turis

Indonesia akhirnya berkesempatan menjadi tuan rumah satu di antara rangkaian MotoGP 2022, tepatnya di Sirkuit Mandalika. (AFP/Bay Ismoyo)

Direktur Operasi ITDC sekaligus Chairman Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 Troy Reza Warokka menambahkan pembangunan museum ini adalah pertama kali dilakukan oleh Indonesia dan di dunia. "Ini hanya ada di Indonesia dan hanya ada di Mandalika. Mudah-mudahan ini menjadi menjadi salah satu legasi bagus untuk kita dan peningkatan turis lebih bagus sehingga perekonomian menjadi baik," kata Troy.

Mengutip dari kanal Otomotif Liputan6.com, 20 September 2024, ITDC dan MGPA telah menyiapkan serangkaian acara jelang MotoGP Indonesia 2024 atau Pertamina Grand Prix of Indonesia yang berlangsung 27-29 September mendatang di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Salah satunya yaitu Pertamina GP of Indonesia Riders Parade yang akan digelar Rabu (25 September 2024) di Kota Mataram. Setidaknya, akan ada 12 pembalap MotoGP yang akan ambil bagian dalam acara ini, di antaranya Marc Marquez, Jorge Martin, Enea Bastianini, Pedro Acosta, Alex Rins, Fabio Di Giannantonio, serta Aleix Espargaro, Marco Bezzecchi, Jack Miller, Raul Fernandez dan Luca Marini.


12 Pembalap di MotoGP Indonesia 2024

Sejumlah pembalap Moto2 sedang menjajal Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat saat sesi latihan bebas MotoGP Indonesia 2023 pada Jumat (13/10/2023). (AFP/Yasuyoshi Chiba)

Di samping itu, pembalap lokal Mario Suryo Aji, yang saat ini berkompetisi di Moto2, juga bakal turut meramaikan acara. Chairman of Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024, Troy Waroka menyampaikan, Pertamina GP of Indonesia Riders Parade merupakan bagian dari penyambutan untuk kedatangan para pembalap MotoGP, yang akan menyapa masyarakat umum di Kota Mataram.

"Acara ini dipastikan akan lebih semarak karena masyarakat berkesempatan untuk melihat lebih dekat para pembalap idola mereka, sebelum mereka beraksi di Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024," kata Troy.

Lebih jauh dirinya menyampaikan, dengan adanya Riders Parade diharapkan dapat meningkatkan minat para penggemar MotoGP serta masyarakat umum untuk hadir langsung di Pertamina Mandalika International Circuit.

"Kami sudah mengantisipasi untuk keamanan selama acara berlangsung sehingga penonton merasa nyaman berinteraksi dengan masyarakat. Ini merupakan salah satu bentuk apresiasi kami terhadap tingginya antusias masyarakat NTB dalam menyambut dan mendukung gelaran MotoGP tahun ini," paparnya.


Riders Parade di Sirkuit Mandalika

Sejumlah pembalap memacu motornya saat MotoGP Indonesia 2023 yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, Minggu (15/10/2023). Berbeda dengan tahun lalu, balapan pada tahun ini diwarnai dengan cuaca cerah dan terik. Selain itu, beberapa kekurangan baik infrastruktur maupun pelayanan yang sempat banyak mendapatkan kritikan mampu diperbaiki pada tahun ini. (AFP/Sonny Tumbaleka)

Acara Riders Parade sendiri dijadwalkan akan berlangsung pada pukul 16.00 WITA, keberangkatan dari Taman Sangkareang melewati jalanan utama di Kota Mataram dan berakhir di Taman Udayana, Mataram.

Carlos Ezpeletta, Sports Director dari Dorna mengatakan, keterlibatan 12 pembalap unggulan dalam acara ini menunjukan bahwa Dorna melihat Indonesia sebagai aset besar dalam penyelenggaraan MotoGPTM di dunia. Menurutnya, ini merupakan bentuk apresiasi dari Dorna terhadap terselenggaranya Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 dengan mendekatkan para pembalap kepada penggemarnya di Indonesia, terutama di Kota Mataram.

"Indonesia adalah salah satu negara dengan fans MotoGP terbesar di dunia. Kami yakin fans di Indonesia sudah tidak sabar ingin melihat riders jagoan mereka kembali berlaga di Mandalika, di Sirkuit yang indah dan unik," kata dia.

"Riders Parade di Mataram akan menjadi pembuka race week yang menyenangkan bagi para fans dan seluruh masyarakat, dimana mereka akan bisa melihat lebih dekat para riders dan jika ada kesempatan, untuk berfoto bersama," sambung Ezpelleta.

 

Infografis MotoGP Indonesia Mandalika 2022. (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya