Bitcoin Bakal Sentuh Rp 1,2 Miliar Akhir 2024, Ini Tandanya

Dalam sebuah posting di X pada 21 September, pedagang kripto, investor, dan analis Titan of Crypto memperkirakan keuntungan menengah sebesar 35 persen untuk BTC/USD.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 24 Sep 2024, 18:52 WIB
Bitcoin siap untuk pergerakan eksplosif pada akhir 2024,(Foto By AI)

Liputan6.com, Jakarta - Bitcoin siap untuk pergerakan eksplosif pada akhir 2024, dengan aksi harga bitcoin terkini menetapkan target ambisius sebesar USD 85.000 atau setara Rp 1,2 miliar (asumsi kurs Rp 15.161 per dolar AS).

Dalam sebuah posting di X pada 21 September, pedagang kripto, investor, dan analis Titan of Crypto memperkirakan keuntungan menengah sebesar 35 persen untuk BTC/USD.

Bitcoin terus bertahan di atas USD 62.000 saat penutupan mingguan, setelah bangkit kembali dari level support September yang turun USD 10.000. Prakiraan optimis untuk harga BTC menunjukkan kondisi menjadi semakin menguntungkan bagi para investor. Bagi Titan of Crypto, target pertama adalah USD 85.000.

Titan of Crypto membagikan grafik yang menunjukkan indeks kekuatan relatif (RSI) Bitcoin pada kerangka waktu mingguan, yang menunjukkan momentum sedang dibangun untuk bergerak ke titik tertinggi baru sepanjang masa dan seterusnya. 

"Penembusan RSI Mingguan menandakan pergerakan eksplosif menjelang akhir tahun untuk BTC,” kata Titan of Crypto, dikutip dari Coinmarketcap, Selasa (24/9/2024). 

RSI adalah indikator perdagangan klasik yang membantu mengidentifikasi kemungkinan puncak dan dasar lokal sekaligus memberikan wawasan tentang kekuatan tren naik atau tren turun pada titik harga tertentu. 

Saat ini, RSI mingguan berada di atas angka kunci 50/100, mematahkan tren turun yang telah berlangsung sejak titik tertinggi sepanjang masa terakhir pada Maret.

Titan of Crypto mencatat bahwa jika September berakhir positif, tren naik akan berlanjut hingga kuartal empat 2024.

"Secara historis, ketika September ditutup dengan warna hijau, kuartal empat telah bullish,” ungkapnya. 

Jika Bitcoin ditutup di atas USD 59.000 bulan ini, akhir tahun yang bullish kemungkinan besar terjadi. Namun, dengan penutupan yang merah, seperti 2017 maupun 2020, kuartal empat selalu memberikan penutupan positif.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.


Ramalan Bos Indodax soal Harga Bitcoin ke Depan, Simak Analisanya

Ilustrasi bitcoin (Foto: Visual Stories/Unsplash)

Sebelumnya, CEO crypto exchange Indodax, Oscar Darmawan membagikan pandangannya terhadap potensi harga Bitcoin ke depan.

Oscar percaya harga Bitcoin akan berusaha untuk menembus harga USD 100 ribu atau setara Rp 1,5 miliar (asumsi kurs Rp 15.180 per dolar AS) suatu hari nanti. 

“Saya masih percaya diri, harga Bitcoin akan tembus USD 100 ribu, tapi kita akan lihat itu kapan,” kata Oscar dalam Talkshow Indodax, ditulis Selasa (24/9/2024). 

Momentum Baik

Oscar menjelaskan saat ini adalah momentum yang baik untuk Bitcoin karena efek dari Halving Bitcoin yang baru mulai terasa dan adanya pemangkasan suku bunga oleh Federal Reserve atau The Fed. 

Oscar menuturkan, salah satu dampak Halving Bitcoin yang mulai terasa saat ini adalah adanya gangguan supply dari Bitcoin yang mulai berkurang dan likuiditas dolar AS yang membanjiri market. 

“Ini membuat permintaan Bitcoin semakin tinggi. Dengan adanya kedua hal ini, kita bisa melihat ada lonjakan harga,” jelas Oscar. 

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Senin, 23 September 2024, kripto dengan kapitalisasi pasar kripto terbesar, Bitcoin (BTC) menguat. Bitcoin naik 0,35 persen dalam 24 jam dan 7,54 persen sepekan. Saat ini, harga Bitcoin berada di level USD 63.600 per koin atau setara Rp 964,2 juta. 

 


Potensi Cuan Bitcoin Lebih Besar Dibandingkan Saham Nvidia

Ilustrasi bitcoin (Foto: Kanchanara/Unsplash)

Aset kripto terbesar di dunia, Bitcoin memiliki potensi kenaikan lebih besar dibandingkan saham perusahaan teknologi, salah satunya Nvidia. Meskipun begitu, Bitcoin masih lebih berisiko dibandingkan saham teknologi.

Dilansir dari Yahoo Finance, Senin (23/9/2024), Nvidia mengalami peningkatan kapitalisasi pasar yang sangat besar, hampir USD 3 triliun atau setara Rp 45.482 triliun (asumsi kurs Rp 15.160 per dolar AS), dan siap untuk meraih keuntungan yang mengesankan selama bertahun-tahun, berkat peluang pertumbuhan dalam kecerdasan buatan (AI).

Nvidia telah mengungguli Bitcoin tahun ini, dan itu sama sekali tidak mendekati. Pada 2024, Nvidia naik sekitar 130 persen, sementara Bitcoin hanya naik 40 persen. Selain itu, Nvidia telah mengungguli Bitcoin selama 12 bulan, 18 bulan, dan 24 bulan terakhir. 

Selama dua tahun terakhir, Nvidia naik 764 persen, dibandingkan dengan Bitcoin yang hanya 209 persen. Saham tidak dinilai berdasarkan kinerjanya di masa lalu, melainkan kinerjanya di masa mendatang. 

Maka dari itu, di sinilah potensi kenaikan Bitcoin begitu mengesankan. Sederhananya, semakin jauh investor memperluas perkiraan harga ke masa mendatang, Bitcoin akan semakin bagus.

Misalnya, perusahaan investasi Bernstein memperkirakan harga Bitcoin dapat naik tiga kali lipat hingga mencapai USD 200.000 pada akhir tahun 2025. 

Semakin banyak pemimpin teknologi Silicon Valley yang memperkirakan harga Bitcoin dapat mencapai USD 1 juta dalam beberapa tahun ke depan, dan Cathie Wood dari Ark Invest memperkirakan harga Bitcoin dapat mencapai USD 3,8 juta pada 2030. 

 

 


MicroStrategy Kembali Borong Bitcoin Rp 6,9 Triliun

Bitcoin (Foto: Jievani Weerasinghe/Unsplash)

Sebelumnya, MicroStrategy telah membeli lebih banyak Bitcoin, dengan perusahaan mengumumkan telah mengakuisisi tambahan 7.420 BTC.

Michael Saylor, pendiri dan ketua perusahaan, mengungkapkan perusahaan tersebut membeli Bitcoin senilai lebih dari USD 458 juta atau setara Rp 6,9 triliun (asumsi kurs Rp 15.160 per dolar AS). Dilansir dari Coinmarketcap, Senin (23/9/2024), menurut rincian yang diajukan ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) pada 20 September 2024, MicroStrategy mengakuisisi BTC tambahan tersebut dengan harga rata-rata USD 61.750 atau setara Rp 936,1 juta per BTC.

MicroStrategy, sebuah perusahaan analitik cloud bertenaga kecerdasan buatan yang saat ini merupakan pemegang Bitcoin publik terbesar, juga mengumumkan telah mencapai total hasil BTC sebesar 5,1 persen secara kuartal hingga saat ini dan 17,8% secara tahun hingga saat ini.

Pembelian terbaru ini membuat total kepemilikan perusahaan menjadi 252.220 BTC, naik dari 244.800 BTC. Sejak pertama kali mengakuisisi Bitcoin pada Agustus 2020, perusahaan yang dipimpin oleh Michael Saylor ini telah menghabiskan sekitar USD 9,9 miliar untuk menambahkan BTC ke neracanya. 

Ini termasuk penambahan terbaru sebesar 18.300 BTC senilai USD 1 miliar. Aset-aset ini telah diakuisisi pada harga rata-rata USD 39.266 per BTC, yang berarti laba perusahaan yang belum terealisasi mencapai lebih dari USD 5,9 miliar. Pada Agustus 2024, Saylor mengungkapkan ia memiliki USD 1 miliar dalam kepemilikan BTC pribadi.

Pada 20 September, MicroStrategy mengumumkan telah menyelesaikan penawaran obligasi senior konvertibel senilai USD 1 miliar. Perusahaan berencana menggunakan hasil tersebut untuk membeli lebih banyak Bitcoin (BTC).

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya