Nusa Lembongan, Surga Wisata Bawah Laut di Bali yang Wajib Dikunjungi!

sudah sering ke Bali tapi belum mendatangi Nusa Lembongan? yuk intip cara liburan seru ke Nusa Lembongan, Bali.

oleh Dewi Divianta diperbarui 26 Sep 2024, 06:00 WIB
Perairan Nusa Lembongan Bali (Dewi Divianta/Liputan6.com)

Liputan6.com, Klungkung - Pulau Bali adalah pulau yang dikenal keindahan alamnya, Bali tak hanya dikenal dengan pemandangan alam dan budayanya itu banyak memiliki spot-spot snorkling yang indah. Salah satu tempat indah untuk melakukan wisata bawah laut adalah di perairan Nusa Lembongan, Kabupaten Klungkung, Bali adalah keindahan pantai dan alam bawah lautnya.

Destinasi wisata di Nusa Lembongan menarik untuk didatangi, begini cara untuk bisa menghabiskan liburan di pulau kecil yang masuk di kepulauan Nusa Tenggara itu. Wisatawan bisa membeli tiket menuju Nusa Lembongan di pelabuhan Sanur yang menyediakan transportasi jenis boat yang akan mengantarkanmu menuju Nusa Lembongan.

Pelabuhan Sanur buka mulai pagi hari hingga sore hari itu menjual tiket boat menuju Nusa Lembongan dengan harga Rp300 ribu hingga Rp300 ribu per orang tegantung penyedia layanan perahu di pelabuhan tersebut. Informasi pelayanan pelabuhan menuju Nusa Lembongan sudah memiliki jadwal dalam setiap harinya, jadi pastikan wisatawan sudah mengetahui jadwal kapan kapal akan berangkat menyeberang menuju pulau kecil itu.


Penyeberangan di Pelabuhan Sanur

Lokasi Wisata Air Snorkling di Nusa Lembongan Bali (Dewi Divianta/Liputan6.com)

Dari Pelabuhan Sanur dengan membayar Rp200-300 ribu pelayanan kapal boat akan mengantarkan wisatawan menuju Nusa Lembongan dengan waktu kurang lebih 30-45 menit. Selama perjalanan wisatawan akan disuguhi pemandangan laut yang indah dengan laut biru membentang. Namun untuk wisatawan yang tidak kuat untuk tekanan air dan boat saat melaju bisa mengkonsumsi obat anti mual untuk menghindari mabuk kendaraan laut.

Setibanya di Nusa Lembongan anda akan langsung disambut ramahnya masyarakat di sana. Untuk bisa berkeliling pulau kecil Nusa Lembongan wisatawan bisa menyewa jasa sewa transportasi mulai dari kendaraan bermotor roda dua hingga mini bus. Penyewaan sepeda motor berkisar mulai dari Rp75 ribu hingga Rp100 ribu per hari. Sementara biaya sewa untuk mobil pick up atau mini bus harga sewa mulai dari Rp850 ribu per 8 jam sudah termasuk bensin dan sopir. 

Nusa Lembongan juga menjadi pulau ramah untuk pejalan kaki dan pengendara sepeda kayuh, untuk area yang lebih kecil, terutama di dekat penginapan atau hotel banyak wisatawan memilih berjalan kaki atau bersepeda di sana.


Variasi Penginapan

Wisata Snorkling Bawah Laut Nusa Lembongan Bali (Dewi Divianta/Liputan6.com)

Urusan penginapan di Nusa lembongan sangat bervariasi mulai dari jenis kostel hingga hotel dan vila berbintang bisa didapatkan di sini. Tak sedikit vila dengan harga ramah kantong disewakan di sana yang langsung menghadap pemandangan laut dan keindahan matahari terbenam. Harga kostel hingga hotel berbintang di Nusa Lembongan dimulai dari harga Rp200 ribu hingga jutaan.

Sementara itu, wisata alam yang bisa dijelahi selain menyusuri pantah indahnya, wisatawan bisa mencoba wisata snorkling dan diving di perairan bawah laut Nusa Lembongan. Salah satu daya tarik utama Nusa Lembongan adalah kehidupan bawah lautnya, wisatawan bisa berwisata snorkling atau diving di lokasi-lokasi terkenal seperti Manta Bay untuk melihat pari manta, atau di Crystal Bay untuk menikmati air yang jernih.

Ada banyak pantai di Nusa Lembongan, di antaranya Pantai Jungut Batu pantai yang dikenal dengan pemandangan matahari terbenamnya tersebut menjadi pantai paling hits bagi wisatawan yang hadir di Nusa Lembongan. Selanjutnya, Pantai Dream Beach dikenal dengan pantai yang memiliki ombak bagus khususnya untuk bermain surfing dan pemandangan indah dari tebingnya.

Pantai Mushroom Bay tak kalah indahnya dengan pasir putih dan air laut yang tenang cocok untuk berlibur bersama keluarga, pantai lainnya ada Devil's Tear lokais wisata di Nusa Lembongan dengan tebing karang denga pemandangan ombak setiap saat menghantam batu karang dengan smburan air yang menjulang tinggi seperti air mancur.

Sementara itu, Yellow Bridge adalah jembatan kuning ikonik di Nusa Lembongan yang wajib dikunjungi menghubungkan Nusa lembongan dan Nusa Ceningan yang bisa dilintasi wisatawan dengan sepeda motor atua berjalan kaki. Lokasi tersebut juga menjadi spot foto paling hits di Nusa Lembongan, terakhir wisatawan bisa menikmati pemandangan hutan mangrove dengan menyusurinya menggunakan perahu kayu yang disewakan.


Perhatikan Cuaca

Wisata Pantai di Nusa Lembongan Bali (Dewi Divianta/Liputan6.com)

Berlibur tanpa menikmati kuliner khas daerah setempat itu ibarat rasa sayur tanpa garam, di Nusa Lembongan wisatawan dengan penyuka olahan laut selamat menikmati surganya kuliner. Ada banyak jenis kuliner seperti ikan, cumi, kepiting, kerang dan lainnya yang ditawarkan di restoran atau kafe yang berada tepat di tepi pantai.

Tidak perlu khawatir untuk sistem pembayaran selama berwisata di Nusa Lembongan, masyarakat di sana sudah sangat familiar dengan penggunaan QRIS atau pembayaran non tunai menggunakan kartu. Namun, masih ada beberapa yang masih menggunakan transaksi menggunakan uang tunai, sehingga tak ada salahnya sebelum menuju Nusa Lembongan menyiapkan uang tunai sesuai keburuhan selama berlibur di sana.

Untuk diketahui jika ingin berlibut ke Nusa Lembongan perhatikan bulan-bulan baik yang ramah terhadap angin laut untuk perjalanan boat lebih tenang. Waktu terbaik untuk berlibur ke Nusa lembongan bisa dimulai pada bulan April hingga Oktober, di mana pada bulan-bulan itu kondisi cuaca sangat cerah dan intensitas curah hujan rendah.

Yang perlu duperhatikan lagi ketika tengah snorkling atau diving di wilayah Devil's Tear waspadai gelombang laut yang bisa tiba-tiba datang dengan sangat deras atau kuat. Cuaca di Nusa Lembongan yang cukup panas bisa mambakar kulit wisatawan siapkan krim untuk melindungi kulit selama berlibur di pulau indah itu.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya