Head to Head, Survei Poltracking: Ahmad Luthfi 50,1 Persen, Andika Perkasa 30,8 Persen

Selisih antara Ahmad Luthfi dan Andika Perkasa pada survei tidak terlalu jauh. Ada potensi bagi Andika di masa kampanye hingga 23 November nanti untuk mengejar ketertinggalan elektabilitas.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 24 Sep 2024, 15:04 WIB
Ahmad Luthfi dan Andika Perkasa saat pengundian nomor urut Pilkada Jateng 2024, Senin (23/9/2024). (Dok. Tangkapan Layar YouTube KPU Jateng)

Liputan6.com, Jakarta - Poltracking Indonesia melakukan jajak pendapat terkait elektabilitas calon gubernur di Pilkada Jawa Tengah 2024. Ada dua kandidat yang bertarung, Ahmad Luthfi dan Andika Perkasa yang notabene sama-sama mantan aparat penegak hukum dari dua instansi berbeda, Polri dan TNI.

Menurut Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda, hasilnya saat terjadi head to head calon gubernur Jawa Tengah, Ahmad Luthfi mengungguli Andika Perkasa.

"Ahmad Luthfi mendapat 50,1 persen suara responden. Sedangkan Andika Perkasa mendapatkan 30,8 persen suara responden," kata Hanta saat jumpa pers daring, seperti dikutip dari kanal Youtube Poltracking TV, Selasa (24/9/2024).

Meski unggul, Hanta mencatat masih ada suara responden yang mengaku tidak tahu atau tidak menjawab dalam jajak pendapat kali ini. Jumlahnya, mencapai 19,1 persen.

"Responden tidak menjawab atau menjawab tidak tahu memilih siapa ada 19,1 persen," jelas Hanta.

Hanta menambahkan, selisih antara Luthfi dan Andika pada surveinya kali ini tidak terlalu jauh. Maka dari itu, ada potensi bagi Andika di masa kampanye hingga 23 November nanti untuk mengejar ketertinggalan elektabilitasnya.

"Masih ada waktu dua bulan, angka ini bukanlah angka yang terlalu jauh," tandas Hanta.

Survei Pilkada Jateng ini dilakukan pada periode 8 sampai 14 September 2024. Responden yang terlibat dalam survei adalah warga Jawa Tengah yang sudah memiliki hak pilih atau minimal berusia 17 tahun.

Diketahui, survei menggunakan metode multistage random sampling, dengan jumlah responden sebanyak 1200 orang. Tercatat, Margin of Error survei ini +/- 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

 


Nomor Urut Cagub-Cawagub Jateng 2024: Andika-Hendi 1, Luthfi-Taj Yasin 2

Pasangan cagub-cawagub Jawa Tengan (Jateng) 2024. (Dok. Tangkapan Layar YouTube KPU Jateng)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) melakukan pengundian nomor urut untuk pasangan calon gubernur (Cagub) dan calon wakil gubernur (Cawagub) 2024 di Kantor KPU Jateng, Jalan Veteran, Semarang, pada Senin (23/9/2024) malam hari ini.

Hasilnya, pasangan cagub-cawagub Andika Perkasa-Hendrar Prihadi (Hendi) mendapat nomor urut 1 dan pasangan Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen mendapat nomor urut 2.

Dalam pengundian nomor urut cagub-cawagub ini, KPU Jateng juga menggunakan mekanisme dua tahap. Pertama, adalah pengambilan nomor antrean untuk mengambil nomor urut dilakukan oleh cawagub.

Cawagub yang mengambil nomor urut pertama adalah Hendi karena ia melakukan pendaftaran pertama ke KPU, disusul oleh Taj Yasin

Setelah itu, pengambilan nomor urut pasangan calon dilakukan oleh cagub Luthfi menjadi cagub pertama yang mengambil, kemudian disusul Andika.

 

Infografis Bila Kotak Kosong Menang di Pilkada 2024, Apa yang Terjadi? (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya