Momen Pesawat Kepresidenan Jokowi Mendarat Mulus di Bandara IKN

Rencana Jokowi untuk mendarat di Bandara IKN sendiri sempat beberapa kali gagal. Namun, Bandara IKN kini sudah siap didarati pesawat kepresidenan.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 24 Sep 2024, 16:47 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi akhirnya melakukan pendaratan perdana di Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Selasa (24/9/2024). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akhirnya melakukan pendaratan perdana di Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Selasa (24/9/2024). Jokowi menjajal Bandara IKN dengan menggunakan pesawat kepresidenan-1 RJ85.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, pesawat yang ditumpangi Jokowi mendarat dengan mulus di Bandara IKN pukul 16.12 WITA. Pesawat Jokowi pun sempat memutari landasan pacu atau runway Bandara IKN.

Kedatangan Jokowi disambut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Raja Juli, hingga Pangdam VI Mulawarman Mayjen Tri Budi Utomo. Dia sempat menyapa para pekerja sebelum masuk ke ruang tunggu.

Rencana Jokowi untuk mendarat di Bandara IKN sendiri sempat beberapa kali gagal. Namun, Bandara IKN kini sudah siap didarati pesawat kepresidenan.

Kita cek kemarin sudah bisa darati. Kita akan coba darati bandara di IKN," kata Jokowi di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Selasa (24/9/2024).

Jokowi menegaskan Bandara IKN tidak dikhususkan untuk VVIP saja. Dia mengatakan Bandara IKN akan dibuka untuk penerbangan komersial.

"Itu bukan bandara VVIP. Itu komersial yang ktia harapkan untuk masyarakat umum," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa Kementerian Perhubungan akan kembali melakukan uji kelaikan fungsi bandara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada Jumat (20/9).

"Besok itu dilakukan uji coba yang formal. Selama ini Kemenhub sudah melakukan uji coba menggunakan beberapa pesawat di landasan pacu Ibu Kota Nusantara," ucap Menhub Budi Karya di Tangerang, Kamis.

Ia menyebutkan dalam tahapan pengujian fungsi bandara di IKN pihaknya akan mencoba mendaratkan pesawat tipe Boeing 777-300ER seperti jenis pesawat kepresidenan.

"Uji coba menggunakan pesawat yang sama besarnya dengan pesawat yang digunakan Presiden," katanya.

 


Bandara IKN Siap Dibuka

Budi juga mengungkapkan jika tahapan uji coba kelayakan bandara IKN bisa berhasil dengan didarati oleh pesawat tipe yang besar seperti pesawat Boeing. Maka, keesokan hari atau luasannya bandara tersebut akan secara resmi dapat dibuka dan dipergunakan.

"Kami sangat berhati-hati untuk membangun bandara itu, dan insyaallah nanti akan menjadi tempat yang sangat strategis karena jaraknya tidak jauh dari kawasan IKN," kata dia.

Infografis Progres Pembangunan Bandara di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya