5 Universitas Australia dan 10 Universitas dari RI Kolaborasi Didik Guru Indonesia Berkualitas

Australia dan Indonesia memperkuat kerja sama dengan meluncurkan Kerja Sama Pendidikan Guru Indonesia-Australia.

oleh Siti Syafania Kose diperbarui 27 Sep 2024, 15:10 WIB
Peluncuran Kerja Sama Pendidikan Guru Indonesia-Australia (Kedutaan Besar Australia di Indonesia)

Liputan6.com, Jakarta - Demi meningkatkan kualitas tenaga pendidik di Indonesia, Australia dan Indonesia bekerja sama dalam meluncurkan Kerja Sama Pendidikan Guru Indonesia-Australia pada Selasa, 24 September 2024. Inisiatif ini dibangun di atas kemitraan jangka panjang antara Indonesia dan Australia yang mendukung hasil pembelajaran di sekolah-sekolah dasar di Indonesia.

Melansir dari siaran media Kedutaan Besar Australia di Indonesia, Jumat (27/9/2024), disebutkan bahwa kerja sama Pendidikan Guru Indonesia-Australia dipelopori oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) serta mempertemukan lima universitas Australia dan sepuluh universitas Indonesia.

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia yang telah mempelopori inisiatif ini," ujar Profesor Jennifer Westacott AO, Business Champion Australia untuk Indonesia.

Adapun universitas-universitas ini akan bekerja sama dalam berbagai kegiatan pendidikan dan penelitian, serta memastikan universitas-universitas di Indonesia memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk mendidik generasi penerus dari guru yang berkualitas tinggi.

“Kerja sama ini akan mendukung upaya yang tengah dilakukan Indonesia untuk memastikan para guru memiliki bekal yang cukup untuk mengajar di kelas dengan penuh percaya diri," sambung Profesor Jennifer Westacott AO.

Kegiatan ini diharapkan untuk dapat menciptakan perubahan bagi pendidikan di Indonesia.

"Kerja Sama Pendidikan Guru Indonesia-Australia akan menjadi wadah untuk berbagi pengetahuan dan implementasi terbaik dalam pendidikan guru. Semoga melalui kerja sama ini kualitas pendidikan guru di Indonesia dapat ditingkatkan dan pada akhirnya akan menciptakan transformasi dalam lingkungan pendidikan kita untuk memberikan pembelajaran yang berkualitas bagi pelajar Indonesia," ucap Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia, Profesor Nunuk Suryani.

Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams PSM juga menyatakan pentingnya inisiatif ini dalam memperdalam kerja sama antara kedua negara.

"Pendidikan adalah bagian penting dari kemitraan Australia-Indonesia, dan inisiatif baru ini akan memperkuat kolaborasi kita. Dengan meningkatkan kerja sama pelatihan guru antara Australia dan Indonesia, kita dapat memberikan dampak yang berkelanjutan terhadap kualitas pendidikan dan hasil belajar siswa," kata Dubes Penny.

Berikut ini daftar universitas yang berpartisipasi dalam inisiatif ini:

  1. Western Sydney University 
  2. Deakin University 
  3. Central Queensland University 
  4. University of Adelaide 
  5. University of Newcastle
  6. Universitas Pendidikan Indonesia
  7. Universitas Negeri Malang
  8. Universitas Negeri Surabaya
  9. Universitas Negeri Padang
  10. Universitas Sanata Dharma
  11. Universitas Muhammadiyah Malang
  12. Universitas Sebelas Maret
  13. Universitas Negeri Jakarta
  14. Universitas Negeri Medan
  15. Universitas Negeri Manado
Hubungan Indonesia Australia (Liputan6.com/Trieyas)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya