Transformasi Jadi Strategi Holding BUMN Jasa Survei Masuk Top 20 Global

Holding BUMN Jasa Survei, berkomitmen untuk mencapai posisi dalam Global Top 20 TIC (Testing, Inspection, and Certification) pada tahun 2029.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 24 Sep 2024, 20:31 WIB
PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) sebagai Holding BUMN Jasa Survei atau IDSurvey.

Liputan6.com, Jakarta PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau BKI, sebagai Lead Holding BUMN Jasa Survei, berkomitmen untuk mencapai posisi dalam Global Top 20 TIC (Testing, Inspection, and Certification) pada tahun 2029.

Target ambisius ini dibahas dalam Rapat Kerja 2024 mengenai Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) 2025 yang berlangsung pada 18-19 September 2024 di Ruang Rapat Bhinneka, Gedung NAVA Kantor Pusat BKI, Jakarta.

Agenda Rapat Kerja 2024

Rapat tersebut dihadiri oleh Komisaris Utama BKI, seluruh jajaran direksi, serta kepala unit produksi BKI. Diskusi fokus pada rencana bisnis masa depan dan pengambilan keputusan strategis untuk pengembangan bisnis yang berkelanjutan.

“Dewan Komisaris memberikan apresiasi kepada seluruh insan PT BKI atas penyelenggaraan rapat kerja ini. Kami berharap ini dapat meningkatkan kolaborasi dan sinergi antara Divisi, Kantor Pusat, dan Kantor Cabang di seluruh Indonesia. Kolaborasi positif adalah kunci dalam mencapai target yang cukup menantang di era TUNA (Turbulency, Uncertainty, Novelty, and Ambiguity),” ujar Komisaris Utama BKI, Lathifah Shohib dalam keterangannya, Selasa (24/9/2024).

Transformasi Korporasi untuk Keunggulan BerkelanjutanTransformasi korporasi diharapkan menjadi instrumen penting bagi PT BKI sebagai Induk Holding BUMN Jasa Survei.

"Kami ingin IDSurvey menjadi holding yang unggul dalam bisnis dan berkelanjutan," tambahnya. Semua insan PT BKI diharapkan memiliki visi yang sama dan berkomitmen untuk mencapai keunggulan serta pertumbuhan bisnis perusahaan.

 


Strategi Mendukung Pertumbuhan Berkelanjutan

PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) sebagai Holding BUMN Jasa Survei atau IDSurvey.

Rapat yang berlangsung selama dua hari juga membahas strategi untuk RKAP 2025, mendukung pemerintah dalam membangun masa depan Indonesia yang inklusif dan berkelanjutan. Tema strategis Kementerian BUMN pada tahun 2034 meliputi:

  • Pelopor ekonomi hijau
  • Inovator teknologi digital
  • Pendukung infrastruktur berkelas dunia
  • Pemimpin inklusi sosial

Direktur Utama BKI menggarisbawahi pentingnya model the three lines of defense, yang berfungsi untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya bersama dalam grup IDSurvey.

Arahan khusus untuk BKI sebagai lead meliputi penyederhanaan jumlah indikator KPI dan peningkatan bobot kinerja untuk insentif pencapaian.

Selain itu, pentingnya pengaturan rasio produktivitas surveyor dan inspector, serta pengelolaan sumber daya untuk mencapai EBITDA (Earnings Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization) dan laba bersih juga ditekankan.

PenutupPembahasan dilakukan secara cermat dan sesuai dengan Rancangan RJPP 2025-2029 serta Pedoman Perencanaan Strategis BUMN tahun 2024-2034, yang kemudian akan difinalisasi menjadi Draft Satu RKAP 2025. Dengan langkah-langkah strategis ini, PT Biro Klasifikasi Indonesia berharap dapat memperkuat posisinya sebagai pemimpin dalam industri jasa survei di Indonesia dan global.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya