Groundbreaking AIS Nusantara, Jokowi Ingin IKN Punya Sekolah Berkelas Internasional

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama alias groundbreaking Campus Australian Independent School (AIS) Nusantara di Ibu Kota Nusantara, Rabu (25/9/2024).

oleh Maulandy Rizki Bayu Kencana diperbarui 25 Sep 2024, 09:45 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan proses peletakan batu pertama atau groundbreaking Teras Hutan Ibu Kota Nusantara (IKN) By Plataran, Kalimantan Timur, Rabu (25/9/2024) (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama alias groundbreaking Campus Australian Independent School (AIS) Nusantara di Ibu Kota Nusantara, Rabu (25/9/2024).

"Alhamdulillah pada pagi hari ini kita akan kembali melakukan groundbreaking untuk pembangunan sekolah internasional di Ibu Kota Nusantara, Australian Independent School Nusantara, AIS Nusantara," ujar Jokowi.

RI 1 menyampaikan, kehadiran AIS Nusantara di IKN ini menunjukan keseriusan, komitmen pemerintah untuk menyediakan berbagai fasilitas pendukung berkelas internasional di IKN. "Termasuk lembaga pendidikan internasional yang berkualitas dunia," imbuhnya.

Dengan rekam jejak selama 28 tahun di bidang pendidikan, Jokowi berharap AIS Nusantara mampu memberikan pendidikan bermutu dengan standar internasional. Termasuk untuk penduduk lintas negara yang bermukim di IKN.

"Saya berharap AIS dapat betul-betul menyelenggarakan pendidikan berkelas dunia di IKN ini, mempromosikan pendidikan global berkelas tinggi di Nusantara, dan memberikan pilihan pendidikan yang bermutu bagi warga di Ibu Kota Nusantara yang berasal dari berbagai daerah, berasal dari berbagai negara dan latar belakang," urainya.

Jokowi memaparkan, kampus AIS Nusantara dibangun di atas lahan seluas 7.900 meter persegi. Dengan kapasitas tampung sebanyak 760 siswa, mulai dari tingkat pre school hingga jenjang sekolah menengah atas (SMA).

Tak hanya dari unsur pendidikan, ia melanjutkan, AIS Nusantara juga menyediakan fasilitas tambahan berupa berbagai sarana olahraga yang bisa dipakai oleh para siswa di sana.

"Fasilitasnya lengkap, berstandar internasional, ruang belajarnya juga berstandar internasional. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini soccer, lapangan tenis, lapangan basket, lapangan bulutangkis, lapangan voli, kolam renang, semi olimpic, dan auditorium berkapasitas 250 orang," tuturnya.


Jokowi Groundbreaking Teras Hutan Ibu Kota Nusantara by Plataran di IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi memulai pembangunan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) (dok: Arief)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama alias groundbreaking proyek Teras Hutan Ibu Kota Nusantara by Plataran di IKN, Rabu (25/9/2024).

Pada kesempatan itu, Jokowi menyampaikan, Teras Hutan Ibu Kota Nusantara by Plataran ini akan menyediakan venue & dining di atas lahan seluas kurang lebih 2.000 meter persegi.

Jokowi pun menargetkan restoran bintang 5 berkelas dunia yang dibangun oleh Plataran Indonesia ini bisa rampung hanya dalam waktu 1 tahun.

"Teras Hutan Ibu Kota Nusantara by Plataran ini akan menyediakan venue dan dining yang berkelas. Berkelasnya berkelas dunia yang akan dibangun di atas lahan kurang lebih 2.000 m2," jelas Jokowi.

"Saya tanya, selesainya kapan. Kalau ada investasi saya pasti tanya bukan kapan mulainya, selesainya kapan. Kurang lebih 1 tahun, Insya Allah 1 tahun. Jadi setahun lagi kita akan bisa melihat bahwa Plataran sudah ada di Ibu Kota Nusantara," sambungnya.

Lebih lanjut, Jokowi menyebut bahwa investasi di IKN sama dengan membeli masa depan. Dalam hal ini, ia menyoroti berbagai modal yang sudah masuk untuk ikut membangun ibu kota baru tersebut.

 


Investasi di IKN

Presiden Jokowi menyampaikan pidato di acara Rapim TNI-Polri yang digelar di IKN, Kalimantan Timur. (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)

"Investasi di IKN adalah membeli masa depan. Investasi di IKN adalah membeli suasana yang kita tidak dapatkan di tempat lain. Saya sangat menghargai investasi yang ingin ditanamkan oleh Plataran di IKN ini, karena kita tahu Plataran kelasnya di sebelah mana," ungkapnya.

"Kalau Plataran sudah masuk ke Ibu Kota Nusantara, artinya akan memberikan sebuah semangat dan memberikan sebuah spirit bahwa yang lain pasti ikut. Karena Plataran sudah ada di IKN," tutur Jokowi.

Infografis Jokowi Berkantor di IKN Nusantara Jelang Masa Jabatan Berakhir. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya