Kaesang Pangarep Blusukan di Tangerang, Tampil Mengejutkan dengan Rompi Putra Mulyono

Gambar siluet dirompi Kaesang Pangarep dinilai mirip Presiden Jokowi oleh warganet.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 25 Sep 2024, 10:00 WIB
Kaesang Pangarep pakai rompi "Putra Mulyono" saat blusukan di Tangerang. (dok. merdeka.com)

Liputan6.com, Jakarta Setelah ramai soal jet pribadi hingga mendatangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kaesang Pangarep kembali menghebohkan publik dengan tampil mengenakan rompi bertuliskan "Putra Mulyono." Ia terlihat mengenakan busana tersebut saat blusukan ke Tangerang. 

Merujuk video yang beredar di media sosial, suami Erina Gudono ini tampak dikerumuni warga Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang, Selasa, 24 September 2023. Anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu terlihat meladeni permintaan foto dari sejumlah orang di lokasi.

Kaesang terlihat memakai kemeja hitam berpadu rompi warna senada dengan sablonan merah muda mencolok di bagian belakang, bergambar siluet dinilai mirip Jokowi oleh sejumlah warganet.  Sebagai informasi, Mulyono adalah nama kecil Jokowi.

Video terkait penampilan Kaesang kini ramai mendapat komentar warganet dan diunggah ulang banyak akun media sosial. "Yuk bikin kaos rakyat mulyono 🔥," komentar seorang pengguna TikTok.

"Kayaknya mas gibran bakal buat kaos fufufafa nih," balas yang lain. "Yok buat kaos tulisannya,, rakyat mulyono,,," canda warganet. "Mau donk bkin baju "rakyat Mulyono* 🔥🔥," sambung warganet.

"Bagi orang Jawa.. nama mulyono.. itu harapan setiap orang.. hidup Bahagia.. mulia.. biar paham yg ga tau," bela warganet di TikTok. "Putra mulyono adik fufufafa 🔥," sindir warganet lain. 

Sebagaimana telah disinggung, Kaesang Pangarep sebelumnya telah mendatangi kantor KPK pada Selasa pagi, 17 September 2024. Adik Gibran Rakabuming Raka itu tiba sekira pukul 10.40 WIB.


Kaesang Pakai Busana Hitam Putih Klarifikasi Soal Jet Pribadi

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep tiba-tiba mendatangi gedung lama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini, Selasa, (17/9/2024). (Istimewa).

Mengutip laporan kanal News Liputan6.com, kedatangan Kaesang ke KPK bertujuan mengklarifikasi sejumlah hal, menurut Sekjen PSI Isyana Bagoes Oka, melalui keterangan tertulis yang diterima awak media, Selasa, 17 September 2024.

Kaesang datang bukan karena dipanggil, tapi sebagai tindakan proaktif. Dari pantauan News Liputan6.com, Kaesang tidak datang sendiri ke KPK. Ketua Umum PSI ini tampak didampingi Sekjen PSI Raja Juli Antoni.

Kaesang memakai kemeja putih lengan panjang yang sedikit digulung beserta celana hitam. Tampilan rambutnya klimis dan kemeja berkerahnya rapi, dimasukkan ke dalam celana panjangnya.

Suami Erina Gudono itu memakai sepatu formal hitam. Walau serba rapi, pria berusia 29 tahun itu berusaha tampak santai.

Sebagai konteks, nama Kaesang jadi polemik karena penggunaan jet pribadi saat pergi ke Amerika bersama istrinya. Ketika ditanya wartawan usai menemui pimpinan KPK, pria kelahiran 25 Desember 1994 itu menjawab bahwa jet pribadi tersebut adalah punya teman dan ia cuma nebeng saja.


Menjawab Polemik

Kaesang Pangarep mengaku kedatangannya ke KPK merupakan insiatif pribadi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

"Penggunaan pesawat itu (jet pribadi) saya numpang atau bahas bekennya nebeng lah, nebeng pesawatnya teman saya," kata Kaesang di Gedung KPK.

Menegaskan hal itu, Juru Bicara Kaesang Pangarep, Francine Wijoyo, mengatakan alasan Kaesang menebeng dikarenakan temannya memiliki tujuan perjalanan yang kebetulan searah. Diketahui, keduanya disebut sama-sama ingin ke Amerika Serikat.

"Kebetulan ada temannya yang juga berangkatnya searah di tanggal 18 Agustus (2024), makanya barenglah nebeng," ungkap Francine.

Ia mengaku enggan menyebukan nama teman Kaesang tersebut. Menurutnya, semua informasi terkait telah disampaikan ke KPK. "Tadi sudah disampaikan ke KPK, nanti bisa dikonfirmasi saja ke sana," tandas dia. 

Sementara itu, Ketua Sementara KPK Nawawi Pomolango menyatakan, hasil klarifikasi Ketum PSI Kaesang Pangarep soal polemik jet pribadi ke Direktorat Gratifikasi KPK belum sampai di meja kerjanya.


KPK Tak Jelaskan Hasil Klarifikasi

Terkait kedatangannya ke gedung KPK, Kaesang menerangkan bahwa ia ingin menyampaikan informasi terkait keberangkatannya ke Amerika Serikat menggunakan pesawat jet pribadi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Nawawi lantas mempersilakan Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan, untuk mengumumkan sendiri hasil klarifikasi Kaesang ke publik. "Nanti Pak Pahala aja yang umumkan," kata Nawawi pada wartawan, Selasa, 24 September 2024, mengutip kanal News Liputan6.com.

"Enggak ada perintah Pahala untuk pimpinan umumkan apa yang dia kerjakan. Biarkan apa yang dikerjakan Pak Pahala dia yang umumkan sendiri saja," katanya menambahkan.

Lebih jauh, Nawawi mengungkit, sejak awal, yang bicara soal rencana mengundang Kaesang untuk mengklarifikasi polemik jet pribadi hanyalah Pahala. Maka itu, dia tak ingin mempermasahkan Pahala menyampaikan hasil klarifikasi putra bungsu Jokowi itu tanpa pimpinan KPK.

"Kalau sejak awal dia berani ngomong yang kaya gitu, ya termasuk yang seperti ini cukup saja disampaikan," pungkas ketua sementara KPK ini.

Infografis Kaesang Pangarep Klarifikasi Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya