Jokowi ke Investor: Kalau Investasi di IKN Sekarang, Tahun Depan Harga Tanah Naik 10 Kali Lipat

Hingga kini, ada tiga proyek asing yang resmi masuk ke IKN. Salah satunya, Delonix Group yang merupakan perusahaan properti asal China yang membangun kawasan mix use di IKN.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 25 Sep 2024, 13:09 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Hotel Vasanta di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Sabtu (23/9/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan para investor bahwa saat ini merupakan momen yang tepat untuk berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Sebab, kata dia, harga tanah di IKN tahun ini masih murah.

"Hati-hati, harga tanah memang sekarang masih murah, harga tanah masih murah pada tahun ini," kata Jokowi saat groundbreaking proyek Delonix Nusantara di IKN, Kalimantan Timur, Rabu (25/9/2024).

Menurut dia, harga tanah di IKN tahun depan bisa saja melonjak tinggi hingga 10 kali lipat. Untuk itu, Jokowi mengingatkan investor segera menanamkan modal dalam pembangunan IKN.

"Tapi tahun depan kita tidak tahu harga tanah bisa lipat dua kali, lipat 3 kali, lipat 5 kali, lipat 10 kali. Jadi perlu saya ingatkan, kalau mau berinvestasi (di IKN) tahun ini," jelasnya.

Hingga kini, ada tiga proyek asing yang resmi masuk ke IKN. Salah satunya, Delonix Group yang merupakan perusahaan properti asal China yang membangun kawasan mix use di IKN.

Kawasan tersebut dinamakan Delonix Nusantara dengan total nilai investasi Rp500 miliar. Delonix Nusantara dibangun diatas lahan 24.000 meter persegi yang akan dikembangkan menjadi hotel, apartement pusat perbelanjaan, perkantoran, hingga pusat olahraga.

"Artinya, kelihatan sekali bahwa mulai berdatangan investasi dari mancanegara yang memberikan kepercayaan, rasa confident kita bahwa Nusantara adalah lokasi yang sangat menarik bagi investasi," ujar Jokowi.

Menurut dia, Delonix Group merupakan perusahaan asing perintis yang berinvestasi di IKN secara murni dan langsung. Investasi Delonix Group di IKN tak seperti investor lainnya yang bermitra dengan perusahaan dalam negeri.

Jokowi pun meyakini investasi Delonix Group di IKN akan menarik minat para investor asing lainnya untuk berinvestasi di IKN. Dia juga optimistis Delonix Nusantara akan menjadikan IKN sebagai ibu kota masa depan Indonesia.

"Saya yakin dengan bekal pengalaman Delonix yang telah mengoperasikan beragam portofolio mencakup 9 merek inti hotel dan resort ternama, dan lebih dari 1.600 properti hotel di berbagai negara, Delonix Nusantara akan berkembang pesat di IKN dan menjadi bagian dari kemajuan IKN sebagai ibu kota masa depan Indonesia," tutur Jokowi.

 


Investor dari Perusahaan China

Sebagai informasi, investor asing pertama yang berinvestasi secara murni dan langsung di IKN yakni, Delonix Gruop yang merupakan perusahaan asal China.

Sementara itu, dua investor asing bermitra dengan pengusaha lokal yakni, Australian Independent School dan Magnum Estate yang merupakan perusahaan properti Rusia.

Infografis Jokowi Berkantor di IKN Nusantara Jelang Masa Jabatan Berakhir. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya