RAAM Akuisisi 10% Saham Anak Usaha MSIN, Segini Nilainya

PT Tripar Multivision Plus Tbk (RAAM) mengumumkan penyelesaian investasi strategis pada anak usaha PT MNC Digital Entertainment Tbk (MSIN), yakni PT MNC Pictures (MNCP). RAAM mengakuisisi 106.675 saham MNC Pictures senilai Rp 511 miliar.

oleh Pipit Ika Ramadhani diperbarui 25 Sep 2024, 14:45 WIB
Pergerakan saham di BEI, Jakarta, Senin (13/2). Pembukaan perdagangan bursa hari ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tercatat menguat 0,57% atau 30,45 poin ke level 5.402,44. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta PT Tripar Multivision Plus Tbk (RAAM) mengumumkan penyelesaian investasi strategis pada anak usaha PT MNC Digital Entertainment Tbk (MSIN), yakni PT MNC Pictures (MNCP). RAAM mengakuisisi 106.675 saham MNC Pictures senilai Rp 511 miliar.

Dengan transaksi itu, RAAM mengempit 10 persen saham MNC Pictures. Transaksi ini menandai pencapaian yang besar bagi Perseroan karena MNCP kini menjadi bagian dari portofolio RAAM. Kedua perusahaan yakin dengan visi bersama mereka untuk ekspansi bisnis di masa depan dan terus menjajaki peluang pertumbuhan baru bersama.

Kemitraan strategis antara RAAM dan MNCP menyatukan dua kekuatan besar di industri hiburan Indonesia, menciptakan sinergi yang dinamis dalam memproduksi film dan sinetron berkualitas tinggi. Kolaborasi ini memungkinkan distribusi sinetron populer RAAM di berbagai platform media MNCP yang luas, termasuk saluran free-to-air (FTA), pay TV, dan layanan OTT.

"Di sisi lain, MNCP dapat meningkatkan kemampuan produksi filmnya dengan memanfaatkan keahlian RAAM, memastikan aliran konten unggulan yang stabil dan menarik bagi audiens yang lebih luas," mengutip pernyataan manajemen MNCP dalam keterbukaan informasi Bursa, Rabu (25/9/2024).

Di bawah kepemimpinan tokoh industri Ram Punjabi dan Hary Tanoesoedibjo, kemitraan ini siap untuk mendominasi pasar FTA dan bioskop.

Selain itu, pengembangan Movieland sebagai pusat produksi utama akan menjadi proyek kunci di masa depan, menyederhanakan proses produksi, meningkatkan kualitas konten, dan mengurangi biaya, sekaligus memperkuat posisi kepemimpinan mereka di industri media dan perfilman.


MSIN Serap Private Placement Tripar Multivision Plus

Pengunjung melintas dilayar pergerakan saham di BEI, Jakarta, Senin (30/12/2019). Pada penutupan IHSG 2019 ditutup melemah cukup signifikan 29,78 (0,47%) ke posisi 6.194.50. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

PT MNC Digital Entertainment Tbk (MSIN) akan menyerap saham pelaksanaan penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) atau private placement PT Tripar Multivision Plus Tbk (RAAM).

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (13/9/2024), PT Tripar Multivision Plus akan menerbitkan saham baru sebanyak 619.420.000 saham dengan nilai nominal Rp 60 per saham. Penerbitan saham baru itu dalam rangka pelaksanaan private placement. Pada aksi korporasi tersebut, PT MNC Digital Entertainment Tbk akan serap private placement itu dengan harga pelaksanaan Rp 500 per saham.

Pelaksanaan penambahan modal dilakukan pada 23 September 2024, dan hasilnya akan diumumkan pada 25 September 2024.

Dalam keterbukaan informasi BEI, PT MNC Digital Entertainment Tbk juga mengumumkan investasi strategis di PT Tripar Multivision Tbk.

"Akuisisi ini menggaris bawahi keyakinan Perseroan terhadap masa depan industri hiburan dan dedikasi untuk memperluas operasinya di pasar Indonesia,” demikian dikutip dari keterbukaan informasi.

 


Eksplorasi Peluang Baru

IHSG ditutup pada level 7.220,88. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Bersama Tripar Multivision Plus, MNC Digital Entertainment berharap dapat eksplorasi peluang baru, meningkatkan sinergi dan terus memberikan pengalaman hiburan yang tak tertandingi kepada pemirsa lokal dan internasional.

Executive Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo menuturkan, akuisisi RAAM oleh MSIN merupakan pencapaian penting dalam upaya kami untuk memperluas operasi di sektor media dan hiburan Indonesia.

"Saya, dalam beberapa kesempatan memiliki pengalaman yang baik dalam berkolaborasi dengan Raam Punjabi, membangun kemitraan yang kuat selama bertahun-tahun,” ujar Hary.

"Kami sangat senang untuk dapat berkolaborasi dengan RAAM melalui akuisisi ini,” ia menambahkan.

Hary menuturkan, Perseroan akan berusaha untuk lebih meningkatkan kepemimpinan tidak hanya di Indonesia tetapi juga di luar negeri. “RAAM terkenal karena selalu menetapkan tren dan dapat mengantisipasi masa depan hiburan, dan kami ingin terus mendorong pertumbuhan industri kreatif bersama mereka,” ujar dia.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya