Jokowi Curhat Susahnya Bangun IKN: Bangun Rumah Saja Rumit, Apalagi Ibu Kota Negara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencurahkan isi hatinya tentang pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Dia mengatakan ada masa sulit membangun ibu kota baru tersebut.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 25 Sep 2024, 13:50 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjalani hari pertama berkantor di Istana Kepresidenan yang berada di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (29/7/2024). (Foto: Biro Pres).

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencurahkan isi hatinya tentang pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Dia mengatakan ada masa sulit membangun ibu kota baru tersebut.

Dia mengibaratkan kesulitan dalam membangun sebuah rumah yang kerap ditemui. Apalagi, jika skala pembangunannya jauh lebih besar. Ditambah lagi, dengan beban sebagai ibu kota baru Indonesia.

"Membangun rumah saja begitu sangat rumitnya, apalagi ini membangun sebuah ibu kota negara," kata Jokowi dalam peresmian groundbreaking D'Prima Hotel Nusantara, di IKN, Rabu (25/9/2024).

"Negara sebesar Indonesia, bukan sesuatu yang gampang bukan sesuatu yang mudah. Tantangannya banyak hambatannya juga banyak," sambungnya.

Kepala Negara ini menyampaikan, kesulitan lainnya juga dihadapi dalam rencana pemindahan aparatur sipil negara (ASN) ke IKN. Utamanya dalam memastikan ekosistem hunian tersedia secara lengkap.

"Kita mau memindahkan PNS kita ASN kita ke sini aja kita semua harus berhitung. Tidurnya di mana, anak-anaknya sekolah di mana, kalau sakit, rumah sakitnya siap atau tidak siap, Sabtu-Minggu kalau weekend anak-anak diajak bermain ke mana," sebutnya.

Dia berharap, pembangunan IKN dengan beragam fasilitas yang dibangun didalamnya bisa menjadi ekosistem yang lengkap.

"Inilah ekosistem yang ingin kita bangun agar betul-betul nanti berjalan dalam kehidupan sehari-hari seperti ibu kota-ibu kota negara lainnya," tegas Jokowi.

 


Resmikan Pembangunan Hotel D'Prima

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akhirnya melakukan pendaratan perdana di Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Selasa (24/9/2024). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangunan hotel oleh D'Prima Hotel berkelas bintang 3 di Ibu Kota Nusantara (IKN). Targetnya pembangunan hotel itu akan membutuhkan waktu selama 1 tahun.

Dia mengapresiasi hadirnya investasi dari pengusaha lokal yang masuk ke IKN dalam membangun hotel. Setelah pembangunan sejumlah hotel bintang 5 dan bintang 4, kini diresmikan pembangunan hotel berkelas bintang 3.

"Hari ini d'prima Hotel, budget hotel yang akan mulai dibangun ini akan melengkapi memberikan variasi pilihan-pilihan bagi masyarakat yang akan ke Ibu Kota Nusantara," kata Jokowi dalam peresmian peletakan batu pertama atau groundbreaking D'Prima Hotel Nusantara di IKN, Rabu (25/9/2024).

Dia mengatakan, hotel ini akan dibangun sebanyak 154 kamar dengan investasi sekitar Rp 100 miliar. Proses pembangunan pun rencananya memakan waktu selama 12 bulan.

 


Pembangunan Tak Lama

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Hotel Vasanta di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Sabtu (23/9/2023).

Jokowi bilang, dalam pembangunan tak memerlukan waktu yang terlalu lama. Dengan target itu, maka bisa dibuktikan kalau pengerjaan benar-benar dilakukan.

"Kita harapkan segera selesai, tadi Pak Frans menyampaikan kepada saya 'setahun pak selesai,' kerja ya seperti itu jangan bertahun-tahun, setahun, 8 bulan 9 bulan, itu baru kerja," tegasnya.

Kepala Negara ini bilang, D'Prima Hotel Nusantara ini memiliki jaringan hotel lokal terkemuka yang telah memiliki 19 hotel di Tanah Air Indonesia.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada pagi hari ini peletakan batu pertama ground breaking d'prima Hotel nusantara secara resmi saya nyatakan dimulai," pungkasnya.

Infografis Jokowi Berkantor di IKN Nusantara Jelang Masa Jabatan Berakhir. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya