5 Manfaat Bermain Catur yang Jarang Orang Ketahui, Salah Satunya Mencegah Penyakit Alzheimer

Bermain catur memberikan manfaat yang baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir dan daya ingat seseorang. Selain itu, olahraga ini dapat mengurangi risiko penyakit yang mungkin terjadi saat usia lanjut.

oleh Cicilia Afrilia Damayanti Simbolon diperbarui 25 Sep 2024, 17:05 WIB
Ilustrasi risiko, bermain catur. (Photo by JESHOOTS.COM on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Catur adalah olahraga dan juga permainan yang dimainkan di atas papan persegi terdiri dari 64 kotak dengan 32 catur. Untuk membedakan satu dengan yg lainnya ditandai dengan perbedaan warna pada buah catur yaitu hitam dan putih.

Bermain catur adalah olahraga yang lebih sering dilakukan di dalam ruangan dengan keadaan hening saat sedang berlangsung. Hal ini dilakukan untuk menciptakan situasi kondusif dan menjaga konsentrasi para pemainnya.

Pemain catur dianggap menang jika berhasil menangkap raja lawan yang biasanya disebut sebagai “Skakmat” raja. Bermain catur berbeda dengan bermain olahraga lainnya. Sebab otak akan lebih banyak bekerja dibandingkan dengan otot-otot tubuh. Disamping itu terdapat beberapa manfaat yang ditawarkan jika Anda memiliki kebiasaan bermain catur seperti yang dilansir dari Better Sea Chess Club, Rabu (25/09/2024) berikut ini.

1. Meningkatkan Kognitif

Catur merupakan olahraga yang memainkan otak. Jenis olahraga ini berupa permainan sains. Ketika Anda bermain catur kognitif Anda akan bekerja. Hal ini yang membut otak memerintahkan untuk berpikir.

Bermain catur dapat meningkatkan kemampuan kognitif seseorang. Dalam olahraga ini memainkan peran otak dalam menghadapi beberapa hipotesis yang harus mereka buktikan atau abaikan. Akitivitas semacam ini memberikan manfaat bagi keterampilan dalam membuat strategi dan mengambil keputusan.


2. Meningkatkan Konsentrasi

“Good Timing” pada otak telah terbentuk sejak dini, jika kamu sedari kecil mudah berkonsentrasi sejak pagi maka kebiasaan ini akan terbawa hingga dewasa (Foto: Unsplash.com/Kyle Gregory Devaras)

Saat bermain catur seseorang harus menentukan strategi untuk mematikan daerah area lawan dengan melakukan skakmat. Untuk memperoleh hal tersebut seseorang harus memfokuskan diri ke permainan. Jika Anda tidak memiliki fokus yang baik saat bermain, maka bersiaplah untuk kalah.

Seseorang yang senang bermain catur pasti memiliki fokus yang baik. Bermain catur dapat meningkatkan konsentrasi seseorang. Mereka tidak mudah terpengaruh untuk membagi fokusnya kepada lingkungan sekitar.


3. Meningkatkan Daya Ingat

Ilustrasi Tertawa Credit: unsplash.com/Candice

Bermain catur dapat meningkatkan daya ingat. Saat bermain catur seorang pemain akan melibatkan otaknya untuk menghafal berbagai kombinasi langkah dan kemungkinan hasil. Hal ini yang membuktikan bahwa seorang pemain catur memiliki kapasitas memori yang cukup baik.

Tidak hanya menghapal berbagai kombinasi, permain catur juga dapat mengingat dan mengenali pola visual secara cepat. Menurut penelitian menghapal posisi catur adalah sesuatu yang sulit. Maka dari itu ketika Anda bermain catur, Anda telah berupaya meningkatkan daya ingat Anda.


4. Mengembangkan IQ

Ilustrasi Computerized Tests. (Foto: Unsplash/Annie Spratt)

Beberapa penelitian mengatakan bahwa bermain catur dapat meningkatkan IQ seseorang. Hal ini merupakan manfaat utama bermain catur. Dalam permainan catur seorang pemain memiliki keterampilan membaca, matematika, dan bahasa yang meningkat.

Bermain catur memberikan keterampilan dalam berpikir di dua area memori yaitu area kecerdasan cair dan area kecepatan proses. Area kecerdasan cair meliputi kemampuan meyelesaikan dan mempertimbangkan jenis masalah baru dengan menggunakan penalaran. Sedangkan, kecerdasan proses adalah kemampuan dalam memahami dan mengerjakan tugas serta tantangan dengan cepat secara efisien.


5. Mencegah Penyakit Alzheimer

Ilustrasi Penderita Alzheimer Credit: unsplash.com/Clement

Berdasarkan studi The New England Journal of Medicine mengatakan bahwa catur mampu memberikan kesehatan pada penyakit Alzheimer. Seseorang yang telah lama bermain catur akan lebih siap untuk melawan penyakit yang menyerang mental dan daya ingat seperti Alzheimer serta demensia. Hal ini terjadi karena saat bermain catur kemampuan kognitif seseorang telah terlatih.

Ini membuktikan bahwa bermain catur memberikan manfaat berkelanjutan hingga usia lanjut. Sehingga, mereka tetap memiliki daya ingat yang baik saat menjelang usia lanjut. Berbeda dengan mereka yang tidak pernah melatih kemampuan otaknya akan lebih mudah terserang penyakit Alzheimer dan demensia.

Alzheimer bisa dicegah sejak dini dengan pola hidup sehat, olahraga rutin, gizi makanan seimbang, pikiran positif dan aktivitas produktif.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya