Paus Fransiskus Tawarkan Perlindungan Vatikan bagi Aung San Suu Kyi yang Dipenjara di Myanmar

Paus Fransiskus telah mengusulkan kepada Vatikan untuk memberinya perlindungan di wilayah kami

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 25 Sep 2024, 14:43 WIB
Paus Fransiskus dan Aung San Suu Kyi. (AP/File)

Liputan6.com, Vatikan - Paus Fransiskus menawarkan perlindungan di wilayah Vatikan bagi mantan pemimpin Myanmar yang ditahan Aung San Suu Kyi, kata media Italia pada hari Selasa.

"Saya meminta pembebasan Aung San Suu Kyi dan saya bertemu putranya di Roma. Saya telah mengusulkan kepada Vatikan untuk memberinya perlindungan di wilayah kami," kata Paus Fransiskus, menurut laporan pertemuannya dengan para Yesuit di Asia selama perjalanan ke sana awal bulan ini seperti dikutip dari AFP, Rabu (25/9/2024).

Koran harian Corriere della Sera menerbitkan sebuah artikel dari pendeta Italia Antonio Spadaro yang memberikan kutipan dari pertemuan pribadi, yang berlangsung di Indonesia, Timor Timur, dan Singapura antara tanggal 2 dan 13 September 2024.

"Kita tidak bisa tinggal diam tentang situasi di Myanmar saat ini. Kita harus melakukan sesuatu," kata Paus seperti diberitakan media.

"Masa depan negara Anda seharusnya adalah masa depan perdamaian yang didasarkan pada rasa hormat terhadap martabat dan hak setiap orang dan rasa hormat terhadap sistem demokrasi yang memungkinkan setiap orang berkontribusi untuk kebaikan bersama."

Suu Kyi yang berusia 79 tahun, menjalani hukuman penjara 27 tahun atas berbagai tuduhan mulai dari korupsi hingga tidak mematuhi pembatasan pandemi COVID. Kelompok hak asasi manusia mengatakan persidangan tertutupnya adalah tipuan yang dirancang untuk menyingkirkannya dari panggung politik.

Sejauh ini belum ada tanggapan dari juru bicara junta militer untuk memberikan komentar tentang tawaran dari Paus Fransiskus untuk Aung San Suu Kyi.

 


Terima Kasih dari Putra Aung San Suu Kyi

Aung San Suu Kyi (AFP)

 

Putra Suu Kyi, Kim Aris, mengatakan kepada AFP bahwa ia yakin ibunya akan berterima kasih atas tawaran tersebut.

"Saya yakin Maymay akan mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Paus Fransiskus karena mendesak junta militer untuk membebaskannya dan usulannya kepada Vatikan untuk memberinya perlindungan," kata Kim Aris menggunakan kata dalam bahasa Burma (Maymay) untuk ibu.

"Meskipun demikian, saya ragu junta akan mempertimbangkan permintaan tersebut, karena mereka tetap khawatir dengan popularitas Maymay di kalangan masyarakat Burma, bahkan dari luar negeri."

Pada tahun 2015, National League for Democracy atau Partai Liga Nasional untuk Demokrasi milik Suu Kyi memenangkan pemilihan demokratis pertama di Myanmar dalam 25 tahun.

Militer menangkapnya saat melancarkan kudeta pada tahun 2021 dan media lokal mengatakan bahwa dia menderita masalah kesehatan selama ditahan.

Peraih Nobel Perdamaian tahun 1991 ini pernah dipuji sebagai pelopor hak asasi manusia.

Namun, dia kehilangan dukungan di antara pendukung internasional pada tahun 2017, dituduh tidak melakukan apa pun untuk menghentikan tentara menganiaya minoritas Rohingya yang sebagian besar Muslim di negara itu.

Tindakan keras tersebut menjadi subjek investigasi genosida Perserikatan Bangsa-Bangsa yang sedang berlangsung dan penganiayaan terus berlanjut, menurut pengungsi Rohingya di negara tetangga Bangladesh.

Kendati demikian, Suu Kyi tetap populer di Myanmar yang mayoritas beragama Buddha, yang telah dilanda kekacauan sejak kudeta tahun 2021, dengan junta yang memerangi kelompok pemberontak etnis yang mapan dan pasukan pro-demokrasi yang lebih baru.

Infografis Penangkapan Aung San Suu Kyi dan Kudeta Militer Myanmar. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya