Belum Main di Serie A, Eks Bintang Manchester United Sudah Putuskan Bakal Gantung Sepatu

Eks bintang Manchester United Raphael Varane kabarnya telah memutuskan untuk gantung sepatu setelah dirinya dilanda problem cedera yang membuat dia dicoret dari skuad Como 1907 untuk paruh pertama Liga Italia Serie A 2024/2025.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 25 Sep 2024, 18:30 WIB
Bek MU, Raphael Varane menahan sakit karena cedera dalam laga melawan Chelsea, Minggu (23/10/2022). (AP Photo/Frank Augstein)

Liputan6.com, Jakarta Eks bintang Manchester United Raphael Varane kabarnya sudah memutuskan bakal pensiun dari dunia sepak bola. Keputusan ini sekaligus mengakhiri karier profesionalnya yang gemilang usai sempat memperkuat klub raksasa Eropa Real Madrid dan Manchester United.

Isu soal berakhirnya kiprah Varane sebagai pemain memang sudah lama berembus usai dia dicoret dari skuad Como 1907 untuk paruh pertama Liga Italia Serie A 2024/2025. Pesepak bola berusia 31 tahun sejatinya sempat diturunkan sebagai starter saat tim asuhan Cesc Fabregas melawan Sampdoria di Coppa Italia pada 12 Agustus lalu.

Akan tetapi, Varane kala itu cuma merumput selama 23 menit, sebelum terpaksa ditarik keluar akibat cedera kaki. Eks pemain Manhester United semula diperkirakan cuma absen sebulan, tetapi hasil pemeriksaan menyeluruh menunjukkan masalah yang dideritanya cukup serius.

Alhasil, Como 1907 yang baru promosi ke kasta tertinggi Italia musim ini memutuskan untuk tidak memasukkan nama Varane dalam daftar skuadnya di paruh pertama kampanye 2024/2025.Slot lantas diberikan ke pemain lain. Walau begitu pihak klub masih bisa mengikutsertakan Varane jika dia sudah pulih saat bursa transfer musim dingin.

Hanya saja, laporan Matteo Moretto yang dilansir dari Football Transfers belum lama ini mengungkap Raphael Varane nampaknya bakal mengakhiri karier sepak bolanya lebih cepat.

Menurut Le Parisien, sang pemain sudah di ambang keputusan mengakhiri kontraknya dengan Como yang baru ditandatangani musim panas kemarin dan sedianya masih berlaku hingga 2026 mendatang.

"Raphael Varane akan pensiun dari dunia sepak bola. Keputusan sudah dia buat," lapor Moretto melalui cuitannya di X ada Rabu (25/9/2024).


Cedera Jadi Alasan

Pemain Como, Raphael Varane. (X/Como)

Tak dapat dimungkiri, masalah cedera memang jadi alasan di balik keputusan besar yang diambil Varane. Menukil pemberitaan Football Transfers, pria yang sebelumnya dilepas sebagai agen bebas oleh MU itu memang sudah dirundung problem kebugaran dalam beberapa tahun terakhir.

Di level internasional, Varane yang merupakan jebolan akademi Lens masih sempat memperkuat Timnas Prancis sampai Piala Dunia 2022.

Namun, ajang itu menjadi turnamen terakhir sang pemain bersama Les Bleus, dengan dia memilih untuk mengakhiri karier internasional demi memperpanjang napas di klub.


Prestasi Raphael Varane

Tahun 2018 jadi periode paling spesial dalam perjalan karier Raphael Varane. Bek berusia 28 tahun itu juara Liga Champions bersama Real Madrid usai menaklukkan Liverpool 3-1. (AFP/Franck Fife)

Terlepas dari rencananya untuk pensiun di usia 31 tahun, Raphael Varane layak dicap sebagai salah satu bek legendaris Eropa berkat deretan prestasi yang mampu dicatatkannya sepanjang karier profesional.

Mengutip data di situs Transfermarkt, pemain asal Prancis telah mengoleksi masing-masing 4 gelar Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub serta 3 trofi LaLiga, Spanish Super Cup, dan UEFA Super Cup yang semuanya diraih bersama Real Madrid.

Di Manchester United, Raphael Varane pernah membantu tim menyabet gelar Carabao Cup 2022/2023, dengan dia diturunkan sebagai starter serta bermain penuh waktu sepanjang pertadingan. Sebelum meninggalkan Old Trafford, Varane juga sempat mengecap trofi Piala FA 2023/2024 usai mengalahkan rival sekota Manchester City di partai final.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya