Prabowo Datangi Raker Komisi I DPR, Seluruh Fraksi Hadir

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menghadiri Rapat Kerja Komisi I DPR RI, pada Rabu.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 25 Sep 2024, 15:46 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menghadiri Rapat Kerja Komisi I DPR RI, pada Rabu (25/9/2024).
Liputan6.com, Jakarta -

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menghadiri Rapat Kerja Komisi I DPR RI, pada Rabu (25/9/2024).

Pantauan Liputan6.com, Prabowo hadir sekitar pukul 14:55 WIB mengenakan jas hitam berdasi biru muda. Ia disambut oleh anggota legislatif dari Partai Gerindra dan pimpinan Komisi I DPR.

"Seluruh fraksi hadir, 40 orang (anggota) ini angka kehadiran tertinggi dalam satu tahun terakhir,” kata Ketua Komisi I Meutya Hafid saat membuka Rapat, Rabu (25/9/2024).

Tepuk tangan terdengar saat Meutya mengatakan hal tersebut.

Sebelumnya, kehadiran Prabowo adalah yang pertama kali usai sekian lama absen dari rapat Komisi I. "Insya Allah (datang),” kata Anggota Komisi I DPR Dave Laksono saat dikonfirmasi, Rabu (25/9/2024).

Berdasar informasi yang diterima, agenda Raker yang akan dihadiri Prabowo adalah Raker Komisi I DPR RI dengan Menhan, Menlu, dan Menkuham Dalam Rangka Pembicaraan Tingkat I Terhadap 5 RUU Kerjasama Bidang Pertahanan, dengan  acara Pembicaraan Tingkat I/ Pengambilan Keputusan.

Menurut Dave, rapat hari ini juga adalah rapat terkahir Prabowo sebagai Menhan bersama DPR periode 2019-2024.

“Iya (rapat) terakhir, kan minggu depan, DPR baru sudah dilantik,” pungkasnya.

 
 

Sempat Absen Beberapa Kali Rapat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (27/1/2022). Rapat meminta persetujuan DPR untuk penjualan eks KRI Teluk Mandar 514 dan KRI Teluk Penyu 513. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Diketahui, Komisi I DPR menggelar rapat kerja dengan Kementerian Pertahanan, Kementerian Keuangan, dan Panglima TNI dengan agenda membahas Surat Menteri Pertahanan perihal Persetujuan Penerimaan Hibah Alpalhankam dari dan/ke Luar Negeri, dan Persetujuan Penerimaan Hibah Alpalhankam dari Luar Negeri.

Namun, Menhan Prabowo Subianto kembali absen dalam rapat kerja Komisi I DPR RI. Prabowo hanya diwakili Wamenhan Muhammad Herindra. 

Diketahui, Prabowo absen dalam rapat dengan Komisi I bukan untuk pertama kali. Berdasar catatan, Prabowo terakhir kali menghadiri rapat kerja Komisi I pada 2022 lalu, tepatnya raker Senin 26 September 2022. 

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid menjelaskan, alasan Prabowo kerap absen rapat bersama Komisi I. Menurut Meutya, Prabowo tak hadir karena memiliki agenda lain yang jadwalnya bertabrakan.

“Menhan berhalangan hadir diwakili oleh Pak Wamenhan. Alasannya ada agenda, ya, yang sudah terjadwal di waktu yang bersamaan," kata Meutya di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (6/6/2024).

Infografis Prabowo Akan Ajak Sebagian Menteri Jokowi di Kabinetnya. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya