Usai PON, Tarif Tol Tebing Tinggi-Serbelawan-Sinaksak Tetap Gratis

PT Hutama Marga Waskita (Hamawas) tetap mengoperasikan Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (Kutepat) seksi 3 Tebing Tinggi-Dolok Merawan, dan sebagian seksi 4 Sinaksak-Dolok Merawan sepanjang 45,6 km tanpa tarif alias gratis.

oleh Maulandy Rizki Bayu Kencana diperbarui 25 Sep 2024, 16:30 WIB
Selama dibuka secara fungsional, Ruas Tebing Tinggi-Sinaksak tidak dikenakan tarif alias Rp 0, alias gratis (Dok: Hutama Karya)

Liputan6.com, Jakarta PT Hutama Marga Waskita (Hamawas) tetap mengoperasikan Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (Kutepat) seksi 3 Tebing Tinggi-Dolok Merawan, dan sebagian seksi 4 Sinaksak-Dolok Merawan sepanjang 45,6 km tanpa tarif alias gratis.

Sebelumnya, ruas tol tersebut telah dibuka secara fungsional tanpa tarif pada 11--20 September 2024, guna mendukung gelaran PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Direktur Utama Hamawas Dindin Solakhuddin mengatakan, saat ini pihaknya telah mengantongi Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 2373/KPTS/M/2024 tanggal 9 September 2024, tentang Penetapan Pengoperasian Junction Tebing Tinggi, Seksi 3 (Junction Tebing Tinggi-Interchange Dolok Merawan dan Sebagian Seksi 4 (Interchange Dolok Merawan-Interchange Sinaksak) Pada Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat.

"Jalan tol ini resmi beroperasi tanpa tarif, setelah sebelumnya dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada 10-12 Juni 2024. Sebelumnya jalan tol ini telah difungsionalkan untuk mendukung arus balik pada hari-hari besar keagamaan," ujar Dindin, Rabu (25/9/2024).

Lebih lanjut, Dindin menambahkan, antusiasme pengguna jalan terhadap ruas tol Tebing Tinggi-Sinaksak cukup besar. Lantaran dinilai mempercepat mobilitas orang dan barang dari Medan Raya menuju Kabupaten Simalungun dan Destinasi Wisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba.

Adapun pengoperasian ruas jalan tol ini diawali dengan sosialisasi penggunaan kartu uang elektronik, dikarenakan pengguna jalan tol yang melintas tetap harus melakukan tapping kartu uang elektronik.

Dindin menyampaikan, selama dibuka secara fungsional dalam mendukung gelaran PON XXI Aceh-Sumut 2024 volume lalu lintas ruas Tol Tebing Tinggi-Sinaksak sebanyak 19.910 ribu kendaraan.

"Melihat antusiasme yang cukup besar di ruas tol ini, kami berharap trafik diruas tol ini akan tinggi. Saat ini jalan Tol Tebing Tinggi-Serbelawan-Sinaksak masih beroperasi tanpa tarif. Sehingga ini merupakan momen yang tepat bagi masyarakat untuk merasakan manfaat ruas tol ini sebagai jalur transportasi yang waktu tempuhnya lebih cepat dan aman," tuturnya.


Tol Ciawi-Sukabumi Seksi Cigombong-Cibadak Kembali Dibuka Gratis

Kondisi jalan tol Ciawi-Sukabumi seksi I Ciawi-Cigombong, Kab Bogor, Jawa Barat, usai diresmikan, Sabtu (1/12). Ruas panjang tol Ciawi-Sukabumi Seksi I Ciawi-Cigombongsejauh 15,3 kilometer. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

PT Trans Jabar Tol (TJT) selaku selaku badan usaha Jalan Tol Ciawi-Sukabumi melakukan pengoperasian kembali ruas Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 Cigombong-Cibadak secara fungsional tanpa tarif pada Selasa, 24 September 2024 pukul 17.55 WIB.

Pengoperasian fungsional tanpa tarif atau tol gratis ini dilakukan kembali setelah sebelumnya Seksi 2 tersebut ditutup pada bulan April lalu. Sebelumnya, Seksi 2 Cigombong-Cibadak juga telah dioperasikan fungsional tanpa tarif sejak 6 Agustus 2023, namun sempat ditutup untuk dilakukan penanganan permanen pada Km 64+400. Saat ini, progresnya telah mencapai 100 persen.

"Kami berharap dengan beroperasinya kembali Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 (Cigombong-Cibadak) dapat kembali mempermudah akses masyarakat dari dan menuju Sukabumi yang sebelumnya sempat terganggu, serta menjadikan waktu tempuh perjalanan kembali lebih singkat," ujar Direktur Utama PT Trans Jabar Tol Abdul Hakim Supriyadi, Rabu (25/9/2024).Jalan Tol Ciawi-Sukabumi memiliki total panjang 54 km dan telah dibangun sepanjang 27,25 km. Terbagi menjadi dua tahap, yakni Seksi 1 (Ciawi-Cigombong) sepanjang 15,35 km yang telah beroperasi sejak 2018. Kemudian Seksi 2 (Cigombong-Cibadak) sepanjang 11,9 km yang sebelumnya telah beroperasi tanpa tarif sejak 6 Agustus 2023.

Abdul Hakim menyebut, dengan dibukanya seksi 2 tersebut akan membuat perjalanan dari Cigombong menuju ke Cibadak yang awalnya ditempuh dalam 1 jam menjadi 10 menit. "Seksi 2 ini juga sangat bermanfaat utamanya bagi pengendara yang menuju Pelabuhan Ratu serta Kota Sukabumi," sambungnya.

 


Proyek Infrastruktur

Pengendara mobil melintasi ruas Jalan Tol Bogor Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi II di kawasan Cicurug-Cibadak, Sukabumi, Jawa Barat, Munggu (25/12/2022). Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Jalan Tol Bocimi seksi II dibuka secara fungsional sejak 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023 yang bertujuan untuk mengantisipasi adanya lonjakan arus mudik dan balik dari Jabodetabek ke wilayah Sukabumi. (merdeka.com/Arie Basuki)

Ia berharap Jalan Tol Ciawi-Sukabumi menjadi proyek infrastruktur yang dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat Jawa Barat, khususnya wilayah Bogor dan Sukabumi. "Tol Ciawi-Sukabumi hadir meningkatkan konektivitas dari Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi). Sehingga menjadi alternatif jalur distribusi logistik yang efisien dari Sukabumi menuju Bogor dan Jakarta," imbuhnya.

Selain dapat meningkatkan konektivitas, hadirnya Tol Ciawi-Sukabumi juga turut mendukung pengembangan wilayah serta pemerataan ekonomi daerah. Melalui sejumlah destinasi wisata yang populer di Bogor dan Sukabumi, seperti Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido, Geopark Ciletuh, Kawasan Pelabuhan Ratu, hingga Situ Gunung.

Dampak lain yang dirasakan adalah berkurangnya kepadatan lalu lintas di jalan nasional serta meningkatkan daya saing Kota dan Kabupaten Sukabumi. Itu diyakini berujung pada pertumbuhan ekonomi yang akan dirasakan oleh masyarakat luas.

"Tol Bocimi sendiri juga akan diproyeksikan menjadi salah satu gerbang masuk ke wilayah Jabodetabek dari arah selatan," pungkas Abdul Halim.

infografis Tarif Tol Dalam Kota Naik

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya