Alasan RK-Suswono Pilih Ziarah Kubur di Hari Pertama Kampanye Pilkada Jakarta

Ridwan Kamil meyakini, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya. Dia pun mengutip pernyataan Bung Karno soal ‘Jas Merah’ atau jangan sekali kali melupakan sejarah.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 25 Sep 2024, 18:31 WIB
Ridwan Kamil menjelaskan, ia memilih berziarah ke makam Muhammad Husni (MH) Thamrin dan lainnya sebagai langkah awal kampanye karena menganggap mereka adalah sosok penting dalam sejarah Jakarta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil (RK) memilih agenda ziarah kubur di agenda kampanye perdananya di Pilkada Jakarta 2024 bersama Calon Wakil Gubernurnya Suswono, dengan menyambangi Taman Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak.

“Sesuai adatnya syariatnya memulai titik perjalanan adalah dengan mengunjungi sejarah, tokoh bangsa, tokoh Betawi, tokoh Jakarta yang tentunya menjadi awal dari sebuah proses yang niatnya baik,” kata RK kepada awak media di Jakarta, Rabu (25/9/2024).

RK meyakini, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya. Dia pun mengutip pernyataan Bung Karno soal ‘Jas Merah’ atau jangan sekali kali melupakan sejarah.

“Tidak ada hari ini tanpa masa lalu dan tidak ada masa depan tanpa hari ini,” ungkap RK.

RK berpesan, adanya hari ini datang dari kerja-kerja masa lalu para pahlawan dan adanya masa depan adalah desain yang lebih baik dari hari ini.

“Jangan pernah melupakan sejarah dari sejarah kita akan mendesain sejarah baru di masa depan lima tahun ke depan,” RK menandasi.

 


RK-Suswono Ziarah ke Makam MH Thamrin di TPU Karet Bivak

Ridwan Kamil juga mengatakan pihaknya berkomitmen memperjuangkan nilai-nilai serupa dengan MH Thamrin. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Diketahui, kampanye Pilkada serentak 2024 dimulai perdana hari ini, Rabu, 25 September 2024. Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1, Ridwan Kamil (RK)-Suswono atau RIDO memulai hari pertama kampanye dengan berziarah ke makam tokoh nasional, Mohamad Hoesni (MH) Thamrin di Tempat Pemakaman Umum Karet Bivak Jakarta Pusat.

"Kami akan memulai (kampanye), kami berdua akan berziarah ke makam Mohammad Hoesni Thamrin," kata Ridwan Kamil di Jakarta, Rabu (25/9/2024).

RK menambahkan, setelah berziarah, dirinya dan Suswono akan berbagi tugas. Keduanya akan memiliki kegiatan kampanye masing-masing.

"Kami berpisah ke seluruh penjuru mata angin karena harus bagi-bagi jadwal dengan pak wagub saya," ujar RK.

 


Kampanye Dilakukan Terbuka

Eks Gubernur Jawa Barat itu menekankan, seluruh rangkaian kampanye akan dilakukan terbuka. Dia menjamin akan banyak terjun menyapa warga Jakarta.

"Kampanye tatap muka, bertegur sapa, blusukan, untuk menyampaikan pesan-pesan dalam kampanye pasangan RIDO," RK menandasi.

Sebagai informasi, pantauan di lokasi, keduanya tiba secara terpisah. RK tiba lebih dulu sekira pukul 08.45 WIB kemudian disusul Suswono pada pukul 09.05 WIB. Keduanya langsung berjalan ke makam MH Thamrin dan berdoa.

Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya