Pelatihan Keterampilan Digital Gratis untuk Para Ibu Lewat Supermom, Bisa Buat Mencari Penghasilan Tambahan

Supermom meluncurkan proyek 1MPACT yang bertujuan memberdayakan satu juta ibu di Indonesia melalui peningkatan keterampilan digital untuk mendapat penghasilan tambahan keluarga. Program ini telah diluncurkan secara sejak 3 Juli 2024.

oleh Henry diperbarui 25 Sep 2024, 20:39 WIB
Gakkumn LHK Bongkar Sindikat Kayu Ilegal Kalimantan, Tersangka Terandam Pidana 5 Tahun Penjara dan Denda Rp3,5 Miliar. foto: Supermom

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu jaringan komunitas parenting terbesar di Asia Tenggara, Supermom meluncurkan proyek 1MPACT yang bertujuan memberdayakan satu juta ibu di Indonesia melalui peningkatan keterampilan digital untuk mendapat penghasilan tambahan keluarga. Program ini telah diluncurkan secara resmi sejak 3 Juli 2024 lalu dan akan berjalan selama 18 bulan hingga Desember 2025 mendatang.

Pelatihan gratis yang diberikan meliputi beberapa topik seperti bagaimana menjadi Content Creator, Affiliate Seller, Product Reviewer atau Panel Survey. Setelah melalui rangkaian pelatihan, peserta berkesempatan untuk dapat mengikuti berbagai kampanye merek (brand campaign) yang disediakan untuk peserta Project 1MPACT.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Rabu (25/9/2024), Country Director Supermom Indonesia, Hellen Katherina, mengungkapkan bahwa peluncuran Project 1MPACT ini didasari oleh kegelisahan Supermom Indonesia terhadap rendahnya literasi digital diantara para Ibu.

"Pemerintah Indonesia memproyeksi pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia akan menembus angka USD 228 miliar pada 2027 dan menjadi salah satu kontributor terbesar di GDP Indonesia. Dalam konteks tersebut, kami ingin memastikan bahwa para Ibu di Indonesia bisa merasakan dampak positifnya secara langsung bagi kesejahteraan keluarga mereka,” jelas Hellen Katherina.

Pelaksanaan Project 1MPACT ini didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia bersama beberapa mitra strategis seperti Indonesian Digital Association (IDA) sebagai Supporting Association Partner serta beberapa Supporting Brands seperti Lazada, Zurich, dan Bank Mandiri.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno menyambut baik upaya Supermom Indonesia melalui inisiatif Project 1MPACT.

"Project 1MPACT ini sejalan dengan komitmen Kemenparekraf untuk mengatasi kekurangan talenta digital melalui capaian target nasional untuk memiliki 9 juta talenta digital pada 2030. Kehadiran Project 1MPACT ini kami harapkan dapat menciptakan peluang ekonomi baru, memperkuat peran wanita dalam sektor digital, dan mendukung pertumbuhan ekonomi digital secara keseluruhan," ucap Sandiaga Uno.

 


a

Gakkumn LHK Bongkar Sindikat Kayu Ilegal Kalimantan, Tersangka Terandam Pidana 5 Tahun Penjara dan Denda Rp3,5 Miliar. foto: Supermom

Hal tersebut juga diamini oleh Direktur Tata Kelola Ekonomi Digital Kemenparekraf RI, Yuana Rochma Astuti. Menurutnya, untuk mencapai target tersebut, Indonesia memerlukan tambahan sekitar 600 ribu talenta digital setiap tahunnya. Saat ini, lembaga Pemerintahan baru mampu memenuhi sekitar 200 ribu talenta.

Dengan gap 400 ribu talenta pertahun, dukungan terhadap Project 1MPACT diharapkan dapat memberikan solusi melalui pelatihan literasi digital dan pengembangan kewirausahaan. Sementara itu, Ketua Umum Indonesia Digital Association (IDA), Dian Gemiano mengungkapkan bahwa, salah satu faktor penentu pertumbuhan industri digital Indonesia adalah ketika populasi Indonesia semakin melek digital.

Pentingnya peranan Ibu dalam keluarga mempengaruhi pembuatan keputusan dimulai dari pola pendidikan, konsumsi, termasuk pemanfaatan media digital. Maka pemahaman seorang Ibu terhadap media digital secara langsung akan berpengaruh terhadap pertumbuhan industri ini.”

Lebih lanjut, Rolland Setiawan, Vice President Retail Deposit Product and Solution Bank Mandiri, mengungkapkan bahwa Project 1MPACT ini selaras dengan upaya Bank Mandiri untuk meningkatkan literasi keuangan di Tanah Air, melalui pengelolaan keuangan yang sesuai dengan kebutuhan dan tantangan di masa mendatang.

Di sisi yang lain, PT Zurich Topas Life dan Lazada Indonesia juga turut menjalin kerja sama strategis terhadap Project 1MPACT dengan memberdayakan para ibu yang telah mengikuti pelatihan untuk menjadi affiliator dari produk mereka. 


Komunitas Supermom

Gakkumn LHK Bongkar Sindikat Kayu Ilegal Kalimantan, Tersangka Terandam Pidana 5 Tahun Penjara dan Denda Rp3,5 Miliar. foto: Supermom

"Kami berharap bahwa Project 1MPACT dapat menjadi katalisator dalam mendorong inklusi digital di Indonesia, khususnya bagi segmen ibu dan keluarga. Dengan semakin banyaknya ibu yang terlibat dalam ekonomi digital, kami percaya bahwa mereka akan dapat berperan lebih aktif dalam menggerakkan perekonomian, baik sebagai konsumen maupun sebagai pengusaha mikro," kata Kabilarang Sinabang selaku Head of Corporate Strategy, PT Zurich Topas Life.

Sementara Evelyn Yonathan, Chief People Officer Lazada Indonesia menyatakan, “Lazada secara aktif mendukung perkembangan talenta-talenta digital lewat berbagai inisiatif, salah satunya program affiliate marketing Lazada, Laz Affiliates.”

Pelatihan gratis Project 1MPACT tersebut akan dibantu oleh para ‘Mombassador’ Supermom yang telah diseleksikan dari jutaan member komunitas Supermom, di mana para ‘Mombassador’ tersebut akan berperan sebagai mentor bagi para peserta dalam mempelajari berbagai modul digital yang telah disiapkan untuk membimbing para Ibu menjadi Key Opinnion Mothers (KOM) di masa yang akan datang

Cinta Marezi, salah satu Mombassador Supermom yang turut berkontribusi sebagai mentor Project 1MPACT mengatakan, Project 1MPACT sangat membantu para ibu yang ingin meningkatkan pemahaman literasi dunia digital dan juga para ibu yang tertarik mencari penghasilan tambahan melalui platform digital.  Selain itu, project ini juga menciptakan komunitas ibu yang sehat dan suportif, serta menambah nilai (value) dalam diri juga pengalaman baru yang mungkin sebelumnya belum pernah dilakukan.


Wanita yang Berdaya Saing di Ranah Digitalisasi

Gakkumn LHK Bongkar Sindikat Kayu Ilegal Kalimantan, Tersangka Terandam Pidana 5 Tahun Penjara dan Denda Rp3,5 Miliar.  foto: Supermom

Pernyataan Cinta Marezi juga turut dibenarkan oleh Intan Mustika, seorang Mombassador lainnya. Menurutnya, mentoring yang dilaksanakan dalam Project 1MPACT ini merupakan kesempatan terbaik untuk memperkuat jati dirinya sebagai wanita yang berdaya saing di ranah digitalisasi.

Sampai saat ini, sudah hampir 10.000 Ibu terdaftar sebagai partisipan dalam Project 1MPACT dengan jumlah Mombassador mendekati 100 orang. Dalam menyukseskan terlahirnya satu juta Key Opinion Mothers (KOM) melalui Project 1MPACT, selain berbagai pihak yang disebutkan di atas, Supermom senantiasa membuka ruang-ruang sinergi bagi para brand di Indonesia melalui penjajakan berbagai langkah kolaboratif untuk menjadi mitra strategis dari Project 1MPACT.

"Kedepannya, kami akan terus menjajaki kolaborasi dengan lebih banyak mitra strategis demi terwujudnya visi Project 1MPACT.  Dengan luasnya jaringan komunitas Supermom, terdapat peluang besar bagi mitra strategis kami untuk mengaktifkan ibu-ibu ini sebagai brand advocate di komunitas mereka," tutur Hellen Katherina

"Hal ini tentunya dapat berkontribusi pada peningkatan revenue masing-masing brand. Selain itu, partisipasi dalam Project 1MPACT ini juga akan menjadi bentuk nyata dari brand untuk tujuan mulia dalam memajukan ekonomi masyarakat, yang dapat dijadikan bagian dari Program CSR mereka," tutup Hellen.

 

Infografis Mengenal 8 Fungsi Keluarga. (Liputan6.com/Niman)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya