IPCE 2024: Inovasi Teknologi Binaan Amanah Diapresiasi Kalangan Akademisi

Inovasi yang dipamerkan di Booth AMANAH diapresiasi kalangan akademisi dari berbagai perguruan tinggi yang hadir.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 26 Sep 2024, 08:12 WIB
Produk inovasi teknologi binaan Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) mengikuti pameran Innovative Product Creative Expo (IPCE) 2024 (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Produk inovasi teknologi binaan Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) mengikuti pameran Innovative Product Creative Expo (IPCE) 2024. Kegiatan itu digelar di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry Banda Aceh, 24-25 September 2024.

Mengutip siaran pers, Inovasi yang dipamerkan di Booth AMANAH diapresiasi kalangan akademisi dari berbagai perguruan tinggi yang hadir. Termasuk, dari Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Ar Raniry, Dr. Ir. M Dirhamsyah, MT, IPU.

“Produk sains dan teknologi ini akan bicara yang namanya tingkat kesiapan teknologi (TKT). Biasanya TKT ini kalau masih pemula skornya 1-4. Tapi, kalau saya lihat sebenarnya AMANAH ini, banyak sekali yang sudah melewati TKT tadi,” kata Dirhamsyah.

Dirhamsyah menyebut, Program AMANAH berhasil menggali potensi generasi muda di Aceh. Di antara produk inovasi dipamerkan pada acara kali ini seperti beberapa jenis robot dan aplikasi seluler pemenang kompetisi yang digelar AMANAH.

Dirhamsyah meyakini, produk inovasi bisa bermanfaat bagi masyarakat luas maupun perekonomian di Aceh ke depan. Oleh karena itu, ia berharap mahasiswanya bisa ikut berkolaborasi dengan AMANAH untuk dapat berkontribusi terhadap daerah dan negaranya.

“Harapannya, dengan AMANAH ini kalau bisa kami jangan ditinggalkan. Kami ikut serta dalam pengembangan berikutnya. Karena, di sini juga banyak anak-anak muda carong (pandai) juga. Semakin banyak kolaborasi, semakin baik,” tutur Dirhamsyah.

Dirhamsyah optimis, dengan difasilitasinya generasi muda Aceh dengan laboratorium dan peralatan yang lengkap di Gedung AMANAH, Ladong. Maka mampu menjawab tantangan generasi muda masa depan.

“Tantangan kami, kurang peralatan laboratorium dan juga informasi kadang-kadang terlambat. Kami juga perlu pakar-pakar di AMANAH yang bisa direkrut untuk mengajar (mahasiswa) kami,” Dirhamsyah menandasi.

Dalam acara tersebut Booth AMANAH banyak menyedot perhatian pengunjung IPCE 2024, dari mulai mahasiswa hingga para dosen. Mereka mengaku terkesan dengan produk-produk teknologi yang dipamerkan disertai peragaan mengoperasikannya secara langsung.

Diketahui, AMANAH telah menggelar berbagai kegiatan workshop dan perlombaan di bidang teknologi. Para peserta berkesempatan dibimbing oleh para ahli, dari mulai aspek produksi hingga pemasaran dalam bentuk perusahaan rintisan (startup).


Program Unggulan Jokowi

Sebagai informasi, program AMANAH yang dijalankan oleh Badan Intelijen Negara (BIN) di Aceh dan ditujukan sebagai wadah kreativitas para pemuda. Program unggulan Presiden Joko Widodo itu pun diharapkan dapat meningkatkan kemampuan generasi muda di bidang penyiaran.

Selain ruang podcast, Gedung AMANAH juga memiliki berbagai fasilitas untuk menunjang kegiatan pengembangan sumber daya manusia. Di antaranya seperti studio musik, studio fotografi, perpustakaan digital dan berbagai ruang lainnya.

Infografis Heboh Pelepasan Nyamuk Wolbachia Tekan Kasus DBD. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya