Mengintip Daya Tarik Taman Nasional Gunung Palung, Destinasi Wisata Alam Menawan di Kalimantan

Taman Nasional Gunung Palung merupakan destinasi wisata alam yang bisa dikunjungi para pencinta alam. Tempat ini menawarkan keindahan alam yang mempesona di Kalimantan.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 27 Sep 2024, 06:00 WIB
Taman Nasional Gunung Palung (Dok.Instagram/@tanagupa/https://www.instagram.com/p/B61_qbUgUfG/Komarudin)

Liputan6.com, Bandung - Kalimantan merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang menyimpan segudang keindahan alam yang masih asri dan mempesona. Kota ini memiliki hutan hujan tropis yang luas, sungai-sungai yang mengalir deras, hingga beragam satwa liar yang dilindungi.

Hampir sebagian besar keindahan alam di Kalimantan masih terjaga dengan baik dan tidak terjamah oleh manusia. Namun terdapat destinasi wisata alam yang bisa dikunjungi masyarakat yaitu Taman Nasional Gunung Palung.

Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) merupakan salah satu taman nasional terluas di Indonesia dengan luas yang mencapai sekitar 90.000 hektar. Tempat ini menawarkan keindahan alam yang sangat beragam dan menjadi spot menarik para pencinta alam dan lingkungan.

Salah satu daya tarik utama TNGP adalah keberadaan populasi orangutan yang cukup besar karena taman nasional ini menjadi habitat bagi sekitar 10% populasi orangutan di dunia. Pengunjung yang berani dan gemar beraktivitas di alam dapat mengikuti kegiatan trekking untuk melihat langsung kehidupan orangutan di habitat aslinya.

Selain orangutan, TNGP juga menjadi rumah bagi berbagai jenis flora dan fauna lainnya seperti di antaranya bekantan, beruang madu, berbagai jenis burung, serta tumbuhan endemik. Keanekaragaman hayati yang tinggi ini menjadikan TNGP sebagai salah satu kawasan konservasi yang sangat penting.

Tentunya aktivitas wisata yang menarik bagi para pengunjung selain trekking juga dapat melakukan kegiatan seperti birdwatching, river tubing, dan berkemah. Bagi para peneliti, TNGP juga menjadi tempat yang sangat menarik untuk melakukan penelitian mengenai keanekaragaman hayati.


Spot Wisata Menarik di Taman Nasional Gunung Palung

Pemandangan lebatnya pohon di Taman Nasional Gunung Palung, Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat. (dok. tngunungpalung.com)

1. Bukit Peramas

Bukit Peramas merupakan destinasi wisata alam yang menarik dikunjungi di kawasan Taman Nasional Gunung Palung. Pasalnya tempat ini menjadi destinasi yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan.

Para pengunjungnya tidak hanya menikmati panorama indah tetapi juga melihat flora dan fauna langka seperti salah satunya monyet ekor panjang. Bukit Pramas juga berbatasan langsung dengan Pantai Pulau Datok.

Tempat ini jadi spot yang populer diincar oleh pencinta alam dan yang gemar beraktivitas mendaki. Pastikan fisik dalam kondisi prima dan menggunakan tour guide dalam perjalanan menyusuri area bukitnya.


Spot Berikutnya

Ilustrasi air terjun (sumber: Pixabay)

2. Lubuk Baji

Lubuk Baji dikenal sebagai destinasi wisata alam yang menyajikan keindahan air terjun yang memukau. Diketahui air terjunnya berasal dari aliran air dari puncak bukit dan lokasi air terjun ini berada di area perbukitan.

Terdapat dua jalur yang bisa ditempuh untuk mengunjungi air terjun ini yaitu melalui Desa Sedahan dan Desa Pangkalan Buton. Keduanya sama-sama menawarkan perjalanan dengan panorama alam yang indah namun yang berbeda adalah durasi perjalanannya.

3. Riam Berasap

Riam Berasap merupakan destinasi menarik yang dikunjungi pada kawasan Taman Nasional Gunung Palung. Sebab tempat ini menawarkan pemandangan air terjun cantik dan perjalanan alam yang menarik.

Sebagai informasi, untuk menikmati sejumlah wisata alam di Taman Nasional Gunung Palung pastikan bahwa fisik kamu memang kuat. Pasalnya sejumlah kegiatan banyak menguras energi karena harus berjalan kaki atau trekking hingga hiking.


Tips Menikmati Wisata Alam Ke Taman Nasional Gunung Palung

Sinar menjadi bayi orangutan kedua yang lahir di Taman Nasional Gunung Palung. (dok. Biro Humas KLHK/Dinny Mutiah)

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menikmati wisata alam ke tempat seperti Taman Nasional Gunung Palung:

1. Pastikan fisik kuat

Tips pertama adalah memastikan bahwa fisikmu kuat untuk melakukan perjalanan alam dengan trekking di hutan hujan tropis. Sebab kegiatan ini membutuhkan fisik yang prima dan memerlukan ketahanan fisik yang kuat.

2. Sewa pemandu lokal

Ketika mengunjungi sebuah Taman Nasional penting untuk kamu menyewa jasa pemandu lokal. Sebab dengan adanya pemandu perjalanan bisa melalui jalur yang aman serta mendapatkan informasi terkait flora dan fauna yang ada di kawasan tersebut.

3. Membawa perlengkapan yang cukup

Jika kamu merasa kuat secara fisik tips ketiga adalah membawa perlengkapan yang cukup. Pastikan pakaian hingga sepatu yang digunakan nyaman untuk melindungi diri selama perjalanan di alam.

Bawa juga perlengkapan seperti perlengkapan kebersihan, obat-obatan, senter, atau bahkan kamera untuk mengabadikan momen ketika berada di alam terbuka.

4. Menjaga kebersihan dan hormati satwa

Menjaga kebersihan adalah kewajiban setiap umat manusia terutama yang sedang berkunjung ke alam terbuka. Pastikan selalu membawa sampah yang dibawa dan jangan merusak tanaman dan habitat satwa.

Pastikan untuk menghormati satwa liar yang tinggal di habitatnya dengan tidak memberi makan atau mengganggunya. Kemudian juga beri jaga jarak aman dengan satwa tersebut untuk tetap menjaga keselamatan jiwa.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya