Kota Tarakan Terima Penghargaan Desa Cantik Terbaik dari BPS di Hari Statistik Nasional 2024

Bustan berharap, pemerintah Kota Tarakan ke depan dapat mempertahankan penghargaan Desa Cantik Terbaik yang diberikan oleh BPS.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 26 Sep 2024, 13:20 WIB
Plt. Wali Kota Tarakan, Bustan menerima penghargaan untuk Kota Tarakan dari Badan Pusat Statistik (BPS) di acara puncak perayaan Hari Statistik Nasional 2024 di Ballroom Grand Mercure Kemayoran, Jakarta Pusat. (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)

Liputan6.com, Jakarta - Kota Tarakan menerima penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) di acara puncak perayaan Hari Statistik Nasional 2024 di Ballroom Grand Mercure Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kegiatan penganugerahan itu turut dirangkai dengan kegiatan Rapat Koordinasi Survei Ekonomi Pertanian (SEP) 2024.

Pantauan Liputan6.com, Kamis (26/9/2024), Kota Tarakan menjadi salah satu dari lima daerah yang menerima penghargaan Penyelenggara Desa Cantik Terbaik 2021-2023 dari BPS.

Plt. Wali Kota Tarakan, Bustan mewakili langsung daerahnya untuk menerima penghargaan, yang diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Plt. Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti.

"Penghargaan ini untuk desa di Tarakan itu kan ada 20 kelurahan 4 kecamatan. Ini adalah penghargaan setelah kita memberikan rekomendasi SK untuk Desa Cantik. Ya tentu ini patut kita syukuri, hal yang sama-sama kita seluruh Tarakan, karena dari sekian banyak kabupaten kota di Indonesia, Tarakan terpilih menjadi kota cantik dan terbaik,” tutur Bustan saat berbincang dengan Liputan6.com di lokasi acara.

Bustan berharap, pemerintah Kota Tarakan ke depan dapat mempertahankan penghargaan Desa Cantik Terbaik yang diberikan oleh BPS. Tentunya, koordinasi dengan BPS Kota Tarakan harus terus dilakukan agar dapat menciptakan program dan pembangunan sesuai data yang ada.

"Ini harus dipertahankan dan minimal 2025 kita mendapatkan penghargaan yang sama. Harus terus melakukan evaluasi bagaimana melihat mungkin masih ada kelemahan-kelemahan kita terkait tampilannya, programnya, kolaborasinya, kita terus membangun sinergi yang baik dengan kawan-kawan BPS," jelas dia.

 


Gelar Rapat Rutin dengan BPS Tarakan

Pj Wali KotaTarakan Bustan memberikan arahan saat menghadiri peningkatan kemampuan keluarga penerima manfaat PKH/Istimewa.

Selama memimpin, lanjut Bustan, Pemkot selalu menggelar rapat satu pekan sekali dengan BPS Tarakan. Hal itu demi mewujudkan arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi demi menyongsong Indonesia Emas 2045.

"Kepala BPS Tarakan ini di samping saya selalu komunikasi, apa nih masukannya buat saya, apa terkait hal-hal menyusun program berdasarkan by data perencanaan kita, apa yang kita harapkan, target apa yang kita ingin sasar itu bisa minimal seperti kata Pak Mendagri, dengan data ini kita bisa menyasar apa yang mungkin kita bisa buat, pembangunan untuk tarakan,” Bustan menandaskan.

Adapun selain Kota Tarakan, wilayah lain yang menerima penghargaan Penyelenggara Desa Cantik Terbaik 2021-2023 dari BPS adalah Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan; Kota Batu, Provinsi Jawa Timur; Kota Blitar, Provinsi Jawa Timur; dan Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali.

Infografis Progres Pembangunan Bandara di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya