Deretan Fitur Tersembunyi iOS 18 yang Perlu Kamu Tahu

Simak beberapa fitur tersembunyi tapi berguna di iOS 18 di sini, yuk.

oleh Dinda Ariyani diperbarui 27 Sep 2024, 10:00 WIB
Aplikasi Photos dirombak besar-besaran oleh Apple di iOS 18. (Doc: Apple)

Liputan6.com, Jakarta - Apple memperkenalkan banyak fitur menarik di iOS 18, tapi ada beberapa yang mungkin terlewatkan oleh banyak pengguna. Meskipun perubahan besar dari update iOS 18 mencuri perhatian, fitur-fitur kecil ini diam-diam dapat meningkatkan kenyamanan dalam penggunaan sehari-hari.

Yuk, simak beberapa fitur tersembunyi tapi berguna di iOS 18, sebagaimana dikutip dari Gizchina, Jumat (27/9/2024). 

1. Musik Tetap Main saat Ambil Foto 

Tahukah kamu, lewat update iOS 18, pengguna iPhone yang sedang menyalakan musik tetap akan bisa mendengarkan musik meski sedang ambil foto atau membuka kamera? Sebelumnya, ketika pengguna iPhone buka kamera, musik yang sedang diputar memang otomatis mati. 

Fitur iOS 18 yang tampaknya sederhana tapi keren ini memungkinkan kamu tetap memutar musik sambil mengambil foto atau merekam video. Pada iOS 18, aplikasi kamera tidak lagi menghentikan musik di background saat kamu sedang memotret.

Musik juga tetap diputar lewat Bluetooth, jadi kamu bisa tetap menikmati lagu favorit sambil foto-foto. Fitur ini pas banget buat yang suka menjaga mood dengan musik saat hunting foto.

2. Keamanan Cerdas di Aplikasi Wallet

Update baru pada iOS 18 ada di aplikasi wallet, yang menambah lapisan keamanan ekstra. Saat menambahkan ID atau kartu tanda pengenal, sekarang sistem bisa meminta foto langsung, bukan sekedar gerakan kepala.

Foto ini kemudian diperiksa oleh ponsel dan server Apple untuk memastikan bahwa yang mengirimkan gambar adalah orang asli. Dengan tambahan verifikasi ini, risiko pencurian identitas bisa diminimalisasi, dan hacker makin sulit untuk menyusup ke sistem.

 

 


Fitur Lain yang Bikin Pengalaman Pengguna Makin Seru

Fitur baru di iOS 18. (Doc: Apple)

3. Kualitas Video FaceTime Lebih Baik

Apple juga memperbaiki kualitas FaceTime di iOS 18. Dalam Mode Hemat Data, aplikasi ini menggunakan lebih banyak data saat jaringan stabil, sehingga video tetap jernih tanpa cepat menghabiskan kuota.

Fitur ini cocok buat pengguna yang ingin menghemat data tapi tetap menginginkan kualitas video yang mulus saat memungkinkan.

Fitur Kecil tapi Berdampak Besar

Fitur-fitur tersembunyi di iOS 18 ini membuktikan bahwa Apple selalu berusaha menyempurnakan hal-hal kecil yang sering digunakan oleh pengguna.

Dari musik yang terus main saat foto, keamanan canggih di Wallet, sampai video call yang lebih lancar, iOS 18 menyajikan peningkatan yang kelihatannya kecil, tapi bikin pengalaman sehari-hari lebih nyaman.

Walau bukan fitur besar, update ini jelas punya dampak praktis yang signifikan.

 

 


iOS 18 Disebut Bikin Masa Pakai Baterai iPhone Lebih Panjang

Apple Unjuk Kemampuan iOS 18, Simak Fitur Baru yang Bikin Pengguna iPhone Tercengang. (Doc: Apple)

Sebelumnya, sebuah tes yang dilakukan baru-baru ini mengungkap kalau update iOS 18 bisa meningkatkan masa pakai baterai iPhone jadi lebih panjang. Namun, tes ini baru dijalankan di model iPhone 15 Pro.

Tes tersebut dilakukan oleh seorang blogger Tiongkok Geekerwan. Mengutip Gizchina, Selasa (24/9/2024), hal ini memperlihatkan update software bisa meningkatkan kualitas baterai perangkat iPhone.

Adapun iPhone 15 Pro Max, dalam pengujian, memperlihatkan hasil yang mengesankan, bahkan masa pakai baterai satu jam lebih panjang dibandingkan ketika menjalankan iOS 17.

Hasil TesPengujian melibatkan berbagai sejumlah aktivitas untuk mempastikan bagaimana performa baterai setelah di-update. Aktivitas yang dilakukan meliputi perpesanan, browsing, video call, hingga gaming.

iPhone 15 Pro memperlihatkan masa pakai baterai meningkat dari 6 jam dan 22 menit ke 6 jam dan 55 menit di iOS 18.

Kejutan besar baterai iPhone 15 Pro Max mengalami lonjakan masa pakai baterai dari 7 jam dan 55 menit ke 9 jam dan 2 menit.

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya