28 September 2008: Roket Falcon 1 SpaceX Berhasil Masuk Orbit Setelah Gagal Tiga Kali

SpaceX saat ini terus melakukan pengembangan dan telah meluncurkan roket Falcon 9, bagian dari roket keluarga Falcon.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 28 Sep 2024, 06:00 WIB
Roket milik SpaceX, Falcon 9 meluncur dari Pad 39-A di Pusat Antariksa Kennedy di Cape Canaveral, Florida, Sabtu (30/5/2020). Roket itu membawa pesawat luar angkasa Crew Dragon beserta awaknya dua astronot Douglas Hurley dan Robert Behnken. (AP/David J. Phillip)

Liputan6.com, Hawaii - Setelah tiga kali gagal, roket Falcon 1 yang dikembangkan oleh perusahaan penerbangan luar angkasa swasta SpaceX akhirnya berhasil meluncur ke luar angkasa. Ini menjadi roket pembawa bahan bakar cair pertama yang berhasil mencapai orbit.

Roket Falcon 1 yang memiliki dua tahap ini diluncurkan sekitar pukul 7.15 malam dari Situs Uji Pertahanan Balistik Ronald Reagan milik Angkatan Darat AS di Atol Kwajalein, yang terletak sekitar 4.023 km di barat daya Hawaii.

Keberhasilan peluncuran ini terjadi kurang dari sebulan setelah kegagalan uji coba ketiga Falcon 1 akibat kesalahan waktu mesin saat pemisahan tahap.

"Seperti pepatah, keberuntungan datang di percobaan keempat," kata CEO SpaceX Elon Musk kepada sekitar 500 karyawan yang hadir di markas besar perusahaan di Hawthorne, California, seperti dikutip dari Space.com.

"Ini adalah salah satu hari terbaik dalam hidup saya."

Musk, yang juga merupakan salah satu pendiri layanan pembayaran elektronik PayPal, mendirikan SpaceX pada tahun 2002 dengan tujuan menawarkan peluncuran luar angkasa komersial dengan biaya rendah, dimulai dengan Falcon 1.

"Ini benar-benar hanya langkah pertama bagi SpaceX," tambah Musk setelah peluncuran.

"Kami telah menunjukkan bahwa kami bisa mencapai orbit dan tidak ada kesalahan desain."


Tiga Kali Gagal

Roket Falcon 9 lepas landas dari Space Launch Complex 40 di Florida's Cape Canaveral Air Force Station, Amerika Serikat, Kamis (23/5/2019). SpaceX sebelumnya juga pernah meluncurkan satelit Starlink ke orbit tetapi gagal. (AP Foto John Raoux)

Tiga upaya pertama SpaceX untuk meluncurkan roket Falcon 1 berakhir dengan kegagalan. Percobaan pertama pada Maret 2006 berakhir dengan kebocoran bahan bakar dan kebakaran segera setelah peluncuran.

Upaya kedua hampir mencapai orbit, tetapi mesin tahap kedua roket mati lebih awal pada ketinggian 289 km di atas Bumi. Pada 2 Agustus, masalah waktu mesin menyebabkan tahap pertama roket terpisah dan bertabrakan dengan tahap kedua, mengakhiri upaya peluncuran tersebut.

Namun, pada percobaan keempat Falcon 1, semua tampak berjalan sesuai rencana. Sorak sorai terdengar dari karyawan SpaceX setiap kali mencapai tonggak penerbangan yang dapat didengar selama siaran peluncuran. Setelah menyalakan kembali mesin tahap kedua, roket Falcon 1 berhasil mencapai orbit yang direncanakan antara 500 hingga 700 km.

"Tim sangat senang dan gembira," kata Musk kepada wartawan setelah peluncuran.

 

 


Seri Roket Falcon Pertama

Roket Falcon 9 lepas landas dari Space Launch Complex 40 di Florida's Cape Canaveral Air Force Station, Amerika Serikat, Kamis (23/5/2019). CEO SpaceX, Elon Musk, juga menyebut proyek ini merupakan salah satu yang tersulit. (AP Foto John Raoux)

Roket Falcon 1 adalah yang pertama dalam seri roket Falcon yang sedang dikembangkan oleh SpaceX. Mesin-mesinnya menggunakan oksigen cair dan kerosene, dan tahap pertamanya dirancang untuk mendarat di Samudera Pasifik untuk dipulihkan dan digunakan kembali, meskipun perlindungan panas yang lebih baik diperlukan sebelum itu dapat disempurnakan.

Roket ini memiliki tinggi 21 meter dan dirancang untuk mengangkut muatan hingga sekitar 570 kg ke orbit rendah Bumi. Untuk peluncuran malam itu, roket membawa simulator massa sederhana seberat 165 kg yang meniru satelit sebenarnya.

Musk mengatakan timnya memberi nama satelit tiruan tersebut "Ratsat", yang dihiasi dengan logo tikus, dan diperkirakan akan tetap berada di orbit antara lima hingga sepuluh tahun.

"Ini adalah hitungan mundur peluncuran yang paling lancar," kata Musk. "Ini menunjukkan bahwa tim semakin terlatih dalam hal ini."

SpaceX merencanakan peluncuran roket Falcon 1 kelima pada awal tahun 2009 untuk meluncurkan satelit Malaysia dan beberapa muatan tambahan ke orbit.

Biaya setiap penerbangan roket ini sekitar USD 8 juta, kata Musk, menambahkan bahwa tarif untuk penerbangan mendatang bisa turun jika penggunaan kembali tahap pertama dapat disempurnakan. Namun, biaya untuk mengembangkan dan menguji roket tersebut, termasuk ketiga peluncuran yang gagal, mencapai sekitar USD 100 juta.

"Senang sekali bisa menghilangkan beban besar ini," kata Musk, menambahkan bahwa ia juga menjabat sebagai kepala perancang Falcon 1 selain perannya sebagai CEO.


Apresiasi bagi Tim

Roket SpaceX Falcon 9 dengan kapsul Crew Dragon Endeavour yang membawa misi Crew-8 diluncurkan dari landasan peluncuran 39A di Pusat Antariksa Kennedy di Florida pada 3 Maret 2024. (CHANDAN KHANNA/AFP)

Namun saat ini, Musk memberi tahu karyawannya bahwa perayaan perlu dilakukan untuk menandai keberhasilan orbital pertama perusahaan setelah tiga kali percobaan gagal dan enam tahun kerja keras.

"Saya akan mengadakan pesta besar malam ini, saya tidak tahu tentang kalian!" kata Musk kepada tim SpaceX-nya.

"Selamat semuanya, ini adalah hasil kerja keras kalian yang membuat semua ini terjadi."

Asgardia, Negara di Luar Angkasa

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya