Tingkatkan TKDN, Sumber Mandiri Group Bakal Bangun Pabrik Suku Cadang AC

Peluang produk Air Conditioner (AC) dan kulkas di pasar dalam negeri sangat menjanjikan. Setiap tahun demand-nya terus meningkat, salah satunya dipicu oleh kondisi cuaca ekstrim dengan suhu panas yang semakin terasa.

oleh Septian Deny diperbarui 26 Sep 2024, 22:05 WIB
Pekerja memeriksa kualitas komponen otomotif di pabrik PT Dharma Polimetal (Dharma Group), kawasan Delta Silicon, Cikarang. Perusahaan manufaktur komponen otomotif optimistis perpanjangan PPnBM dan tren penjualan kendaraan roda empat (4 wheeler/4W) yang mulai positif. (Liputan6.com/HO/Dharma)

 

Liputan6.com, Jakarta Peluang produk Air Conditioner (AC) dan kulkas di pasar dalam negeri sangat menjanjikan. Setiap tahun permintaan terus meningkat, salah satunya dipicu oleh kondisi cuaca ekstrim dengan suhu panas yang semakin terasa.

Sumber Mandiri Group mengambil peluang dan terus berkembang menjadi salah satu retailer terkemuka dalam penyediaan Heating, Ventilation, Air Conditioning, and Refrigeration (HVACR) parts di Indonesia. 

Dengan pengalaman yang luas, Sumber Mandiri Group telah memasok produknya ke berbagai sektor, termasuk pabrik, apartemen, hotel, restoran, gedung perkantoran, rumah sakit, dan pusat perbelanjaan. 

Direktur Sumber Mandiri Group Denny Chandra mengatakan Sumber Mandiri Group terus terus memperluas jaringan distribusi dan memperkenalkan lebih banyak produk berkualitas tinggi, serta melengkapi line up produk kami guna memenuhi kebutuhan pelanggan dari berbagai segmen pasar.

“Kami juga berencana membangun pabrik perakitan dengan bekerja sama dengan salah satu principal terkemuka di industri ini. Tujuan kami adalah untuk memenuhi persyaratan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) dan membantu meningkatkan kemampuan teknologi HVACR di Indonesia. Dengan langkah ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi pada industri nasional serta membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat lokal.” kata Denny dalam keterangan resminya, Kamis (26/9/2024).

Denny menambahkan dengan adanya rencana tersebut diharapkan dapat meningkatkan daya saing industri pendingin udara (AC). Pasalnya, industri AC maupun industri mesin pendingin di Indonesia saat ini masih bergantung pada komponen impor. 

“Dengan adanya pengembangan ini, kami berharap Sumber Mandiri Group dapat menjadi pemimpin dalam industri HVACR di Indonesia, tidak hanya sebagai distributor tetapi juga sebagai produsen yang memiliki kapabilitas untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik dengan produk berkualitas tinggi dan berstandar internasional,” jelas Denny.

Ia menambahkan pasar sparepart AC dan Refrigeration di Indonesia terus berkembang, terutama dengan pertumbuhan di sektor industri, komersial, dan perumahan. Dengan jaringan distribusi yang luas dan produk berkualitas tinggi, Sumber Mandiri Group siap untuk memanfaatkan peluang pertumbuhan ini dan melayani seluruh kebutuhan HVACR pelanggan di Indonesia.

 

 


Jaringan Distribusi

Ilustrasi AC Credit: Freepik

Denny menambahkan guna mencapai target menjadi pemimpin pasar dalam bidang HVACR, strategi yang digunakan yakni memanfaatkan keunggulan produk, seperti produk resmi, jaringan distribusi terluas, layanan training center, dan dukungan langsung dari prinsipal. Sumber Mandiri Group juga akan terus memperkuat layanan purna jual dan memastikan bahwa setiap pelanggan mendapatkan produk yang bergaransi dan bersertifikat..

Selain menambah cabang, Sumber Mandiri Group juga akan menambahkan jumlah sub-dealer di berbagai wilayah. Langkah ini merupakan bagian dari upaya Sumber Mandiri Group untuk memperluas jaringan distribusi dan memastikan bahwa produk Sumber Mandiri Group dapat menjangkau lebih banyak pasar. Dengan dukungan dan jaringan distribusi yang lebih kuat, sub-dealer Sumber Mandiri Group akan dapat melayani pelanggan dengan lebih baik dan memberikan solusi HVACR yang lengkap.

Saat ini, Sumber Mandiri Group mengelola 18 merek HVACR terkemuka, yang menjadikan perusahan yang telah berdiri sejak 1999 ini sebagai penyedia solusi terlengkap di pasar. Diantaranya ada merek Copalend, Danfoss, Guntner, Tecumseh, Muller, HD, Panasonic, Ebmpapst, Bock, Bitzer, Chemours, Castel, Dixell, Tasco, Handen, Honeywell.

“Produk kami seperti kompresor, freon, pipa tembaga, condensing unit, dan evaporator sangat laris di pasaran karena kualitasnya yang tinggi dan efisiensi yang ditawarkan. Produk-produk ini menjadi pilihan utama pelanggan karena keandalan dan performanya yang terbukti dalam berbagai aplikasi,” jelasnya.

Sumber Mandiri Group juga memiliki 36 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, menjadikan kami sebagai mitra pilihan dalam menyediakan solusi pendinginan yang lengkap dan terpercaya.

Denny menambahkan pihaknya  menyadari bahwa kondisi pasar HVACR di Indonesia memiliki dua segmentasi utama, yaitu segmen pasar premium dan segmen pasar yang lebih ekonomis. Untuk itu, Sumber Mandiri Group telah mempersiapkan produk-produk yang mampu melayani kedua segmen ini. Salah satunya adalah brand, HD-HanDen, yang dapat memenuhi kebutuhan pasar lokal dengan kualitas terbaik, serta berbagai merek internasional untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang mencari solusi premium.

Tak hanya menjadi distributor, Sumber Mandiri Group saat ini juga telah menjadi principal untuk merek, HD-HanDen. Merek HD-HanDen adalah hasil kolaborasi Sumber Mandiri Group dengan pabrik di Cina. Kolaborasi tersebut guna mendukung untuk menyediakan produk berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif kepada konsumen.

 

 


Produk Baru di 2024

Sumber Mandiri Group

Sumber Mandiri Group selalu berupaya untuk memperkenalkan brand baru yang dapat melengkapi portofolio kami dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Dalam waktu dekat, kami berencana untuk menambah brand-brand berkualitas tinggi yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Handi Wirajaya, Direktur Sumber Mandiri Group mengatakan tahun ini Sumber Mandiri Group memperkenalkan kompresor Danfoss Bock, produk berkualitas tinggi buatan Jerman, yang saat ini ditawarkan dengan harga yang sangat bersaing. Kompresor Bock dikenal akan efisiensi dan daya tahannya. 

Selain itu, Sumber Mandiri Group juga menyediakan dukungan teknis lokal yang handal serta ketersediaan suku cadang yang lengkap, memastikan pelanggan mendapatkan solusi pendinginan terbaik dengan layanan purna jual yang mumpuni.

“Produk baru kami akan memiliki fitur-fitur unggulan seperti efisiensi energi, umur pakai yang lebih lama, dan dukungan teknis langsung dari prinsipal. Kami juga akan memastikan bahwa semua produk tersebut memiliki garansi dan sertifikasi yang lengkap,” kata Handi dalam keterangan resminya.

Guna memperkenalkan rangkaian produk Sumber Mandiri Group ikut berpartisipasi dalam pameran RHVAC Indonesia di JIEXPO Kemayoran, Jakarta., Sebagai pameran terbesar yang berfokus pada teknologi refrigerasi, pendingin udara (AC), tata udara, dan efisiensi energi, acara ini berlangsung pada 25-27 September 2024.

“Kami ingin menunjukkan komitmen kami sebagai penyedia solusi HVACR terbaik dan terlengkap di Indonesia. Target kami adalah untuk memperkuat hubungan dengan mitra bisnis yang sudah ada, serta meningkatkan brand awareness produk kami di industri HVACR,” jelas Handi.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya