Anti Mainstream, Cecil Yang Tertantang Pilih Jalur Hip Hop Sebagai Rapper Perempuan

Menurut Cecil Yang, hip hop merupakan cara terbaik dalam mengekspresikan energi melalui lirik-lirik yang padat.

oleh M Altaf Jauhar diperbarui 28 Sep 2024, 15:35 WIB
Penyanyi rap Cecil Yang. (IST)

Liputan6.com, Jakarta Di tengah tren lagu-lagu ballad yang mendominasi industri musik, Cecil Yang mengambil langkah berani memilih jalur hip hop sebagai identitas warna musiknya. Bersama Sony Music Entertainment Indonesia, Cecil Yang merilis single berjudul "321 (I'm Callin) pada 26 September 2024.

Bukan tanpa alasan Cecil memilih hip hop sebagai identitas musiknya. Menurutnya, hip hop merupakan cara terbaik dalam mengekspresikan energi melalui lirik-lirik yang padat.

"Hip hop itu saya kenal sejak 2019, 2020. Saat saya menulis lagu, banyak energi yang tersalurkan. Di hip hop, banyak lirik yang membuat energi saya lebih terfokus dan padat," kata Cecil yang di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

"Saat emosiku bergejolak, saya salurkan ke dalam lirik yang terhubung dengan hip hop," Cecil Yang menambahkan.

 


Tantangan tersendiri menggeluti jalur hip hop di Indoesia

Cecil Yang

Bagi Cecil, ada tantangan tersendiri menggeluti jalur hiphop di Indoesia, yang notabene didominasi pria. Apalagi Cecil merasa hiphop sudah menjadi bagian dari hidupnya sejak masih kecil.

"Jadi rapper perempuan itu nggak gampang tapi nggak susah. Ada feeling, 'masa gua gak bisa sih, masa cowok doang'. Karena passion dari kecil jadi ngejalaninnya ngggak sesusah yang dibayangkan. Didukung kru juga jadi perasaannya lebih relaks aja," jelasnya.

 


Influence Cecil dalam menekuni musik hip hop

Penyanyi rap Cecil Yang. (IST)

Berbicara soal inspirasi, banyak yang meng-influence Cecil menekuni musik hip hop. Mulai dari Queen Herby, Nicki Minaj, Chris Brown, hingga legenda rapper Indonesia Iwa K.

"Ia (Iwa K) yang membukakan jalan sih. Dia hip hop artis dan 'gara-gara' dia, hip hop bisa terkenal di Indonesia," ungkap Cecil.

 

 


Menjadi seniman yang berani

Lewat peluncuran "321 (I'm Callin')", Cecil tidak hanya memperkenalkan diri sebagai penyanyi, tetapi juga seniman yang berani. Ia berharap dapat memperluas audiens musik hip hop di Indonesia dan memberikan warna baru bagi industri musik tanah air.

"Saya ingin musik saya bisa diterima berbagai kalangan. Semoga lagu ini bisa menjadi jembatan bagi banyak orang untuk lebih mengenal hip hop," ucap Cecil.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya